Beranda Mobil 5 Langkah Sederhana Membuat Mesin Mobil Awet Sepanjang Masa

5 Langkah Sederhana Membuat Mesin Mobil Awet Sepanjang Masa

0
5 Langkah Sederhana Membuat Mesin Mobil Awet Sepanjang Masa

Pada umumnya, pemilik kendaraan tidak peduli dengan kondisi mesin kendaraan miliknya. Sampai pada suatu saat mungkin akan terdengar bunyi-bunyian aneh dari dalam ruang mesin. Nah, baru di situlah pemilik kendaraan mulai sadar dan mencari tahu apa penyebab serta darimana sumber kerusakan.

Dari hal semacam ini, jelas perlindungan terhadap mesin perlu dilakukan secara rutin dan berkala, hal itu untuk memastikan bahwa kondisinya selalu prima. Ada 5 langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk melakukan perawatan mesin.

DAFTAR ISI

1. Rutinlah mengganti oli mobil sesuai kebutuhan

Fungsi oli salah satunya adalah menjaga bagian-bagian mesin yang vital agar selalu terlumasi dan tidak terkena overheat saat mesin bekerja terlalu keras. Karena itu, maka pergantian oli menjadi sangatlah penting demi kesehatan mobil. Terlambat atau lalai saat mengganti oli, itu bisa menyebabkan mesin akan mengalami rusak permanen.

Selain pada oli, perawatan juga perlu dilakukan pada sistem pendinginnya. Pastikanlah sistem ini bekerja dengan baik. Sistem ini ada pada bagian radiator, thermostat, water pump, dan juga coolant. Perhatikanlah selalu koordinasi bagian-bagian tersebut.

2. Peduli indikator Check Engine

Lampu check engine di dashboard bukanlah suatu pajangan belaka. Dengan selalu mengecek lampu tersebut, maka itu sudah menjadi salah satu langkah melindungi mesin dari kerusakan. Seandainya lampu menyala, maka segeralah bawa mobil ke bengkel untuk mendeteksi kerusakan yang mungkin terjadi.

Sepintas memang terkesan sepele, tapi faktanya banyak juga orang yang tidak memperhatikan tanda dari lampu check engine. Padahal semakin dini mengetahui kerusakan mobil yang terjadi, maka mesin pun akan terlindungi dengan lebih baik.

Baca juga: Nasib Mobil Bekas Banjir Bagaimana? Ini Beberapa Faktanya

3. Selalu cek filter udara

Udara pada proses pembakaran, fungsinya hampir mirip seperti udara dalam kehidupan kita sehari-hari. Bukan hanya kuantitasnya, kualitasnya juga harus ikut diperhatikan. Jangan sampai kotoran dan benda-benda asing mengotori udara yang diperlukan saat pembakaran.

Dengan alasan itu, tentu filter udara harus selalu diperhatikan. Bila sudah tidak layak, maka harus Anda bersihkan atau diganti. Mengenai waktu pergantiannya, memang tidak ada patokan pasti. Hal itu mengacu pada kondisi udara yang dihadapi sehari-hari.

4. Jangan biarkan tangki kosong

Bila mobil Anda sudah dipakai bertahun-tahun, maka salah satu persoalan yang tidak kasatmata ialah endapan di dalam tangki BBM. Endapan kotoran ini berasal dari kandungan sedimen yang dibawa oleh bahan bakar. BBM jenis apapun nantinya akan membawa kotoran, meski jumlah yang dibawanya berbeda-beda.

Dengan melihat kenyataan itu, maka tidak bijaksana bila kita membiarkan kondisi tangki BBM kendaraan dalam kondisi yang nyaris kosong. Sebab, sedimen-sedimen bisa terbawa masuk ke dalam mesin bersamaan sisa bahan bakar. Sistem bahan bakar dan beberapa bagian mesin berpotensi bekerja lebih berat sebab benda asing ini.

5. Selalu memacu kendaraan konstan

Bagi pengemudi yang sehari-hari mengemudi di perkotaan, wajar bila kendaraan akan mengalami kondisi rem-gas, terutama saat di tengah kepadatan lalu lintas. Hal ini tentunya bisa berdampak pada mesin kendaraan. Nah, demi menjaga kondisi mesin, maka usahakanlah berkendara dengan kecepatan yang relatif konstan.

Selain dapat menjaga kondisi mesin, kecepatan yang konstan juga bisa menghemat konsumsi BBM serta membuat perjalanan menjadi lebih nyaman.

Baca juga: Sewa Mobil Jogja di Genjos Holiday

Mengapa kita harus selalu ingat untuk merawat mesin?

Menjaga mesin tetap terawat memang bukan sebuah keharusan, namun bukankah hal itu merupakan sebuah “investasi” kita. Dengan mesin yang terawat, maka harga yang dikeluarkan untuk servis dan perawatan menjadi tidak besar.

Dengan kondisi mesin yang masih relatif baik, tentunya harga jual kembalinya juga akan lebih tinggi. Tentu ini akan menguntungkan untuk pemilik mobil yang ingin menjual kendaraannya dan mengganti dengan yang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here