Beranda Wisata Pantai Pantai Jogan

Pantai Jogan

0
pantai jogan

Pantai Jogan Gunungkidul Yogyakarta adalah sebuah tempat wisata yang mungkin kurang populer di kalangan wisatawan. Wisata pantai Gunung Kidul memiliki keunikan yang jarang dimiliki oleh pantai-pantai lain di Gunungkidul. Pantai Jogan adalah pantai di daerah Gunungkidul dengan keunikan memiliki air terjun kecil.

Air terjun yang ada di Pantai Jogan adalah air terjun musiman. Itu artinya, ketika musim hujan tiba, debit air terjun akan deras.  Sehingga nampak lebih indah. Namun ketika musim kemarau tiba, debit air terjun berkurang bahkan bisa sampai kering yang menyebabkan air terjun tak lagi memesona.

Sebagai destinasi wisata Jogja yang kurang populer, tak banyak wisatawan yang datang kesini. Biasanya yang datang ke Pantai ini adalah anak-anak muda kuliahan yang datang dari luar Jogja maupun dalam Jogja. Jadi ketika Anda berkunjung ke Pantai Jogan, jangan kaget kalau wisata tersebut terlihat sepi. Tapi malah itu bisa menjadi keistimewaan tersendiri.

Anda jadi bebas menjelajahi Pantai ini karena tak telalu banyakk wisatawan yang datang kesana. Jika Anda ingin ke Pantai ini dengan keluarga, lebih baik gunakan jasa paket wisata Jogja. Sehingga Anda bisa menikmati perjalanan dengan lebih maksimal, tanpa perlu memikirkan rute, hotel, makan, dan lain-lain. Karena sudah disiapkan semua oleh si penyedia Jasa tersebut.

Anda bisa menikmati keindahan air terjun Pantai Jogan dengan dua cara. Cara pertama yaitu menikmati air terjun Pantai ini menggunakan cara Canyoing. Cara ini cukup ekstrim dan menantang. Selain membutuhkan keberanian ekstra, Anda harus memiliki perlatan lengkap untuk melakukannya.

Cara kedua untuk menikmati air terjun Pantai Jogan adalah dengan cara rappeling. Cara ini pun tak kalah menantangnya. Rappeling dilakukan dengan cara menapaki turunan yang licin dan basah. Dibutuhkan ekstra kesabaran dan kehati-hatian jika melakukan cara kedua ini. Untuk melakukan rappeling sebaiknya Anda sudah berlatih terlebih dahulu. Sehingga tidak membahayakan.

Kedua cara di atas cukup ekstrem. Harus dilakukan oleh orang profesional dan memang pecinta alam sejati. Namun bagi Anda yang amatiran. Sebaiknya menikmati air terjun Pantai ini dari bibir pantainya saja. Cara ini cukup aman, mudah, dan menyenangkan. Sesekali Anda  pun bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang mengagumkan.

Sejarah Pantai Jogan

Sejarah Pantai Jogan berasal dari nama Jujugan yang dalam bahasa Jawa memiliki arti tempat tujuan. Nama itu kabarnya diambil karena tempat tersebut dulunya adalah tempat tujuan bagi Sunan Kalijaga untuk menyepi 40 hari 40 malam.  Dari asal usul itulahkemudian tempat tersebut dinamakan Pantai Jogan.

Untuk berkunjung ke Pantai ini, waktu terbaik berkunjung kesana yaitu pada akhir musim hujan. Pada waktu itu, adalah waktu yang tepat. Pada waktu musim penghujan, debit air terjun terlihat cukup banyak. Sehingga view dari air terjun pantai Jogan bisa terlihat lihat mengagumkan.

Anda pun bisa memulai perjalanan ke Pantai ini dengan mengambil waktu pagi hari. Jika kesana pada waktu pagi hari, maka Anda bisa menikmati suasana pantai dengan udara yang bersahat. Matahari belum terlalu panas dan Anda pun bisa lebih menjelajah di Pantai Jogan dengan nyaman. Jika berangkat pagi, perjalanan pulang ke Yogyakarta tidak akan terlalu kesorean.

Pantai ini adalah wisata yogyakarta yang kurang dilirik oleh wisatawan. Bisa jadi karena memang destinasi wisata ini kurang dikeola dengan baik. Padahal, Pantai ini memiliki pemandangan yang indah. Air terjun di pantai ini juga menjadi ciri khas yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Pemandangan di sekitar Pantai pun cukup mempesona. Anda bisa melihat tebing-tebing karst khas Gunung Kidul.

Jika Anda berniat untuk pergi kesana jangan lupa membawa alas kaki yang anti selip. Hal itu karena untuk menghindari agar tidak terpeleset sewaktu melakukan trekking. Buat Anda yang suka basah-basahan di pantai, jangan lupa membawa pakaian ganti. Siapkan juga makanan ringan karena disana sangat jarang penjual makanan.

Perjalanan lama dari Kota Yogyakarta ke Pantai Jogan tidak akan sia sia ketika Anda bisa melihat langsung keindahan pantai Jogan. Dengan pengunjung yang masih sepi, membuat Anda  seperti berada di private place.

Lokasi Pantai

Lokasi Pantai Jogan berada di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan menuju Pantai ini dari pusat Kota Jogja membutuhkan waktu 2 jam hingga 2,5 jam perjalanan. Jangan takut tersesat meskipun baru pertama kali kesana. Banyak plang jalan membuat Anda semakin mudah untuk menuju lokasi Pantai ini. Selain itu, Anda pun bisa mengandalkan google maps untuk membantu menemukan rute yang efektif menuju Pantai Jogan. 

Lokasi Pantai ini dekat dengan berbagai wisata pantai gunung kidul lainnya. Di sebelah barat Pantai Jogan Gunungkidul terdapat Pantai Nglambor dan Pantai Siung Gunung Kidul. Sedangkan di sebelah timurnya terdapat Pantai Timang. Jadi jika Anda belum puas di Pantai Jogjan, maka bisa mampir ke pantai-pantai Gunung kidul terdekat lainnya.

Rute Pantai Jogan

Rute menuju Pantai Jogan Gunung Kidul ini mudah ditemukan karena banyak juga plang atau papan informasi di sepanjang jalan. Akses jalan menuju kesana pun juga sudah mulus. Sehingga untuk kesana bisa menggunakan mobil atau motor. Meskipun jalan menuju ke Pantai ini naik turun dan berkelok-kelok, namun jalannya sudah bagus.

Rute menuju Pantai Jogan dari pusat Kota Yogyakarta yaitu Anda bisa menuju ke Jalan Imogiri Barat. Kemudian ambil jalan menuju ke jalan Siluk Panggang. Jalan Siluk Panggang ini agak lengang dengan pemandangan persawahan. Setelah itu, lewat pertigaan ke arah Wonosari, jalan terus mengikuti Jalan Pantai Selatan Jawa. Lanjutkan dengan ke arah selatan atau arah Pantai Siung. Ikuti jalan tersebut hingga sampai ke Pantai ini.

Perjalanan ke Pantai ini biasanya memakan waktu 2-2,5 jam perjalanan dengan jarak 80 kilometer. Perjalanan selama itu akan terbayarkan dengan pemandangan indah Pantai ini. Selain itu,  sepanjang perjalanan menuju kesana, Anda akan menikmati pemandangan yang indah. Sawah, perkebunan dan pedesaan bisa Anda temui selama perjalanan menuju Pantai ini.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Jogan sangat terjangkau. Biaya masuk atau retribusi menuju kawasan pantai hanya dikenakan biaya sebesar Rp.10.000/orang. Dengan biaya yang terjangkau Itu pun Anda bisa mengunjungi ke beberapa pantai sekaligus. Mulai dari Pantai ini, Pantai Siung hingga Pantai Nglambor.

Biaya parkir di Pantai ini pun juga sangat terjangkau. Untuk sepeda motor akan dikenakan biaya Rp.3000. Sedangkan untuk mobil yaitu sebesar Rp.5000. Kemudian untuk tarif parkir bus sebesar Rp.20.000. Terjangkau sekali kan biaya tiket masuk dan parkir di Pantai ini.

Fasilitas Pantai Jogan

Fasilitas Pantai Jogan bisa dibilang masih cukup terbatas. Karena lokasi wisata ini kurang populer, mungkin itulah sebabnya fasilitas yang ada disana juga kurang lengkap. Beberapa fasilitas ada di Pantai ini yaitu seperti Kamar Mandi, warung makan dan minum, Gazebo, dan tempat parkir yang memadai.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, wisatawan pun tak bisa protes jika diberikan fasilitas yang pas-pasan. Namun tetap saja, Pantai Jogan ini sangat layak untuk dikunjungi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here