Beranda Wisata Pantai Pantai Baros

Pantai Baros

0
pantai baros

Ada sebuah wisata pantai di Bantul yang memiliki hutan Mangrove. Tempat tersebut bernama Pantai Baros. Tak banyak yang tahu jika di Bantul juga terdapat Pantai yang memiliki hutan Mangrove. Biasanya untuk wisata ke pantai di Jogja yang memiliki hutan mangrove, orang-orang akan ke Pantai Pasir Kadilangu di Kulonprogo.

Memang secara fasilitas Pantai ini belum selengkap dengan pantai Pasir Kadilangu. Namun Pantai Baros yang lokasinya tak jauh dari Pusat Kota Jogja menarik untuk dikunjungi. Selain lokasinya yang lebih dekat dengan Kota Jogja, Pantai ini juga masih sepi. Pada hari libur saja hanya segelintir wisatawan yang datang kesana.

Bagi beberapa orang yang ingin mencari tempat wisata di Jogja yang tidak terlalu ramai pengunjung, Pantai ini adalah pilihannya. Lokasinya yang terpencil dan masih asri, membuat tidak banyak orang mengetahui tempat ini. Di sepanjang rute menuju Pantai Baros pun hanya terdapat beberapa plang informasi saja terkait Pantai Baros ini.

Selain bisa menikmati suasana Pantai Selatan Jogja, pengunjung yang datang kesana juga bisa melihat hutan mangrove. Sesekali juga akan terlihat kawanan burung laut yang sering ada di sekitar hutan mangrove. Jika Anda kesana, cobalah untuk naik perahu atau rakit miliki nelayan setempat. Anda bisa berkeliling ke Muara Sungai Opak atau Pantai Samas yang letaknya tak jauh darisana. Selain itu kamu juga bisa melihat aktivitas warga sekitar yang sibuk bertani maupun menjaring ikan.  

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Baros ini adalah saat sore hari. Pada waktu sore kamu bisa melihat para nelayan beraktivitas di sekitar pantai atau di muara Sungai Opak. Selain itu pemandangan sore dan matahari tenggelam akan semakin membuat suasana lebih indah.

Sejarah Pantai Baros

Sejarah Pantai Baros atau asal usul Mangrove Pantai Baros ini  dulunya penanaman mangrove disana dirintis oleh LSM Relung. Namun saat ini sudah dikelola oleh Kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B) dan beberapa instansi lainnya. Lokasi tersebut memang seringkali dijadikan tempat untuk penanaman bibit mangrove yang dilakukan oleh organisasi maupun mahasiswa pecinta alam. Tempat yang memiliki keunggulan sebagai ekowisata Hutan Mangrove memiliki keistimewaan lainnya yang dapat dieskplorasi pengunjung yang datang kesana.

Hutan mangrove yang ada disana berfungsi sebagai penangkal abrasi pantai. Waktu demi waktu, kemudian pohon mangrove yang ditanam disana semakin banyak. Karena banyak itulah sekarang menjadi tempat wisata yang memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi selain bisa menikmati alam, pengunjung yang datang kesana pun bisa sekalian belajar tentang ekosistem hutan mengrove.

Pantai Baros ini cocok juga digunakan sebagai wisata edukasi lingkungan. Disana pengunjung bisa belajar tentang ekosistem hutan mangrove. Seringkali berbagai komunitas pecinta lingkungan pun ikut menanam pohon bakau atau mangrove di kawasan tersebut.

Jika Anda datang bersama rombongan, mungkin bisa mencoba untuk melakukan aktivitas penanaman pohon bakau atau mangrove. Jika ingin melakukan aktivitas tersebut, Anda harus meminta persetujuan terlebih dahulu dengan pengelola setempat. Namun jika Anda tidak ingin repot mengurusi hal seperti itu, lebih baik menyerahkannya pada jasa paket wisata jogja murah.

Lokasi

Lokasi Pantai Baros terdapat di wilayah Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika dibandingkan dengan kawasan wisata mangrove di Pantai Pasir Kadilangu, tentu lokasi Pantai Baros ini lebih dekat dengan Kota Jogja. Untuk akses jalan kesana pun juga tergolong mudah dilalui untuk kendaraan roda dua. Namun untuk kendaraan roda empat agak sedikit sulit karena harus melewati jalan yang sempit.

Perjalanan menuju ke Pantai ini membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama. Sekitar satu jam perjalanan dari Kota Jogja, Anda sudah bisa sampai di lokasi wisata. Di perjalanan menuju kesana pun Anda akan dimanjakan dengan view sawah-sawah milik warga sekitar yang sangat memanjakan mata.

Rute Lokasi

Rute Pantai Baros ini dapat ditempuh dari Kota Jogja melalui Jalan Parangtritis. Kemudian di Jalan Parangtritis km 27 atau setelah jembatan kretek akan ada perempatan lampu merah yang terdapat pos polisi. Ambil ke arah kanan atau barat yang terdapat petunjuk menuju arah Pantai Baros atau wisata hutan Mangrove Baros. Ambil arah ke kanan dan ikuti petunjuk tersebut. Kamu akan menelusuri jalanan kecil yang sudah beraspal. Jika kesusahan menemukan lokasi tersebut langsung saja cari di google maps.

Untuk menuju ke Pantai ini sangat disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor. Hal itu karena jalanan untuk menuju ke dalam Pantai Baros agak sempit. Jika memang terpaksa menggunakan kendaraan roda empat atau mobil, maka sebaiknya memakai mobil yang tidak terlalu besar. Sangat tidak disarankan juga menggunakan bus pariwisata. Karena jalanan menuju kesana cukup sempit.

Fasilitas Pantai Baros

Fasilitas pantai baros sudah cukup lengkap. Beberapa fasilias yang ada disana seperti adanya tempat parkir yang cukup memadai, toilet umum, warung makan dan minum. Fasilitas yang ada disana cukup memadai dan membuat wisatawan yaman berkunjung kesana.

Meskipun tempat wisata Pantai ini memiliki fasilitas yang sudah cukup memadai, namun masih kurang populer. Tidak terlalu banyak wisatawan yang tau tempat ini. Sehingga suasana sepi pun akan terasa ketika Anda berkunjung kesana.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Baros yaitu sekitar Rp 10.000 saja per oragnya. Biaya tersebut amat sangat terjangkau. Cocok sebagai destinasi pilihan Anda yang ingin liburan hemat di Jogja. Apalagi jika ingin kesana bersama rombongan pun juga tidak akan memakan banyak biaya.

Untuk biaya parkir sepeda motor pengunjung pun hanya sebesar Rp. 3.000 saja. Kemudian untuk parkir mobil yaitu sekitar Rp. 5.000 saja. Tak heran jika biaya untuk kesana sangat terjangkau. Itu karena Pantai Baros adalah destinasi wisata jogja murah yang dikelola pokdarwis setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here