Air Terjun

Berpetualang di Wisata Alam Curug Cilember Bogor

Bermacam faedah berekreasi alam itu dapat anda dapatkan di wana rekreasi Air terjun Cilember atau dengan bahasa Sunda kerap di sebutkan dengan Curug Cilember.

Sama sesuai bernama objek rekreasi ini, lokasi curug Cilember ada di dusun Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Lokasinya lumayan gampang di capai baik dengan memakai kendaraan individu atau angkutan umum. Tetapi untuk capai masing-masing lokasi air terjun atau curug ini memerlukan perjalanan yang cukup melawan. Rekreasi ini memberi pengalaman baru untuk anda untuk berpetualang di tengah-tengah alam.

Daftar Isi :

Beberapa hal yang bisa anda cicipi di curug Cilember ini

Taman Kupu-kupu

Taman kupu-kupu yang namanya Buterfly Park ini ada di lokasi yang bersisihan dengan pintu masuk sama waktu menempuh sekitaran 10 s/d 15 menit.

Ini berupa sebuah kubah atau 1/2 bola dengan ide green house tapi dengan sedikit komponen kaca di bangunan pintu masuknya. Di teritori taman dengan luas sekitaran 500 m2 ini di penuhi oleh bermacam tanaman dan bunga dengan bermacam warna.

Ada beberapa puluh jumlah kupu-kupu yang hidup dan beterbangan yang di jumpai datang dari 12 spesies yang lain warna dan ukuran. Keberagaman tipe kupu-kupu yang cantik dan menarik itu di tangkar dan di kembangbiakan dalam tempat pelestarian ini.

Dalam taman ini, anda akan ketahui bagaimana perjalanan hidup satu ekor kupu-kupu dari telur sampai jadi kupu-kupu sepenuhnya yang di sebut transisi metamorphosis mereka secara alami.

Rimba Pinus

Saat telusuri lewat jalur dan jalan setapak, karena itu kita akan melewati vegetasi rimba tropis berbentuk barisan pohon pinus yang cantik dan bermacam tipe pohon yang lain yang berumur beberapa puluh bahkan juga beberapa ratus tahun. Keberagaman vegetasi alam di sejauh jalan ke arah curug ini memberi selingan tertentu.

Keelokan tempat jalan dan panorama yang natural serta asri di tambahkan lagi dengan udara sejuk dan situasi sunyi. Sejauh perjalanan membuat serasi yang cocok untuk bertamsya dengan berlainan.Bukan hanya jalanan tetapi perjalanan penuh rintangan ciri khas beberapa petualang. Hingga anda tetap harus siaga dan berhati-hati saat melalui jalanan yang sedikit licin.

Daya tarik 7 Curug Cilember

Rekreasi curug Cilember ini sebagai teritori rekreasi yang mempunyai tujuh air terjun atau curug yang berada di titik yang lain tetapi dalam jarak yang tidak begitu jauh, yakni di antara 150 sampai 450 mtr.

Baca Juga :  Air Terjun Luweng Sampang Lokasi dan Harga Tiket

Curug Cilember ini sebetulnya mempunyai sebuah sumber mata air. Yang selanjutnya terpecah dan mengucur ke arah tujuh air terjun atau curug dengan ketinggian yang lain.

Sebagian besar curug mempunyai tempat kolam di bawah salurannya hingga bisa di gunakan pelancong untuk berenang dan bermain air di lokasi itu.

Masing-masing curug di teritori rekreasi ini di namakan sama sesuai nomor urut dari jumlahnya air terjun yang ada. Curug pertama atau 1 ialah curug yang berada di status tertinggi dan paling jauh dengan lokasi pintu masuk teritori rekreasi ini.

Kebalikannya curug tujuh atau 7 berada di dekat pintu masuk dan termudah di capai, hingga banyak pelancong yang cenderung pilih lokasi air terjun ke-7 ini.

Rekreasi curug 7 ini mempunyai kekhasan tertentu. Selainnya banyaknya yang lumayan banyak, keelokan alam masing-masing curug yang ada pada status dan ketinggian berlainan. Makin tinggi lokasinya karena itu jalan setapak yang di lewati cukup susah dan makin kelihatan alami.

Perjalanan yang di lakukan ke arah masing-masing curug jadi penjelajahan unik untuk anda. Keadaan jalan ke arah curug 4 sampai 1 ini semakin lebih melawan kembali karena sempit dan licin.

Baca Juga :  Air Terjun Kembang Soka

Curug 7 ada di lokasi paling dekat dengan pintu masuk. Jaraknya cuman sekitaran 300 mtr. dari loket pintu masuk. Dan dari curug 7 ke curug seterusnya memiliki jarak sekitaran 450 mtr.. Adapun jarak menempuh curug 5 ke curug 4 dan curug 4 ke arah curug 3 hampir serupa yakni sekitaran 100 sampai 150 mtr..

Jarak antara curug paling jauh adalah saat ke arah curug 3 ke curug 2 yakni sekitaran 800 mtr.. Di lokasi rekreasi ini di siapkan sarana jungle treking dan outbond agar bisa nikmati keseluruhnya panorama alam di ke-7 curug Cilember ini.

Sarana yang berada di lokasi rekreasi Curug Cilember

Tidak berbeda jauh dengan objek rekreasi yang lain di Indonesia. Objek rekreasi yang menyajikan keelokan alam dan curug ini sediakan beberapa sarana pendukung akan kenyamanan dan keamanan anda dalam berekreasi. Di tempat lokasi rekreasi ini ada sarana umum seperti;

Camping Ground

Untuk anda yang betul-betul ingin rasakan kesan rekreasi penjelajahan anda bisa ke arah camping ground untuk menginap di lokasi itu. Tempat camping ground di lokasi rekreasi ini telah di kenali dari dahulu.

Baca Juga :  Curug Song : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Jadi tidak jarang-jarang beberapa sekolah dan warga umum melangsungkan aktivitas pramuka dan aktivitas beberapa pencinta alam yang bagus untuk treking, camping atau hiking di lokasi ini.

Camping ground yang ada di teritori curug Cilember ini terdiri dari tiga tempat yang terpisah. Ke-3 nya ialah Camp Lembah pakis, Camp Curug 7 dan Camp Curug 5.

Cholida

1 2Laman berikutnya
Baca juga konten kami di:
Komentar:
Array

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles