Tempat Wisata

Pasar Kaki Langit : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pasar Kaki Langit ini dinamakan Kaki langit karena pasar ini ada di teritori rekreasi Dlingo Imogiri. Pasar ini ada dekat sama rekreasi alam Rimba Pinus asri, Watu Goyang dan Lintang Sewu.

Maka bila anda sedang bertandang ke rekreasi alam itu anda dapat singgah ke Pasar untuk coba makanan tradisionil yang di pasarkanu di Pasar itu.

Pasar ini di bangun atas gagasan dari Angkatan Daya tarik Indonesia yang di persingkat dengan GenPi Yogyakarta.

GenPi ini sebuah komune sukarelawan yang di atur oleh beberapa anak muda untuk maksud mempromokan beragam tujuan rekreasi yang berada di Indonesia.

Karena ke kreasi dari anak muda itu terciptalah beragam kekhasan dari Pasar Kaki Langit yang lain dengan lainnya.

Kekhasan yanga berada di Pasar ini yakni mempunyai beberapa lapak yang tiap lapaknya jual kulineran tradisionil. Lapak yang ada di Pasar sejumlah sekitaran 12 lapak. Kekhasan lainnya yakni coin kayu sebagai uang pembayaran. Gagasan itu di ambil pada zaman Majapahit dulu.

Pada zaman Majapahit belum ada uang, jadi dahulu mereka berbelanja memakai kreweng atau pecahan genteng. Hal tersebut di ganti oleh pengurus Pasar ini untuk meminimalisir rupiah jadi coin.

Warga sekitaran juga di ajari bila ingin berbelanja harus mengganti uang itu menjaadi coin.

Di samping itu kulineran yang di hidangkan di Pasar ini yakni makanan tradisionil yang sekarang ini nyaris tidak ada. Kulineran yang di pasarkan seperti jenang atau bubur, makanan dari ketela, nasi jagung, nasi merah, dan tiwul.

Di Pasar  ini di utamakan untuk jual makanan tradisionil, maka bila ada makanan sachetan atau minuman kalaengan tidak di bolehkan untuk ada di teritori Pasar. Di samping itu ada kantong yang di pakai untuk tempat coin itu. Kantong itu dibikin warna coklat seperti warna kayu . Maka kantong itu ikuti trend zaman dahulu.

Baca Juga :  Candi Pawon : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Awalannya nama kaki langit yakni pasar semi atau Setu Minggu tapi saat ini telah di tukar dengan Pasar. Yang memiliki arti “kaki ialah kita mengambil langkah, langit ialah lambang dari harapan yang tinggi.

Kaki Langit ini di pisah jadi beberapa 8 cara yakni ada langit atap, rasa langit, budaya langit, langit curam, langit ilalang, kreasi langit, langit pintar, dan langit hijau.

Daftar Isi :

Lokasi

Lokasi Pasar Kaki Langit benar-benar gampang untuk di capai dan di ketemukan karena lokasi Pasar ini ada di dekat objek rekreasi Mangunan.

Pasar ini ada di dekat sama objek rekreasi Rimba Pinus Asri dan lain-lain. Persisnya ada di Jl. Mangunan, Cempuk, Mangunan, Dlingo, Bantul, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Pasar Kaki Langit

Jalur yang dapat anda lewati saat anda ingin bertandang ke Dusun Rekreasi Pasar benar-benar gampang di capai. Karena jalan yang anda lalui telah pantas.

Bila anda dari pusat perkotaan Yogyakarta ke timur melalui jl panembahan senopati. Sampai perempatan belok ke arah selatan melalui jl brigjend katamso. Lempeng lagi hingga perempatan belok ke arah timur melalui jl kolonel sugiyono.

Baca Juga :  Candi Sojiwan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lalu sampai pertigaan belok ke arah selatan melalui jl sisingamangaraja lempeng lagi hingga melalui jl imogiri barat. Lalu sampai pertigaan belok ke arah timur melalui jl bakulan imogiri turuti jalan itu sampai melalui jl mangunan. Turuti jalan itu karena itu anda akan sampai ke Pasar Kaki Langit.

Jarak yang di menempuh dari pusat perkotaan Yogyakarta ke Dusun Rekreasi Kaki Langit lumayan jauh yakni sekitaran 20,1 km dan waktu pintas kendaraan individu seperti mobil atau motor yakni sekitaran 41 menit saja.

Harga Tiket Masuk

Harga ticket masuk ke Pasar Kaki Langit sekarang ini belum di kenai ongkos. Hal tersebut bisa Anda gunakan untuk nikmati situasi yang berada di Pasar ini Anda bisa coba makanan tradisionil yang di jual di warung Pasar.

Meskipun belum dikenai ongkos tapi bila Anda bertandang ke Pasar Kaki Langit dan bawa kendaraan individu Anda akan dikenai ongkos yakni Rp. 2000 untuk kendaraan motor dan untuk kendaraan mobil yaitu Rp. 5000.

Baca Juga :  Pantai Cicaladi : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Sarana Pasar Kaki Langit

Sarana yang berada di Dusun Rekreasi Pasar Kaki Langit telah lumayan memadai. Di Pasar ini juga ada sarana umum seperti toilet, beberapa gazebo untuk Anda istirahat sekalian makan makanan tradisionil yang di pasarkan. Ada pula beberapa lapak-lapak yang jual makanan tradisionil ciri khas bantul dan Yogyakarta.

Meskipun belum komplet tapi sarana itu bisa membuat pelancong yang bertandang ke Kaki Langit bisa berasa nyaman dan tidak berasa sedih.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com menyediakan sewa bus jogja murah.