Wisata kulineran

Makanan Khas Batang Wisata Kuliner Maknyus

Makanan khas Batang – Kabupaten Batang sebagai salah satunya wilayah di propinsi jateng yang mempunyai sejuta daya tarik keelokan alam selainnya mempunyai objek rekreasi yang memikat buat di datangi Batang mempunyai beberapa makanan ciri khas yang nikmat untuk di coba.

Jalan jalan Rekreasi Batang kurang cocok bila tidak mencicip makanan ciri khas Batang yang mempunyai cita-rasa yang paling mengagumkan membuat lidah wisatan ingin mencicip terus-terusan makanan ciri khas Batang mempunyai harga yang ramah dikantong pelancong. Berikut rekommendasi Beberapa Kafe Batang

Berikut menu makanan ciri khas Batang :

Lontong Lamprak

Adalah makanan ciri khas Batang propinsi jateng sebagai makanan dari dulu saat berikut isian lontong lamprak potongan tahu rebus kuah kuning daging dan sambal.

Cita-rasa lontong lambrak yakni renyah yang ada dari kuah kuning dari santan dan rasa pedas yang di peroleh dari sambal pedas cita-rasa ini yang menambahkan nafsu makan pengunjung, salah satunya olahan Lontong yang dari Batang jateng ini mempunyai rasa yang populer karena kesedapannya.

Warung lontong lemprak Mbak Moer yang ada di Alun Alun Kabupaten Batang Jawa tengah itu menyuguhkan Lontong yang di kasih lauk opor ayam daerah asli yang di rebus dan di beri bumbu dengan rempah rempah.

Baca Juga :  6 Referensi Ciri Khas Kuliner Aceh Paling Lezat

Seperti Merica, Jahe, Bawang Putih, Bawang Merah, Kunyit, Gula Aren, daun Salam dan sereh yang membuat daging ayam memiliki ukuran besar jadi halus dan beraroma beda di banding opor yang lainnya di hidangkan saat lebaran.

Diberi nama Lontong Lemprak ini menurut empunya warung yaitu karena menikmatinya dengan “Nglemprak” atau duduk di atas alas di warungnya yang ada di kiri alun alun Batang tepatnya di muka Pos Polisi Kota Batang.

Soto Kebo

Untuk pencinta rekreasi goyang lidah, makanan tipe Soto memang memikat buat di cicipi. Selainnya tidak menjemukan, soto berasa enteng di perut karena umumnya jatahnya sedikit dan mangkoknya juga kecil.

Tetapi di Batang Jawa Sedang sebuah makanan tipe Soto yang di jamin akan mengenyangkan perut, namanya Soto Kebo. Kebo dengan bahasa Jawa ialah Kerbau. Nach, dari sini nama itu berasal.

Soto Kebo yang di pasarkan persisnya di Jalan Ahmad Yani no 37 Kauman Kabupaten Batang ini unik dan berasa khusus. Selainnya jatahnya besar, bumbunya yang serupa kuah Tauto Pekalongan berasa lebih menusuk wewangian rempah. Dan rasa daging kerbaunya yang di sayat kotak menyebarkan berbau ciri khas yang lezat dan mengunggah nafsu makan.

Baca Juga :  Makanan Khas Banjarnegara Wisata Kuliner Maknyus

Menurut Pak Aziz si penjual di anya telah beberapa puluh tahun jual Soto Kebo. Penikmatnya tidak cuman dari Batang, Pekalongan, dan Pemalang tetapi dari Brebes bahkan juga Jawa Barat.

“biasanya konsumen setia sukai dengan bumbu dan potongan daging Kerbau empuk dan wangi, tak ada bumbu rahasia dalam Soto saya. Cuman benar ada sedikit tambahan resep yang serupa Tauto. Yang aslinya dari wilayah samping barat” tuturnya tanpa menyebutkan wilayah barat itu wilayah mana.

Soto Kebo Pak Aziz ini kelihatannya sebagai salah satunya asset kulineran unik yang di punyai Kabupaten Batang selainnya Lontong Lemprak Alun Alun dan Nasi Megono. “Saat ke Batang, saya pasti meluangkan waktu untuk menimati Soto di warung pak Aziz.

Rasanya oke tidak ada saingan, setelah makan tentu keringat keluar sampai tubuh berasa fresh” papar AKP Haryo Dekodewo Kapolsek Weleri yang dari Jogja di dampingi AKP Hartono Kasatreskrim Polsek Batang yang terlihat sedang nikmati sajian yang di hidangkan saat ke-2 nya istirahat siang.

Soto Tauto

Adalah makanan ciri khas wilayah Batang propinsi jateng soto tauco mempunyai cita-rasa yang paling mengagumkan mempunyai kuah kental yang dari kombinasi tauco.

Berikut beberapa macam isian soto tauto ciri khas Batang soun daun bawang potongan kol dan disiram dengan kuah tauco untuk menambahkan kepuasan saat mengkomsumsi soto tauto bisa di tambah perasan air jeruk nipis seperlunya biasa nya soto tauto di cicipi dengan usus goreng.

Baca Juga :  Makanan Khas Salatiga dan Harganya

Lodeh Cecek

Lodeh kecek sebagai tipe sayur. Sebagai olahan dari sayur sebagai olahan masakan yang umum untuk mayoritas orang. Berlainan dengan lodheh cecek ini walau di buat dari sayur tetapi lodheh cecek berlainan dengan sayur secara umum.

Lodheh cecek memakai sayur nangka muda. Seperti yang ada di masakan Gudeg dari Jogja yang memakai nangka muda sebagai bahan intinya. yakni sayur lodeh nangka ini sebagai sayur lodeh yang dari nangka muda. Yang selanjutnya di gabung bersama dengan nasi sebagai alternatif dan pendamping nasi megono.

Untuk rasanya tidak boleh di tanyakan kembali pasti akan unik dan membuat suka. Batang sebagai salah satunya wilayah di propinsi jateng yang mempunyai daya tarik keelokan alam. Di samping itu Batang mempunyai makanan ciri khas selainnya ada makanan menu khusus Batang mempunyai camilan ciri khas Batang.

Jalan jalan ke Batang kurang cocok bila tidak mencicip camilan ciri khas Batang yang mempunyai cita-rasa yang paling mengagumkan. Sedapnya membuat lidah pelancong ingin mencicip terus-terusan camilan ciri khas Batang mempunyai harga yang ramah di kantong pelancong.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Rahman

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles