Candi Ijo Yogyakarta

candi ijo

Candi Ijo – Yogyakarta adalah salah satu daerah tujuan wisata nomor 2 setelah Bali, hal tersebut tentu saja dikarenakan banyaknya destinasi wisata yang sangat indah dan beragam mulai dari alam, sejarah, budaya hingga wisata religi ada di Yogyakarta. Banyaknya candi yang menjadi destinasi wisata di Jogja ini menjadi salah satu destinasi wisata yang melekat dengan kota jogja.

Salah satu dari beberapa candi dijogja yang letaknya paling tinggi dari semua candi di jogja yaitu candi ijo ini. Di sebuah puncak perbukitan yang berada di sebelah timur kota Jogja dan diperkirakan dengan ketinggian 375 meter di atas permukaan laut terletak sebuah candi yang bernama candi ijo. Yang menjadi salah satu destinasi wisata candi favorit di Jogja yaitu candi ini.

Sejarah Singkat Candi Ijo

Pemberiana nama lokasi Candi ialah berdasarkan letak candi ditemukan. Di dusun Groyokan, kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, sleman Yogyakarta candi ini ditemukan pada perbukitan ijo.

Sebutan ijo ialah  berarti hijau yang pertama kalinya ada dalam prasasti Poh yang berasal dari tahun 906 Masehi.  Banyak yang menceritakan bahwa dalam prasasti tersebutada seseorang yang berasal dari desa ijo yang menghadiri upacara keagamaan.

Kompleks Candi Ijo adalah kompleks percandian yang berteras-teras dan semamkin me ninggi pada sisi timar dengan bagian pusat candi. Pola candi yang berada di candi ini berbeda atau tidak sama dengan pola candi yang berada didataran prambanan.

sejarah candi ijo

Sekilas Tentang Candi Ijo

Layaknya candi Prambanan atau juga candi Sewu kebanyakan candi yang memusat ke tengah.  Hal ini didasri oleh konsep penataan ruang yang bersifat kosmis dengan pusat berupa puncak gunung  maru sebagai tempat tinggal para Dewa.

Pola semacam candi ijo lebih banyak dijumpai pada candi di Jawa Timur membuat candi ini semakin unik karena candi yang berada di jogja ini juga memiliki pola yang semakin meninggi ke belakang. Candi sebagai tempat pemujaan para dewa merupakan hasil karya arsitektur yang khas dari abad 9 hingga abad ke-10 Masehi.

Didalam candi-candi tersebut sering ditempatkan arca-arca dewa yang bernilai seni tinggi. Bahwa pemilihan lokasi untuk mendirikan satu bangunan kuil/dewa dilihat Amat berharga, bahkan lebih utama dibandingkan  bangunan kuil/candi Itu sendiri, itu dikatakan menurut kitab-kitab inda kuno.

Didalam kitab kuno tersebut juga dinyatakan bahwa lahan atau tanah merupakan Vastu atau tempat tinggal yang paling utama bavgi dewa atau  manusia. Lahan seperti ini  biasanya hádala lahan yang subur dan tidak jauh dari mata air.

Berada pada sebelas teras berundak candi ini memiliki 17 kompleks bangunan. Pada bagian pintu masuk terdapat ukiran kala makara, berupa mulut raksasa (kala) yang berbadan naga (makara), seperti yang nampak pada pintu masuk Candi Borobudur. Dalam kompleks candi ini terdapat tiga candi perwara yang menunjukkan penghormatan masyarakat Hindu kepada Trimurti: Brahma, Wisnu, dan Syiwa.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Candi ini masih tetap harus ditingkatkan untuk lebih memenuhi kebutuhan wisatawan yang berkunjung walaupun sudah tergolong lengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah:

– Wahana

  • Spot Foto
  • Gazebo

– Fasilitas Pendukung

  • Papan Informasi Sejarah Candi
  • Toilet
  • Parkir

Harga Tiket Masuk Candi Ijo

Harga tiket masuk Candi Ijo dapat dikatakan masih sangat terjangkau untuk semua kalangann. Cukup membayar lima ribu rupiah anda sudah dapat memasuki kawasan candi ijo ini. Harga tiket masuk Candi ini yang masih tergolong murah ini menjadi salah satu faktor ramainya Candi ini dikunjungi wisatawan. Dan jangan lupa anda juga perlu mengeluarkan biaya parki sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Lokasi Candi Ijo

Jarak candi ijo dengan pusat kota yogyakarta ini bisa tergolong jauh, karena lokasinya yang berada diperbukitan dan berada di sebelah timur kota jogja yang berbatasan langsung dengan kota klaten. Nnamun demikian jika anda sengaja untuk datang ke Candi Ijo dijamin anda tidak akan menyesal menempuh perjalanan panjang untuk melihat keindahan yang ada.

Alamat tepatnya berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaen Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Ijo

Rute menuju Candi Ijo bisa dikatan lumayan menantang terlebih saat sudah mulai memasuki Desa Sambirejo ini bisa dikatakan lebih menantang. Jalan yang akan anda lewati sebagian besar adalah jalan tanjakan yang cukup curam dibeberapa titik, maka dari itu sangat dianjurkan untuk selalu memeriksa kendaraan anda sebelum menuju Candi ini. Utnuk keadaan jalannya saat ini sudah cukup baik walaupun dibeberapa titik masih terdapat jalan bergelombang dan berlubang.

Untuk menuju ke candi ini anda dapat menempuhnya dari kota yogyakarta, untuk rute dari Kota Yogyakarta anda harus menempuh perjalanan menuju Jalan Jogja-Solo hingga pertigaan Candi Prambanan lalu anda belok ke kanan atau menuju arah timur memasuki Jalan Prambanan-Piyungan hingga menjumpai papan nama Candi Ijo anda belok kiri terus ikuti jalan dan mulai di titik ini jalanan sudah mulai menanjak hingga sampai di Candi Ijo.

Jika dari kota jogja candi ini memili jarak sekitar kurang lebih 19 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Candi ini sekitar 50 menit.

Daya Tarik Candi Ijo

Berada di perbukitan yang tinggi dan lokasinya yang berada di sebelah timur kota Jogja, Candi ini memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki candi-candi lain di Jogj. Jika anda berkunjung ke Candi ini anda akan dapat melihat pemandangan atau panorama kota Jogja dari ketinggian yang sangat indah itulah salah satu daya tarik dari candi ini.

Bahkan anda akan dapat melihat landasan pacu atau runaway bandara Adisucipto dengan pesawat yang sedang take-off maupun yang sedang landing, maka dari itu Candi ini sampai saat ini merupakan destinasi candi favorit di Jogja.

Tidak berhenti disitu saja, daya tarik Candi Ijo yang lainnya selain bangunan candi yang gagah dan pemandangannya yang indah, dari sini anda dapat berburu sunset atau matahari terbenam. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset atau matahari terbenam di Jogja ya di candi ini. Tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan datang hanya untuk berburu sunset atau matahari terbenam dari Candi ini.

Candi ini letaknya tidak jauh dari destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik yaitu terdapat Tebing Breksi yang hanya berjarak kurang lebih 500 meter di sebelah barat candi. Yang bisa dibilang berdekatan dengan candi ijo juga terdapat candi yaitu Candi Barong, Candi Banyunibo, Ratu Boko dan Candi Prambanan.

Tips Berkunjung ke Candi Ijo

  1. Perhatikan waktu kunjunganSore menjelang senja merupakan waktu terbaik untuk berwisata ke candi ijo ini. Karena kita juga sekaligus bisa menikmati pemandangan senja yang aduhai dan juga mempelajari sejarah-sejarah candi ini. Kebetulan, dari pelataran candi ini kita bisa melihat garis horison ufuk barat tanpa halangan yang berarti. Sehingga, ketika matahari mulai beranjak ke peraduan, kita bisa menikmat detik-detik tenggelamnya.
  2. Pelajari rutenya terlebih dahuluThe foremost thing. Pelajarilah rutenya terlebih dulu sebelum anda memutuskan untuk pergi ke candi ijo. Tak perlu khawatir karna rute menuju candi ini tidak seribet Candi Barong. Jika kamu dari arah Jogja, ambil kanan pada traffick light di depan Candi Prambanan. Arahkan kendaraan menuju Istana Ratu Boko karna rutenya sama. Nah, sebelum sampai Ratu Boko kita akan menemukan sebuah perempatan. Di perempatan tersebut terdapat sebuah rambu-rambu yang mengarahkan kita ke Ratu Boko, Candi Banyunibo dan Candi Ijo.
  3. Pastikan kendaraan dalam keadaan primaTak ada angkutan umum menuju Candi ini. Satu-satunya cara untuk kesana adalah menggunakan kendaraan pribadi/sewaan. Sebelum memutuskan untuk ke candi ini, pastikan kendaraan benar-benar dalam keadaan prima karna tanjakannya cukup curam.
  4. Sisakan waktu untuk mampir ke Tebing BreksiKita akan melewati sebuah tempat keren yang sayang sekali jika dilewatkan, jarak tempat tersebut sekitar 1km sebelum candi ijo. Tempat tersebut sering dikatakan wisatawan dengan sebutan Tebing Breksi.

Itu semua ulasan mengenai tempat wisata yang sempat hits di Yogyakarta versi genjos holiday. Dengan ulasan tersebut semoga bias menjadi bahan referensi sebelum anda ingin berlibur ke kota Yogyakarta. Dan jangan lupa selalu gunakan paket wisata dari genjos holiday dan dapatkan promo-promo menariknya.

×

Butuh Bantuan?

Klik tombol dibawah ini untuk menghubungi bagian reservasi.

×
Scroll to Top