Kalibiru: Keindahan Wisata Alam Yogyakarta

kalibiru

Kalibiru – Memandang keindahan ciptaan Tuhan dari ketinggian memang memberikan kepuasan lebih. Keindahannya pun akan lebih memikat manakala hamparan wisata alam terpampang di depan mata. Mungkin hanya itu kata-kata yang bisa digambarkan untuk wisata jogja satu ini. Tempat wisata yang satu ini akan menyuguhkan panorama alam berupa Bukit Menoreh dan Waduk Sermo.

Saat Senja tiba dan dari ketinggian sekitar 450 mdpl ini, pengunjung Kalibiru bahkan bisa melihat matahari kembali ke peraduan. Jika dewi fortuna sedang berpihak pada Anda, cuaca yang cerah akan membuat ombak Pantai Selatan terlihat. Paras cantik pemandangan akan nampak sempurna dari Kalibiru ketika senja datang dengan cuaca yang mendukung.

Karena alasan itulah tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang jadi magnet baru bagi pengunjung lokal atau luar daerah. Spo-spot foto yang menraik bisa anda dapatkan dan anda abadikan ketika berwista di kali biru ini. Apalagi bersama dengan pasangan. Pastinya akan terasa lebih romantis.

Sejarah Singkat Wisata Alam Kali Biru

harga tiket masuk kalibiru

Wisata alam Kalibiru dibangun atas inisiatif dari masyarakat sekitar yang berkeinginan agar hutan tersebut tetap tumbuh hijau, sejuk, dan lestari. Pengembangan wisata alam ini tidak terlepas dari proses panjang dari upaya masyarakat di sekitar hutan untuk memulihkan keadaan hutan yang dulunya tandus dan gersang.

Pembangunan wisata alam Kalibiru ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pemanfaatan jasa lingkungan. Nah, salah satu daya tarik kawasan wisata alam ini adalah bentang alamnya yang asri. Merupakan harmonisasi yang klop antara hijaunya hutan dengan hamparan bukit yang sangat luas, menjadikan pemandangan alamnya sangat indah dan mempesona.

Fasilitas Wisata alam kali biru

Fasilitas wisata alam Kalibiru sudah semakin baik, terawatt, dan lengkap. Anda bisa menginap di sini, karena terdapat homestay di dalam wilayah wisatanya. Fasilitas umum lainnya yang bisa digunakan seperti toilet dan kamar mandi sudah cukup banyak, bersih, dan sangat terawat.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, bisa memarkirkan kendaraannya di lahan parker yang cukup luas. Lahan parkirnya sudah mampu menampung sepeda motor dengan jumlah yang banyak. Namun untuk parkir mobil masih belum mencukupi.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kali Biru

Untuk harga tiket masuk wisata alam kali biru ini tergolong murah. Bahkan harga sewa dari setiap wahana pun juga tergolong murah. Dengan begitu wisata ala mini bisa menjadi wisata alam yang murah dengan pemandangan dan fasilitas yang lengkap.

Ada yang perlu anda siapkan sebelum anda berkunjung ke wisata alam kali biru ini. Hal utama yang perlu anda siapkan yaitu budget untuk mmbayar tiket wisata alam kali biru. Berikut daftar harga wisata alam kalibiru :

KategoriHarga
Tiket Masuk per OrangRp10.000
Parkir MobilRp5.000
Parkir MotorRp2.000
Spot High Rope Game (HRG)Rp35.000
Spot Foto PanggungRp15.000
Spot Foto 1Rp15.000
Spot Foto Bundar / TampirRp15.000
Spot Foto 2Rp10.000
Spot Foto 3Rp10.000

Alamat dan Rute Wisata Alam Kali Biru

Wisata alam kali biru ini beralamatkan di kabupaten kulonprogo yogyakarta. Lokasi tepatnya terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 40 kilometer.

Perjalanan menuju tempat wisata alam Kalibiru ini harus dilewati melalui jalanan yang menanjak dan cukup berliku. Anda dianjurkan untuk menggunakan kendaraan yang kuat, agar perjalanan menjadi lebih lancar.

Untuk mencapai ke tempat wisata alam Kalibiru, ada beberapa alternatif rute perjalanan yang bisa dipilih, seperti:

Rute Sermo

Rute ini banyak dipilih oleh wisatawan karena dalam perjalanannya akan dijumpai pemandangan waduk sermo, yang membuat perjalanan akan lebih menyenangkan.

Jika anda menginginkan lewat jalur ini untuk menuju wisata alam kali biru, anda bisa menuju ke sentolo, lalu ke Pengasih. Dari sana, lanjut kea rah alun-alun Wates – RSUD Wates – Beji – Sermo. Setelah dari Sermo, Anda bisa menuju Kalibiru.

Rute Clereng

Menggunakan rute ini untuk menuju ke Kalibiru akan lebih cepat daripada rute yang pertama. Karena pada rute ini tidak didapati tanjakan atau likuan yang parah seperti pada rute pertama. Untuk menggunakan rute ini, Anda bisa menuju Sentolo, lalu Pengasih.

Setelah mendapati perempatan Pengasih, belok kea rah kanan (menuju Clereng). Kemudian ikuti saja rute tersebut untuk menuju Kalibiru. Terdapat penunjuk jalan, jadi Anda tidak perlu cemas.

Rute Kota

Merupakan rute yang paling jarang digunakan, karena jarang ada wisatawan dari arah Malioboro yang menuju Kulon Progo. Namun jika Anda sedang berada di Malioboro dan ingin ke Kulon Progo, Anda bisa mengambil jalur Purworejo.

Cukup ikuti jalan sampai di terminal Wates. Setelah sampai di terminal, ikuti petunjuk jalan guna menuju ke waduk Sermo. Jika anda sudah sampai di sermo anda tinggal ikuti saja retunya sampai wisata alam kalibiru.

Daya Tarik Wisata Alam Kali Biru

Banyak sekali daya Tarik yang dimiliki oleh wisata alam kali biru ini. Tidak hanya suasanan yang sejuk dan nyaman tapi banyak spot-spot foto yang bisa anda dapatkan disini. Berikut beberapa daya Tarik dari wisata alam kali biru yang bisa anda temui ketika berlibur disana :

1. Gardu Pandang/Rumah Pohon

View pemandangan alam yang diambil dari atas pohon ini menjadikan spot foto yang satu ini menjadi icon dari wisata in. Sempat viral di media sosial sehingga pengelola wisata lain pun turut mencari lokasi yang sesuai untuk spot yang serupa.

2. Spot Flower

Spot ini dibuat untuk mencegah antrian yang mengular di gardu pandang. Hampir mirip dengan gardu pandang, hanya saja bentuk pijakan rumah pohonnya adalah bunga atau flower.

3. Spot Panggung

Spot ini tidak kalah keren. Bentuknya adalah papan lebar di pinggir tebing dengan view bukit hijau dan bisa digunakan foto beberapa orang bersamaan.

4. Kano Terbang

Ada spot baru di kalibiru yaitu kano terbang. Sebuah kano yang digantung dengan pose mendayung bisa anda naiki dan berfoto. Jadi, pada hasil fotonya, Anda seakan sedang bermain kano di udara.

5. Sky Bike atau Sepeda Langit

Wahana ini cukup digemari di beberapa tempat wisata. Salah satunya ada di kalibiru. Sky bike akan membuat Anda senam jantung. Jadi persiapkan mental sebelum menaikinya ya!

6. Jalur Tracking

Jalur tracking ini melingkar di sepanjang kawasan. Di samping untuk kegiatan olahraga dan refreshing, melalui jalur ini kita bisa mengenal berbagai jenis tanaman hutan Kegiatan Tracking bisa dilakukan melalui beberapa jalur alternatif:

1. Jalur Dekat (2 – 3 km)

Jalur ini merupakan jalur melingkar dari kawasan — melewati beberapa ruas jalan setapak (jalur merumput) — masuk ke pemukiman penduduk — kembali ke kawasan.

2. Jalur Menengah (3 – 4 km)

Jalur ini merupakan jalur melingkar dari kawasan — melewati beberapa ruas jalan setapak (jalur merumput) — menyisir sungai-sungai kecil di kawasan – masuk ke pemukiman penduduk — kembali ke kawasan.

3. Jalur Jauh (4 – 5 km)

Jalur ini merupakan jalur melingkar dari kawasan — melewati beberapa ruas jalan setapak (jalur merumput) — menyisir sungai-sungai kecil di kawasan — masuk ke lokasi Waduk Sermo — melewati jalan utama/masuk ke pemukiman penduduk — kembali ke kawasan.

Anda juga bisa menikmati spot foto dan wahana lainnya seperti spot oval, spot panggung, high ropes games, flying fox, dan MTB Downhill Track.

Tips Berkunjung ke Wisata Alam Kali Biru

Sebelum anda mengunjungi tempat wisata yang satu ini alangkah baiknya anda memperhatikan tips apa saja ketika anda disana. Berikut beberapa tips dari genjos holiday untuk anda yang ingin berwisata ke wisata alam kali biru :

  1. Sebaiknya perhatikan jam operasional saat akan mengunjungi Kalibiru Yogyakarta. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB
  2. Datanglah agak sore untuk menikmati pemandangan berupa sunset yang menakjubkan.
  3. Jika malas jalan kaki, Anda bisa naik ojek motor dari lokasi parkir dengan tarif sekitar 5 ribu rupiah per orang.

Itu semua ulasan mengenai tempat wisata yang sempat hits di Yogyakarta versi genjos holiday. Dengan ulasan tersebut semoga bias menjadi bahan referensi sebelum anda ingin berlibur ke kota Yogyakarta. Dan jangan lupa selalu gunakan paket wisata dari genjos holiday dan dapatkan promo-promo menariknya.

×

Butuh Bantuan?

Klik tombol dibawah ini untuk menghubungi bagian reservasi.

×
Scroll to Top