Beranda Mobil Tips Mengetahui Mobil Yang Terawat dari Kondisi Cat

Tips Mengetahui Mobil Yang Terawat dari Kondisi Cat

0
Tips Mengetahui Mobil Yang Terawat dari Kondisi Cat

Jika memang Anda sudah terbiasa berhubungan dengan mobil bekas, tentu Anda akan tahu, mobil bekas dengan cat orisinil akan mempunyai harga yang relatif lebih tinggi bila dibanding dengan mobil yang sudah dicat ulang.

Apalagi jika catnya terlihat terawat rapi, meski usia kendaraannya sudah cukup tua, akan tetap terlihat menawan dan mempesona.

Sayangnya, orang awam terkadang masih sulit untuk bisa membedakan mana mobil dengan cat yang masih asli dan mana yang sudah dicat ulang. Sulit, namun bukan berarti tidak bisa.

Kali ini kita akan membahas seputar Tips Mengetahui Mobil Yang Terawat dari Kondisi Cat. Simaklah ulasan berikut:

1. Meraba bagian atas bumpernya.

Bagi orang yang sudah terbiasa dengan cara ini, tentu dapat membedakan apakah permukaan bumpernya kasar atau tidak. Lihat pula catnya belepotan atau tidak. Walau mobil terlihat bersih, tapi di pinggirnya pasti kasar, karena bagian tersebut merupakan bagia yang susah untuk diampelas.

2. Melihat gradasi warna pada bodi.

Dengan kasatmata kita bisa melihat gradasi cat dari bodi luar. Dari situ nantinya akan terlihat keaslian cat, karena mobil-mobil sekarang umumnya menggunakan material fiber, seperti pada bagian bumpernya. Pada bagian itu mempunyai serapan cat yang berbeda bila dibandingkan dengan logam. tentunya tindakan ini harus dilakukan di tempat dengan cahaya yang cukup.

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Membuat Mesin Mobil Awet Sepanjang Masa

3. Cat di atas side skirt.

Untuk melakukan tips ketinga ini, kita harus membuka pintu mobil. Sebab posisi ini biasanya tertutup oleh bagian daun pintu dan jarang terkena saat pengecatan ulang. Kita bisa bandingkan cat di daerah ini dengan cat pada bagian-bagian bodi lainnya.

4. Dari sisi kaca pintu

Di bagian dekat karet-karet, tepatnya pada posisi pinggir, ada titik-titik yang bisa kita lihat untuk mengetahui apakah cat itu orisinil atau tidak.

Untuk melakukan hal itu kita harus membuka pintu mobil. Sebab bagian ini biasanya tertutup oleh daun pintu dan jarang terkena saat pengecatan ulang. Nah dari situ kita bisa membandingkan cat di bagian ini dengan cat di bagian-bagian bodi lainnya.

5. Diuji menggunakan alat penguji ketebalan cat

Salah satu fungsi Alat pengecek ketebalan cat (coating thckness gauge) adalah untuk mengukur ketebalan cat pada permukaan suatu material atau benda yang akan dicat. Cukup dengan menempelkannya saja pada permukaan benda yang dicat, kita bisa mengetahui apakah ada lapisan cat yang lebih tebal dari biasanya. Jika ada pelapisan, itu kemungkinan, mobil pernah dicat ulang.

Mobil yang masih memiliki cat yang orisinil sedari baru, tentunya akan lebih dihargai dibanding mobil yang sudah dicat ulang. Cat yang masih asli, juga bisa menandakan kalau pemilik sebelumnya cukup rajin dalam perawatan mobilnya. Hal itu bisa mengisyaratkan kalau bagian-bagian lain juga ikut dirawat.

Bagi Anda yang sedang di Jogja, kami juga menyediakan Sewa Mobil Jogja 

Melakukan pengecekan cat mungkin tidaklah mudah, terutama bagi Anda yang belum pernah atau tidak biasa. Bila memang Anda tidak memiliki keahliaan untuk melakukannya, silakan gunakanlah jasa inspeksi kendaraan yang sudah profesional dan independen untuk membantu Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here