Beranda Yogyakarta PANTAI NGRENEHAN : Lokasi, Rute, Fasilitas, Harga Tiket Masuk

PANTAI NGRENEHAN : Lokasi, Rute, Fasilitas, Harga Tiket Masuk

0

Pantai Ngrenehan adalah salah satu dari sekian banyaknya pantai di Gunung Kidul yang menarik untuk dikunjungi. Hal itu karena pantai ini punya fasilitas yang cukup lengkap dan jaraknya yang tak terlalu jauh dari Jogja. Itulah mengapa banyak sekali wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Ngrenehan ini.

Pantai Ngrenehan ini adalah pantai yang memiliki pasir putih. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga cocok untuk bermain air atau basah basahan. Fasilitas yang ada disana juga memadai sehingga membuat wisatawan yang datang kesana semakin betah.

Ditambah lagi, lokasi Pantai Ngrenehan mudah dijangkau dan tak perlu trekking terlebih dahulu. Dengan kelengkapan fasilitas dan akses yang mudah ini, Pantai Ngrenehan cocok sebagai destinasi liburan keluarga.

Pantai Ngrenehan juga memiliki pemandangan yang cukup unik. Di pantai ini, Kamu bisa melihat deretan perahu nelayan yang bersandar di tepian pantai. Pantai Ngrenehan ini memang pantai nelayan sehingga ketika kesana Kamu akan melihat aktivitas para nelayan.

Namun tak seperti pantai nelayan lainnya yang biasanya cenderung kotor dan tidak terawat. Pantai Ngrenehan ini sangat bersih dan terjaga keasriannya. Bahkan pemandangannya pun indah karena di barat dan timur Pantai Ngrenehan dikelilingi tebing-tebing.

Jika Kamu ingin melihat view yang berbeda, naiklah ke atas tebing Pantai Ngrenehan. Dari atas sana Kamu bisa melihat keindahan Pantai Ngrenehan dan deretan pantai di sekelilingnya. Pemandangan dari atas bukit Pantai Ngrenehan sangat mengagumkan.

Untuk bisa sampai ke atas bukit Pantai Ngrenehan, Kamu bisa melewati jalan setapak. Hanya beberapa meter saja, Kamu sudah berada di puncaknya. Dari atas tebing terlihat seluruh pemandangan di sekitar Pantai Ngrenehan.

Sambil menikmati pemandangan indah di bukit Pantai Ngrenehan. Kamu bisa bersantai sejenak di gazebo atau tempat beristirahat. Nikmati suasana Pantai Ngrenehan dari sudut yang berbeda.

Selain bisa menikmati pemandangan pantai Ngrenehan, kamu bisa naik perahu nelayan. Dengan naik perahu nelayan, Kamu bisa mengeliingi Pantai Ngrenehan. Untuk harganya, Kamu bisa bernegosiasi dengan nelayan Pantai Ngrenehan untuk mendapatkan harga terbaik.

Jika Kamu suka makanan laut, Pantai Ngrenehan juga memiliki sajian kuliner laut yang lezat. Aneka seafood mulai dari cumi, ikan, udang dan lainnya bisa Kamu cicipi di warung sekitar. Seafood yang disajikan adalah hasil tangkapan nelayan Pantai Ngrenehan yang masih fresh.

Kamu pun bisa membeli ikan segar di nelayan Pantai Ngrenehan langsung. Bisa juga mampir ke tempat pelelangan ikan disana untuk membeli hasil laut dan dibawa pulang sebagai.

Lokasi Pantai Ngrenehan

Lokasi Pantai Ngrenehan berada di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan dari Kota Jogja menuju kesana membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam lebih.  Sayangnya, lokasi pantai Ngrenehan tidak dapat diakses menggunakan kendaraan umum.

Jika ingin ke Pantai Ngrenehan, Kamu harus menyewa mobil atau menggunakan jasa paket wisata Jogja. Meskipun begitu, jalan menuju Pantai Ngrenehan sudah beraspal bagus. Sehingga perjalananmu menuju Pantai Ngrenehan lebih mudah.

Hanya sesekali saja Kamu akan menjumpai jalanan yang berkelok-kelok dan menanjak menuju Pantai Ngrenehan. Tapi jika kendaraan yang Kamu bawa dalam kondisi bagus pasti tidak ada kendala apapun. Perjalanan menuju Pantai Ngrenehan bisa berjalan lancar.

 

Rute Pantai Ngrenehan

Rute Pantai Ngrenehan sebenarnya cukup mudah dan tidak terlalu jauh jika dibandingkan pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul. Dari Kota Yogyakarta, pertama-tama Kamu ambil rute ke arah ringroad selatan. Setelah itu ambil ke arah Jalan Imogiri Barat untuk menuju Pantai Ngrenehan.

Lanjutkan perjalanan menuju Pantai Ngrenehan hingga belok ke arah timur melewati Jalan bakulan Imogiri. Setelah itu jalan terus melewati jalan Siluk Pangang. Ikuti terus jalannya hingga melewati Jalan Raya Panggang Wonosari untuk bisa ke Pantai Ngrenehan.

Kemudian ikuti papan petunjuk ke arah Jalan Ngobaran Ngrenehan. Perhatikan papan petunjuk dan belokan dengan seksama. Setelah itu di kiri jalan akan menemukan Pantai Ngrenehanan.

Perjalnanan menuju Pantai Ngrenehan butuh waktu lebih dari 1,5 jam perjalanan. Jarak tempuhnya yaitu sekitar 55 kilometer. Perjalnan menuju Pantai Ngrenehan yang cukup lama tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah.

Selain itu, di sekitar Pantai Ngrenehan juga terdapat pantai cantik lainnya yaitu Pantai Nguyahan dan Pantai Ngobaran. Lokasinya juga sangat berdekatan sehingga tak ada salahnya untuk mampir kesana. Pantainya tak kalah cantik dengan Pantai Ngrenehan.

Fasilitas Pantai Ngrenehan

Fasilitas Pantai Ngrenehan juga sangat lengkap. Tempat wisata ini sepertinya dikelola dengan baik dan serius. Sehingga fasilitas yang ada disana membuat jumlah wisatawan meningkat dan kembali lagi ke Pantai Ngrenehan.

Beberapa fasilitas yang ada di Pantai Ngrenehan yaitu parkir luas, mushola, kamar mandi, warung makan. Bahkan disana pun ada tempat pelelangan ikan hingga area camping. Kamu bisa bawa tenda dan bermalam di Pantai Ngrenehan.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan

Untuk harga tiket masuk Pantai Ngrenehan per orangnya dikenakan biaya sebesar Rp.10.000. Tarif parkirnya juga masih terjangkau. Biaya parkir untuk sepeda motor di Pantai Ngrenehan yaitu sebesar Rp. 3.000.

Sedangkan untuk biaya parkir mobil di Pantai Ngrenehan yaitu sebesar Rp. 5000 saja.  Kemudian untuk tarif bus sedang yaitu sebesar RP. 15.000 dan bus besar yaitu tarinya Rp. 20.000. Dengan tiket masuk dan tiket parkir yang semurah itu sungguh Pantai Ngrenehan jadi destinasi wisata favorit.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here