PantaiTempat Wisata

Pantai Puru Kambera : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Salah satu pantai yang mempunyai view cantik di Pulau Sumba ialah Pantai Puru Kambera. Pantai ini berada di Dusun Mondu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa tenggara Timur. Lokasinya memiliki jarak sekitar 25 km dari kota Wangaipu, Kabupaten Sumba Timur.

Dihias dengan pasir putihnya dan laut-nya yang biru membuat panorama yang sejuk di mata. Apalagi dengan rimbun-nya pohon cemara di sejauh pantai ini menambahkan keteduhan hingga pantai ini disebutkan juga dengan Pantai Cemara.

Keelokan Pantai Puru Kambera masih natural serta bersih dan sepi pengunjung hingga pantai ini benar-benar pas untuk Anda yang inginkan liburan dengan situasi yang tenang. Ini disokong dengan nyaris tidak ada warga disekitaran teritori rekreasi ini

Daftar Isi :

Harga Ticket Masuk ke Pantai Puru Kambera

Anda dapat nikmati semua keelokan yang berada di teritori rekreasi ini tanpa keluarkan dana seperpun atau cuma-cuma.

Jam operasional membuka tutup juga tidak terbatasi di pantai ini, yang maknanya Anda bisa bertandang ke sini kapan pun.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kambera ada di 30 km dari Kabupaten Sumba Timur. Untuk dapat sampai ke Pantai, dari Waingapu Anda tinggal ikuti lajur Negara Trans Sumba.

Sesudah Anda sampai di Patung Sapi Kambawaja, belok arah ke kanan ke arah Pantai Londalima. Setelah sampai di Pantai Londalima, Anda bisa jalan lempeng ikuti lajur pantai utara dan sesudah tempuh perjalanan sepanjang 20 km Anda akan sampai di pantai Puru Kambera.

Keadaan jalannya bisa dilewati oleh kendaraan mobil atau motor. Nanti Anda akan melalui wilayah dengan beberapa diumbuhi pohon sakura di sejauh jalannya.

Di samping itu Anda akan melalui bentangan savana yang luas,dengan beberapa hewan yang mencari makan disitu.

Tidak ada transportasi umum ke arah teritori pantai ini. Untuk Anda yang ingin bertandang di pantai tetapi tidak memakai kendaraan individu, karena itu Anda bisa sewa ojek untuk sampai ke pantai ini.

Baca Juga :  Pantai Sawangan Kebumen Yang Masih alami

Objek Rekreasi Pantai Puru Kambera

1. Nikmati Panorama Alam

Puru Kambera mempunyai pantai yang menghampar lebih kurang sepanjang 5 km dengan bentangan pasir putih yang paling elok. Di tambahkan biru-nya air laut membuat pantai ini kelihatan demikian mengagumkan.

Airnya yang cukup tenang membuat anak-anak dapat bermain pasir atau air di tepian bibir pantai. Anda bisa juga duduk dan berjemur rileks di atas bentangan pasir putihnya nikmati keelokan pemandangan Pantai Puru Kambera.

Dengan dengarkan deburan ombak yang merusak pantai, di sertai sepoi-sepoi-nya angin yang menghembus mesra akan membuat Anda ingin lama-lama ada di pantai ini.

2. Jejeran Pohon Cemara

Icon dari Pantai Puru Kambera ialah kehadiran pohon cemara yang berjejer di sejauh bibir pantainya, dan antiknya beberapa pohon cemara ini tumbuh sendirinya di pantai ini.

Beberapa pohon cemara itu dapat Anda saksikan saat pertama kalinya ada di pantai ini. Kehadiran beberapa pohon cemara ini membuat Pantai ini kelihatan makin asri dan mempersejuk.

Baca Juga :  Pantai Kawona : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Rindang-nya pohon-pohonan cemara ini bisa juga Anda gunakan untuk berlindung sekalian santai dengan keluarga tersayang, daun yang teduh akan membuat perlindungan Anda dari panasnya pancaran cahaya matahari.

3. Snorkeling

Pantai Puru Kambera mempunyai perairan yang paling jernih dan bersih, Anda dapat lakukan aktivitas snorkeling di pantai ini.

Walau Pantai ini bukan spot snorkeling terbaik yang berada di Puau Sumba, tetapi Anda segera dapat menyaksikan coral-coral batu karang yang elok di sini.

Anda pun bisa melihat beberapa macam ikan yang berenang melingkari terumbu karang. Agar bisa lakukan aktivitas ini Anda perlu bawa perlengkapan sendiri dari rumah, karena belum ada persewaan perlengkapan snorkeling di pantai ini.

4. Savana Puru Kambera

Bila Anda ke pantai Puru Kambera tidak ada kelirunya Anda pun berkunjung sebuah padang savana yang berada di teritori ini.

Padang savana ini memiliki jarak 2 sampai 3 km dan sering jadi tujuan khusus pelancong yang ingin menyaksikan perilaku kuda liar Sumba di alam bebas.

Pemandangan alam savana yang warna kuning keemasan dan di balut dengan langit yang biru membuat situasi di savana ini serupa dengan situasi alam di Afrika.

Bukan hanya itu, bentangan biru laut dari terlalu jauh seolah kontras dengan warna kuning savana saat musim kemarau.

Baca Juga :  Pantai Londa Lima : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Segerombolan kuda Sumba akan kerap ada di saat musim kemarau di bandingkan dengan di saat musim penghujan.

Ini karena di saat kemarau, savana di Puru Kambera jadi benar-benar kering yang jadikan kuda-kuda liar Sumba semakin lebih aktif merumput di luar rimba untuk cari makan.

Kuda-kuda liar ini benar-benar sensitif, jadi untuk Anda yang ingin dekati segerombolan kuda ini di anjurkan untuk extra perlahan-lahan. Ini supaya tidak membuat terkejut kuda-kuda ini, yang hendak mengakibatkan mereka lari menjauh.

Padang savana ini ada di tengah perjalanan saat Anda ke arah lokasi Pantai Puru Kambera. Savana ini bisa Anda untuk jadikan tujuan alternative untuk kalian yang ingin mengeksploitasi Sumba Timur.

Sarana

Pantai ini memanglah tidak seramai beberapa pantai yang lain berada di daerah Waingapu seperti Pantai Londo Lima. Pantai ini masih sepi pengunjung bahkan juga pantai ini belum optimal di urus oleh pemda atau pebisnis.

Perihal ini pula yang yang membuat Pantai Puru Kambera kurang mempunyai sarana yang ideal hanya ada sebuah gazebo, restaurant simpel dan beberapa pemondokan.

Ada sebuah pemondokan dan restaurant namanya Pondok Rekreasi Pantai Cemara. Ada baiknya kalau Anda ingin menelusuri Pantai Puru ini karena itu Anda perlu mempersiapkan semua sesuatunya sendiri.

Anda perlu mempersiapkan minuman atau makanan ingat Sumba mempunyai cuaca panas yang cukup ekstrim.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles