Beranda Wisata Pantai Pantai Slili

Pantai Slili

0
pantai slili

Pantai Slili – Kebanyakan pantai-pantai yang ada di Gunungkidul memiliki garis pantai yang lebar. Namun ada satu pantai yang baru-baru ini sedang hits yaitu Pantai Slili. Pantai Slili ini adalah pantai yang memiliki garis pantai yang pendek. Garis pantainya hanya 100 meter saja. Meskipun begitu, Pantai ini memiliki pemandangan yang eksotis dan memiliki beberapa spot foto buatan yang menjadikannya semakin hits.

Meskipun Pantai Slili memiliki garis pantai yang pendek, namun pasir putihnya memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi ombak yang ada disana pun tidak besar. Sehingga pantai ini cocok digunakan untuk bermain air di tepi pantai. Buat Anda yang ingin membawa anak-anak pun aman. Tak perlu khawatir dengan ombak karena ombaknya cenderung tenang.

Selain itu buat yang membawa anak-anak, terdapat persewaan permainan anak yang ada di sekitar pantai. Kadang juga terdapat persewaan layang-layang. Pasti menyenangkan sekali bisa bemain-main bersama anak-anak di tepi pantai. Jika bosan bermain, Anda pun bisa bersantai di tepi pantai sambil berjemur. Bisa juga bersantai di gazebo gazebo yang terdapat di area pantai.

Pantai Slili ini cukup ramai dikunjungi wisatawan ketika liburan tiba. Mayoritas pengujung yang datang kesana penasaran dengan spot foto yang ada di Pantai ini. Selain itu wisatawan yang berkunjung ke Pantai ini dapat menikmati pemandangan pantai yang masih alami dengan pasir putihnya. Semilir  angin pantai juga sangat menenangkan. Apalagi sambil bersantai di pinggir pantai membuat liburanmu semakin sempurna.

Di area Pantai Slili juga terdapat warung-warung yang menjual makanan laut hingga es kelapa muda. Rasanya akan sangat menyegarkan ketika siang hari menikmati pemandangan pantai sambil meneguk es kelapa muda yang menjadi penyegar. Sajian makanan laut segar juga sayang jika dilewatkan. Anda bisa menikmati makanan laut disana dengan harga kurang dari Rp. 50.000. Berbagai macam makanan laut yang bisa Anda coba yaitu seperti udang, ikan hingga cumi-cumi.

Sejarah

harga tiket masuk pantai slili

Sejarah pantai Slili ini bisa terlihat dari namanya. Slili merupakan Bahasa Jawa yang berarti juga Mili  atau mengalir. Dinamakan seperti itu karena suatu hari terdapat seorang pencari rumput yang hidup di daerah sekitar tak sengaja menemukan sebuah goa. Orang tersebut kemudian melaporkan penemuannya ke kelurahan. Warga pun beramai-ramai menggali goa tersebut. Lalu lama kelamaan terdapat air yang mengalir dari goa. Dari kejadian itulah kemudian nama slili atau mengalir digunakan sebagai nama tempat ini.

Selain terkenal dengan nama Pantai Slili, pantai ini juga punya nama lain yaitu Pantai Watu Lawang. Hal itu karena letaknya menyempil diantara dua bukit. Karena lokasinya yang menyempil diantara dua bukit inilah membuat Pantai ini semakin mempesona.

Lokasi Pantai Slili

Lokasi Pantai Slili berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini terletak diantara dua pantai yaitu Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Meskipun pantai ini tergolong baru namun mudah untuk ditemukan. Meskipun pantai baru, namun untuk akses kesana sudah cukup bagus. Wisatawan yang datang kesana bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Jalanan menuju kesana juga sudah beraspal mulus. Namun tetap saja lampu jalan masih minim di area Gunungkidul. Sehingga ketika Anda pulang pada waktu malam hari, minim sekali pencahayaan. Untuk itu harus ekstra hati-hati.

Rute Pantai Slili

Rute menuju Pantai Slili sangat mudah ditemukan. Untuk menuju kesana dari arah Kota Yogyakarta maka Anda harus menuju ke arah ringroad selatan. Setelah itu ambil jalan Imogiri Barat dan lurus hingga ke selatan. Ikuti jalan menuju ke Jalan Siluk Panggang. Setelah sampai di pertigaan menuju ke arah timur maka ikuti Jalan Raya Panggang-Wonosari.

Ikuti terus Panggang-Wonosari itu hingga menuju jalan Pantai Selatan Jawa. Lanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalan itu hingga Anda menemukan Pantai Slili. Patokannya agar mudah menemukan Pantai ini, Anda harus mencari jalan ke arah Pantai Krakal atau Sadranan.  Hal itu karena Pantai Slili berdekatan dengan Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Jadi akan lebih mudah menemukan lokasi Pantai ini.

Perjalanan dari Kota Jogja menuju ke Pantai ini membutuhkan waktu lebih dari dua jam. Jaranya sekitar 65 kilometer. Meskipun tergolong baru, namun kamu bisa menemukan lokasi Pantai Slili dengan mudah di google maps. Warga sekitar pun sudah tahu lokasi pantai yang pernah hits di media sosial ini. Jadi jangan takut nyasar ketika ingin berkunjung kesana.

Selain itu kawasan Pantai Slili ini juga memiliki akses jalan yang mudah dilalui motor, mobil, hingga bus. Dengan parkir yang luas dan kondisi jalan yang cukup lebar, Pantai ini bisa menjadi wisata pantai gunungkidul bersama rombongan. Meskipun jalan menuju kesana cukup berkelok-kelok dan menanjak, tapi tetap aman dan masih dalam kondisi yang wajar.

Sayangnya, Pantai Slili ini hingga saat ini belum dijangkau dengan akses kendaraan umum. Wisatawan yang ingin berkunjung kesana hanya bisa menggunakan motor atau mobil pribadi. Jika Anda adalah wisatawan dari luar kota, maka sewa mobil jogja adalah pilihan yang tepat. Genjos Holiday menyediakan sewa mobil murah dengan harga yang terjangkau. Cocok jika Anda ingin liburan ke Pantai ini atau berkeliling Jogja.

Namun jika ingin liburanmu ke Pantai ini dan di Kota Jogja bisa lebih terencana. Maka sebaiknya menggunakan jasa tour untuk yang bisa membantu Anda merencanakan perjalanan. Dengan begitu Anda bisa liburan dengan santai tanpa perlu repot. Genjos Holiday juga menyediakan paket wisata jogja yang mengakomodasi liburan Anda ketika di jogja.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Slili pun juga cukup lengkap dan memadai. Berbagai macam fasilitas yang ada di pantai ini yaitu mulai dari kamar mandi, mushola, gazebo, warung makan, penyewaan alat snorkling, penginapan dan area parkir yang luas.Maka dari itu pantai ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan menjadi wisata baru joga yang wajib dikunjungi. Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan oleh pengunjung yang datang kesana adalah snorkling. Kamu bisa menyewa perlengkapan snorkling dan melihat keindahan bawah laut yang masih alami.

Harga Tiket Masuk Pantai Slili

Harga tiket masuk Pantai Slili yaitu sebesar Rp.10.000 per orangnya. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk tiket ke kawasan pantai yang ada di sekitarnya seperti pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Wisata jogja murah ini sangat terjangkau dan ramah dikantong. Maka dari itu tak masalah jika Anda datang kesini bersama rombongan.

Sedangkan untuk tarif parkir disana pun juga cukup terjangkau. Untuk tarif motor yaitu sebesar Rp. 3.000 saja. Sedangkan untuk tarif mobil Rp. 5.000. Kemudian untuk tarif bus yaitu sebesar Rp. 15.000. Tarif ini berlaku di luar hari libur. Kemungkinan besar untuk hari libur akan ada kenaikan tarif parkir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here