Wisata kulineran

9 Makanan Ciri khas Sukoharjo 

Sukoharjo sebagai salah satunya kabupaten wilayah di Propinsi Jawa tengah yang mempunyai daya tarik keelokan yang paling mengagumkan dengan objek rekreasi yang memikat buat di datangi oleh pelancong. Disamping itu, Sukoharjo mempunyai beberapa makanan ciri khas yang mempunyai cita-rasa yang paling mengagumkan.

Berikut Daftar 9 Makanan Ciri khas Sukoharjo

Jalan jalan ke Sukoharjo kurang cocok bila tidak mencicip makanan ciri khas Sukoharjo yang memilki cita-rasa yang paling mengagumkan sedapnya membuat lidah pelancong ingin mencicip terus-terusan, makanan ciri khas Sukoharjo mempunyai harga yang ramah kantong pelancong.
Karena selainnya keelokan beberapa tempat Rekreasi Sukoharjo berikut sejumlah daftar makanan ciri khas di Sukoharjo.

Soto Carikan

Makanan berkuah ciri khas sukoharjo yakni soto carikan, soto ini unik karena memakai nama tempat yakni carikan, carikan tersebut ialah nama lokasi soto carikan itu ada.

Baca Juga :  Makanan Khas Demak Wisata Kuliner Maknyus Recommanded

Soto carikan di sajikan dengan suwiran ayam kampong dan kuah yang fresh. Pas di cicipi kapan pun pada harga yang dapat di jangkau.

Ayam Goreng Kampong Mbah Karto Tembel

Warung Ayam Goreng Mbah Karto Tembel ini termasuk salah satu dari Makanan Ciri Khas Sukoharjo yang masih exist dari tahun 1969 sampai sekarang ini. Keunikan dari warung ini ialah ayam yang sedap dan renyah di hidangkan dengan sambal blondo dan sambal bawang.

Sate Kambing Pak Momo

Sate Kambing Pak Momo sebagai salah satu warung sate terpopuler di Kota Sukoharjo. Walaupun warungnya ada di dalam teritori daerah tapi penunjungnya selalu ramai, warungnya tidak pernakh sepi. Sate kambing pak momo sediakan beragam jenis masakan daging kambing seperti sate, tongseng, dan sebagainya. Supaya tidak kekurangan lebih bagus tiba saat pagi hari.

Jenang Krasikan

Jenang krasikan adalah oleh oleh ciri khas yang telah ada semenjak tahun 1881. Camilan jenang krasikan di buat dari beras ketan di gabung dengan gula merah dan santan.

Baca Juga :  6 Referensi Ciri Khas Kuliner Aceh Paling Lezat

Jenang krasikan mempunyai struktur krenyes-krenyes saat di konsumsi, struktur inilah yang membuat jenang krasikan jadi unik lain dengan jenang yang lain.

Roti Widoro

Roti widoro telah ada semenjak tahun 1922. Makanan ini mempunyai kekhasan yang tertentu yakni memakai telur bebek sebagai alternatif telur ayam dalam pembikinan adonan roti.

Supaya rasa roti nikmat roti widoro ini di bikin dengan menggunkan telur bebe dan gula dengan jumlah yang banyak, hingga rasanya manis dan struktur roti halus.

Alakathak

Tentu masih asing bernama makanan alakathak ini, alakathak ialah makanan yang di buat dari masakan tempe koro dan mie yang di buat dari tepung kanji hingga membuat struktur mienya kenyal.

Mie ini ada dua jenis yakni mie kuning dan mi putih. Alakathak biasa di hidangkan dengan memakai daun jati sebagai alternatif piring. Tempat referensi : pasar Tawangkuno, Tawang, Weru tiap Kliwon dan Pahing

Kripik Balung Kethek

Camilan ciri khas sukoharjo ini di buat dari singkong yang sudah diiris-iris tipis-tipis selanjutnya di beri bumbu lalu di masak sampai kering. Kripik balung kethek mempunyai struktur yang gurih. Makanan tersebut  telah ada tahun 90-an.

Baca Juga :  Makanan Khas Rembang dan Harganya

Kripik Belut

Kripik Belut adalah kripik yang kerap di temui di toko oleh-olehan dan sebagai camilan yang dapat di peroleh sebagai oleh-olehan dari Sukoharjo. Cemilan yang satu ini mempunyai cita-rasa yang renyah dan gurih

Es Gempol Pleret

Gempol pleret adalah minuman ciri khas Sukoharjo yang dengan bahan dasar tepung beras yang di buat bulat-bulat, di hidangkan dengan di siram gula aren/kelapa dan es batu yang hendak menambahkan rasa fresh.

Terkadang penjual esgempol pleret ini memakai sirup sebagai alternatif gula aren. Dengan memakai sirup, penampilan es gempol pleret ini jadi lebih elok dan sudah pasti makin menarik.

Nach sampai di sini pengenalan mengenai makanan, camilan minuman ciri khas dari Sukoharjo, Jateng. Mudah-mudahan karena ada artikel ini bisa berguna dan menambahkan pengetahuan anda mengenai kulineran tradisional di indonesia.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Rahman

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles