PantaiTempat Wisata

Pantai Londa Lima : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Salah satunya pantai dengan daya tarik keelokan alam Pulau Sumba ialah Pantai Londa Lima yang berada di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

Pantai Londa Lima

Pantai Londa Lima ada di Dusun Kuta, yang lebih kurang memiliki jarak 15 km arah barat laut dari ibu-kota Kabupaten Waingapu, Nusa Tenggara Timur. Nama Londa Lima sendiri dengan bahasa Sumba yang memiliki arti bergandengan tangan atau ramai-ramai.

Tempat ini jadi objek teritori rekreasi di awali semenjak tahun 2001 atas ide kades yang di saat itu barusan di kukuhkan oleh warga sekitaran. Maksudnya untuk memperkenalkan keelokan pantai ini ke segala penjuru nusantara dan luar negeri.

Pantai Londa Lima mempunyai keelokan dan keunikan-nya tertentu hingga pantai ini pas sebagai tempat liburan keluarga atau dengan beberapa orang paling dekat.Pantai ini kerap di katakan sebagai “Pantai Kuta” oleh warga sekitaran karena berada di Dusun Kuta.

Pantai yang mempunyai bentangan pasir warna putih ini benar-benar ramai di datangi di hari liburan oleh warga lokal atau luar kota sebagai tempat favorite untuk berlibur.

Harga Ticket Masuk Pantai Londa Lima

Untuk dapat masuk teritori rekreasi ini Anda di wajibkan untuk beli ticket yang di pisah atas beberapa perincian yaitu Rp 4000 untuk orang dewasa dan Rp 2000 untuk anak-anak.

Sementara Anda akan bayar ongkos tambahan untuk karcis masuk kendaraan baik beroda 2 atau beroda 4 sejumlah Rp 2500 untuk setiap kendaraan.

Biaya masuk ini sudah sesuai Perda Kabupaten Sumba Timur Nomor 11 Tahun 2011 mengenai retribusi jasa usaha.

Pantai Londa Lima sendiri di buka untuk umum sepanjang 24 jam, jadi Anda bisa bertandang ke pantai ini kapan pun.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Londa Lima

Agar bisa ke arah teritori rekreasi Pantai Londa Lima tidak susah karena jaraknya yang tidak begitu jauh dari pusat perkotaan Waingapu.

Baca Juga :  Pantai Walakiri : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Anda bisa lakukan perjalanan ke arah Pantai Londa Lima dengan memakai kendaraan individu atau kendaraan umum dari Kota Waingapu sama waktu menempuh lebih kurang 20 menit.

Jalan ke Pantai Londa Lima ini sejalan dengan Pantai Puru Kambera . Maka bila Anda akan bertandang ke Pantai Puru Kambera umumnya Anda akan melalui Pantai Londa Lima. Jalan ke pantai ini juga beraspal tetapi beberapa masih tetap ada yang hancur.

Di sejauh jalan ke arah Pantai Londa Lima Anda akan di sajikan panorama tanah pertanian warga Sumba yang sebagian besar di tanam sayur-sayuran.

Objek Rekreasi Pantai Londa Lima

Saat di pantai ini lebih banyak yang bisa Anda kerjakan untuk isi berlibur Anda. Beberapa hal bagus yang bisa Anda kerjakan di Pantai Londa Lima ini, silakan baca berikut ini.

1. Nikmati Panorama Alam

Pantai Londa Lima di panggil sebagai “Cermin Dunia” karena tiap mata yang menyaksikan pantai ini akan di manja oleh daya tarik keelokan alamnya.

Keelokan di Pantai Londa Lima lumayan menarik pelancong untuk tiba ke pantai ini, ini karena pantainya yang agak miring dan menukik tajam jadi laut dalam antara Flores dan Sumba.

Baca Juga :  Batu Alien Cangkringan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Dengan pasir putih dan laut yang tenang, beberapa pohon teduh yang berada di sekitaran pantai jadikan Pantai Londa Lima jadi pantai favorite yang ramai di datangi saat berlibur datang.

2. Nikmati Sunset

Dan saat terbaik ialah mendekati terbenam-nya matahari di mana Anda cuman akan memperoleh keelokan sunset yang kemungkinan tidak Anda peroleh di lain tempat.

Tebaran sinar matahari yang berpendar dengan prima ke tiap pojok pantainya di tambah lagi biru-nya air laut membuat pemandangan di pantai Ini kelihatan benar-benar mengagumkan.

Anda dapat melihat pemandangan yang cantik sesudah waktu subuh sekalian mengisap angin segar pagi di Pantai Londa Lima.

3. Pohon Jomblo

Ada satu pohon yang paling unik di Pantai ini, pohon yang tumbuh memiliki jarak sekitaran 5 sampai 7 mtr. dari pesisir pantai. Pohon ini sebagai ikon dari Pantai Londa Lima dan jadi spot photo sasaran untuk beberapa pelancong.

Beberapa dari pengunjung pantai yang menjelaskan jika pohon ini namanya Pohon Jomblo hanya karena ada satu pohon saja tanpa pohon yang lain di sekitaran pohon itu.

Anda bisa juga naiki tangkai ini selanjutnya ambil photo. Daun-nya akan warna hijau saat musim penghujan dan akan berbeda oranye kekuningan saat musim kemarau. Ketika laut alami pasang karena itu pohon ini akan tergenang air laut.

4. Naik kuda

Anda akan memperoleh pengalaman baru saat berkunjung satu tempat, begitupun saat berkunjung Pantai ini. Di mana Pulau Sumba benar-benar sangat populer akan kudanya.

Anda dapat melingkari pesisir pantai dengan naik kuda sekalian nikmati keelokan alam Pantai Londa Lima. Untuk Anda yang belum pernah menunggang kuda tidak boleh cemas karena Anda akan di temani dengan seorang pemandu kuda saat berkuda.

Baca Juga :  Pantai Bias Tugel : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

5. Banana Boat

Ada sarana air Banana Boat di Pantai Loda Lima. Untuk Ada yang menyenangi permainan air yang memicu adrenalin karena itu Anda dapat coba sarana yang ini.

Anda perlu bayar sejumlah Rp 30.000 untuk dapat mainkan sarana ini.

6. Berjemur dan Bermain Pasir

Dengan pasir putihnya, Anda bisa memakainya dengan berjemur atau bermain dengan pasir yanga da di pantai.

Anda dan keluarga Anda bisa membuat istana pasir atau sekadar jalan keliling pantai tanpa alas kaki di Pantai ini.

7. Memancing

Beberapa pelancong bahkan juga manfaatkan peristiwa memancing saat bertandang ke Pantai ini. Anda bahkan juga bisa beli ikan fresh hasil tangkapan nelayan di tempat di sini.

Sarana

Karena sudah di atur oleh pemda di tempat jadikan sarana yang berada di teritori rekreasi Pantai ini telah cukup komplet. Telah ada tempat basuh dan kamar mandi walau keadaannya sedikit tidak terurus.

Beberapa pintu kamar mandi bahkan juga sudah hancur dan tersedianya air yang kurang. Tetapi nantinya mengharap ke pengurus dan pemda di tempat untuk dapat memerhatikan kebersihan dan pembaruan fasilitas dan prasarana di pantai ini.

Di samping itu ada sarana permainan anak-anak seperti jungkat-jungkit, perosotan dan ayunan, ada pula taman dan jembatan bikinannya.

Anda bisa juga merasakan beberapa rumah yang di bikin seperti rumah tradisi Sumba yang dapat Anda pakai untuk santai, atau bahkan juga untuk acara rapat kantor di mana Anda dapat menggunakannya dengan gratis.

Begitu pembahasan berkenaan rekreasi Pantai Londa Lima Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Mudah-mudahan menjadi rekomendasi untuk Anda yang mencari tempat liburan untuk akhir minggu kelak.

Baca juga konten kami di:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles