CandiTempat Wisata

Candi Ratu Boko, Harga Tiket, Fasilitas, dan Daya Tarik Terbaru 2023

Daftar Isi :

Sejarah Singkat Candi Ratu Boko

candi ratu boko
foto: instagram.com/wonderfuljogja.id

Candi Ratu Boko berada di sebelah selatan Candi Prambanan, sekitar 3 km. Destinasi wisata ini berada 195 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan yang indah. Ratu Boko berupa kerajaan yang runtuh sebenarnya adalah sebuah istana, Kraton Ratu Boko.

Istana ini milik Ratu Boko, ayah dari Lara Jonggrang. Diyakini telah didirikan oleh dinasti Syailendra sejak abad ke-8. Memiliki latar belakang Budha.

Kemudian raja-raja Mataram Hindu mengambil alih Kraton Ratu Boko. Melalui perpindahan kepemilikan, bangunan Kraton Boko dipengaruhi oleh agama Hindu dan Budha. Maka jangan heran jika ada yang menyebut candi Budha atau candi Hindu.

Candi Ratu Boko masih dalam pengelolaan yang sama dengan Candi Borobudur dan Prambanan. Tempat wisata ini sebenarnya bukan candi melainkan kompleks kerajaan. Kerajaan masa lalu yang kini telah runtuh.

Dan kawasan Ratu Boko ini merupakan peninggalan reruntuhannya. Karena merupakan reruntuhan bangunan batu, banyak turis menyebutnya candi. Selain itu, wisata Ratu Boko sering dikaitkan dengan Prambanan dan Borobudur.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko 2023

Dikutip dari website borobudurpark.com: Inilah tarif Masuk Candi Ratu Boko 2023 yang harus Anda ketahui sebelum berkunjung ke sini:

Harga tiket reguler:

Tiket pengunjung anak-anak (usia 3-10 tahun): Rp 20.000

Tiket pengunjung dewasa (usia lebih dari 10 tahun): Rp 40.000

Harga tiket paket terusan:

(Ratu Boko – Borobudur) dewasa: Rp 75.000

(Ratu Boko – Borobudur) anak-anak: Rp 35.000

Baca Juga :  Ciumbuleuit : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

(Ratu Boko – Prambanan) dewasa: Rp 85.000

Cholida

1 2Laman berikutnya
Baca juga konten kami di:
Komentar:
Array

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles