Tempat Wisata

Desa Wisata Pentingsari : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Desa Wisata Pentingsari adalah satu satunya yang ada di Jogjakarta. Persisnya ada di bawah kaki gunung Merapi, karena ada di bawah kaki gunung Merapi situasi yang berada di Desa Wisata ini sangat sejuk di siang hari atau di sore hari.

Pentingsari ini sebuah desa yang sekarang ini sedang di perkembangkan desa wisata semenjak tahun 2008. Tiap tahun di Desa Wisata ini banyak di datangi beberapa pelancong baik pelancong lokal atau pelancong luar negeri.

Desa Wisata Pentingsari ini tawarkan orisinalitas budaya, alam dan sosial sebagai daya magnetnya.

Bila anda menyaksikan dari peta wujud geografi desa wisata ini mempunyai wujud yang unik memiliki bentuk seperti semenanjung, di samping selatan ada lembah ponteng dan Gondoran, di samping barat ada lembah yang terjal yakni kali kuning, di samping timur ada lembah kali pawon dan di samping utara ada permukiman masyarakat sekitaran dan bentangan luas dari panorama gunung Merapi.

Desa Wisata Pentingsari mempunyai panorama yang paling cantik dengan latar belakang gunung Merapi. Desa Wisata ini mempunyai 3 faktor favorit yang membuat tempat ini lebih banyak di sukai beberapa orang.

Faktor pertama yakni panorama alam dengan sawah luas yang asri. Faktor yang ke-2 yakni mekanisme kerja dan pendayagunaan masyarakat sekitaran. Dan faktor yang ke-3 yakni budayanya, warga di Desa Pentingsari ini membuat model rumah ciri khas Joglo, sampai homestay yang di punyainya banyak yang berupa rumah ciri khas Joglo.

Daftar Isi :

Baca Juga :  Goa Braholo : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lokasi

Lokasi Desa Wisata Pentingsari lumayan gampang di capai dan di ketemukan. Desa Wisata ini vital dan nyaman. Persisnya ada di Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Desa Wisata Pentingsari

Jalur ke arah Desa Wisata ini lumayan gampang dan dapat di jangkau. Bila anda dari pusat perkotaan Yogyakarta ke arah timur melalui jl panembahan senopati sampai perempatan ke arah utara melalui jl mayor suryotomo.

Lempeng lagi hingga melalui jl mataram sampai pertigaan belok kanan melalui jl mas suharto jambu, sampai perempatan belok ke arah utara melalui jl tukangan.

Lalu sampai pertigaan belok kiri melalui stasiun kridosono yakni di jl yos sudarso lempeng lagi hingga melalui jl suroto, Selanjutnya melalui jl cik di tiro lempeng lagi hingga bundaran ugm belok ke arah timur melalui jl terban.

Sampai perempatan belok kanan melalui jl persatuan lalu melalui jl kaliurang sampai perempatan belok kanan melalui jl terakhir, lalu melalui jl cangkringan turuti jalan itu karena itu anda akan sampai ke Desa Wisata Pentingsari.

Baca Juga :  Air Terjun Kedung Ingas : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Jarak yang di temuh dari pusat perkotaan Jogja ke Desa Wisata lumayan jauh yakni sekitaran 23,2 km dan waktu pintas kendaraan normal beroda 2 dari pusat Kota Jogja ke Desa Wisata ini sekitaran 55 menit saja.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Desa Wisata Pentingsari ini belum di kenanakan ongkos. Tapi di Desa Wisata ini ada paket dan pertunjukan wisata misalnya:

  • Lawatan objek pertanian atau perkebunan: Rp. 7.500/orang
  • Pertunjukan membajak sawah atau tanam padi: Rp. 7.500/orang
  • Outbond TK-SD: Rp. 25.000 per orang
  • Pertunjukan panen padi: Rp. 7.500/orang
  • Outbond SMP-Mahasiswa: Rp. 30.000/orang
  • Memancing ikan: Rp. 10.000 per orang
  • Outbond orang Dewasa: Rp. 35.000 per orang
  • Penjelajahan: Rp. 6000 per orang
  • Sepak bola lumpur: Rp. 5000 per orang
  • Anda bisa juga belajar gamelan: Rp. 10.000 per orang, dan ada banyak kembali

Dan harga ticket parkir untuk Anda yang bawa kendaraan individu akan di kenai ongkos Rp. 2000 untuk kendaraan sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Baca Juga :  Pantai Gerangan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Sarana Desa Wisata Pentingsari

Sarana yang ada di Desa Wisata ini telah lumayan memadai dan sarana itu bisa membuat nyaman pelancong yang bertandang ke Desa Wisata Pentingsari. Tapi sarana di Desa Wisata ini akan di kenai ongkos. Sarananya yakni:

  • Anda dapat bermalam di homestay dengan 3x makan/1x makanan ringan : Rp. 70.000/orang
  • Untuk sewa outbond atau camping ground : Rp. 15.000/orang
  • Sewa joglo untuk acara tatap muka : Rp. 500.000/pax
  • Sewa pendopo kali kuning : Rp. 300.000/pax
  • Sewa sound sistem : Rp. 250.000/pax
  • Tur guide : Rp. 70.000/orang
Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Dapatkan Promo Paket Wisata Jogja dan juga Sewa Bus Jogja di HeppiTrip.com