Goa Pindul

cave tubing goa pindul

Goa Pindul – Berbicara tentang Yogyakarta memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi, saat berbicara tentang tempat wisata di Jogja yang bisa dibilang mempunyai paket komplit dan mampu memenuhi tuntutan zaman. Banyak kreasi yang diberikan untuk memanjakan wisatawan semua agar, nyaman dan ingin kembali ke Yogyakarta.

Goa Pindul ini merupakan wisata alam yang sekarang sudah banyak sekali dikenali orang. Bahkan, pesonanya sudah terdengar di berbagai penjuru Nusantara, sampai ke mancanegara. Pesona wisata yang bisa dibilang berbeda dari yang lain.

Sebelum dibuka sebagai tempat wisata, Goa ini dulunya hanya sebuah tempat tak terawat yang dijadikan tempat untuk mandi, mencuci pakaian dan tempat memancing oleh warga sekitar.

Goa ini juga menjadi sarang kelelawar sehingga terkesan angker sebelum akhirnya para warga dengan sejumlah mahasiswa yang sedang melaksanakan pengabdian ke  masyarakat desa Beji untuk membersihkan kawasan tersebut. Dibalik itu semua, ada juga kisah legenda yang populer dikalangan warga sekitar mengenai asal-usul Goa Pindul ini.

goa pindul gunung kidul

Sejarah Goa Pindul Yogyakarta

Berawal dari kisah perjalanan Joko Singlulung yang menelusuri hutan lebat, sungai dan gua untuk mencari ayahnya. Saat sedang menyusuri 7 gua yang memiliki aliran sungai di bawahnya, kepala Joko terbentur sebuah batu yang terdapat di dalam gua.

Gua tempat Joko terbentur tersebut dinamai Goa Pindul yang berasal dari kata dalam bahasa Jawa yaitu pipi gebendul (pindul) yang artinya pipi yang terbentur.

Cek Juga : Tarif Sewa Mobil Jogja 24 Jam

Asal Usul Goa Pindul Versi 1

Awal mula goa pindul ini dari kisah perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang melakukan perjalanan kearah timur yaitu ke (arah Gunungkidul) dengan membawa seorang bayi. Sementara itu sang bayi terus menangis, Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan memutuskan untuk memandikan sang bayi.

Ki Juru Mertani naik ke salah satu bukit dan menginjak tanah di puncak bukit. Dengan kesaktian yang dimiliki tanah yang diinjak pun runtuh dan mengangalah sebuah lubang besar dengan aliran air dibawahnya, kemudian sang bayi dimandikan di dalam goa di lubang tadi.

Asal Usul Goa Pindul Versi 2

Sementara Sejarah Goa Pindul versi lain menceritakan bahwa di dalam goa tersebut terdapat sebuah mata air yang terkenal dengan istilah mbelik bagi orang jawa. Mata air tersebut oleh warga sekitar dikenal dengan nama mbelik panguripan yang artinya mata air kehidupan.

Mata air yang terdapat dalam Goa itu juga berhubungan dengan kisah seorang yang bernama Kyai Jaluwesi yang berseteru dengan Bendhogrowong. Keduanya lantas terlibat dalam adu kekuatan dan kesaktian. Kyai Jaluwesi nampaknya menang dalam adu kesaktian tersebut.

Bendhogrowong kemudian mengeluarkan kesaktiannya untuk menyerang Kyai Jaluwesi. Namun kesaktian yang dikeluarkan tersebut meleset hingga mengenai anjing piaraan anak kembar Kyai Jaluwesi, Widodo dan Widadi.

Anjing yang bernaama Sona Langking itu terluka dan berlari kesana-kemari hingga kemudian menjumpai sumber mata air di semak-semak. Kyai Jaluwesi yang mengejar dan mengikuti anjing tersebut terkejut menemukan anjing itu telah sembuh.

Dari situ Kyai Jaluwesi menamakan sumber mata air tersebut dengan nama mbelik panguripan karena dapat menyembuhkan seekor anjing.

Daya Tarik Goa Pindul

Wisata Goa Pindul di Karangmojo Gunung Kidul Yogyakarta memiliki keeksotisan yang tak dapat diragukan lagi keindahannya. Gua ini membentang panjang sekitar 350 m, dengan lebar mencapai 5 m. Kedalaman goa ini sekitar 5 sampai 12 meter.

Sedangkan jarak permukaan air dengan atap gua sekitar 4 m. Disini, Anda tak hanya menyaksikan keeksotisan gua, namun juga akan dibuat takjub dengan kilauan air yang mengisi gua tersebut. Air bawah tanah yang berasal dari mata air gedong tujuh.

Gua Pindul juga memiliki stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Namun yang membedakanya adalah kapasitasnya. Menurut penelitian Stalakmit dan stalaktit ini sudah berusia ribuan tahun, sehingga memiliki bentuk yang sangat besar. Di Gua Pindul, stalagtit dan stalagmit menyatu tepat di bagian tengah gua membentuk sebuah pilar, tampak besar dan kokoh. Ukurannya, mencapai hingga 5 rentangan tangan orang dewasa.

Gua Pindul memiliki 3 bagian yaitu zona terang, remang dan gelap. Berikut penjelasan mengenai zona di goa pindul :

  1. Zona TerangSeperti namanya, pada bagian ini terkesan terang sehingga Anda dapat menyaksikan keindahan gua secara langsung dengan mata telanjang.
  2. Zona RemangZona yang kedua ini sering disebut dengan zona remang, disini cahaya yang masuk hanya beberapa bagian kecil saja, dengan dibantu oleh pantulan air bening pada dinding – dinding gua membuat cahaya remang ini terasa menakjubkan.
  3. Zona GelapUntuk dapat menyusuri bagian ini. Pengunjung disini diwajibkan menggunakan alat bantu penerangan, karena seperti namanya, di zona ini sangat gelap. Nah, untuk menyusuri ketiga zona tersebut, anda memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Di tengah bagian goa pindul ini terdapat ruangan yang sangat besar dan tentunya menarik sekali untuk dinikmati. Terdapatnya lubang ditengah ruangan ini menjadi pesona tersendiri dari seluruh bagian di Gua Pindul.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul

Harga yang ditawarkan beragam Sobat Traveller mulai dari 50 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah tergantung dari harinya. Bila di weekday harga akan lebih bersahabat, berbeda bila di weekend atau bahkan musim liburan. Harga pasti akan melonjak. Banyaknya pilihan cave tubing yang ditawarkan ini membuat pesona Goa pindul ini begitu mengesankan.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan di goa pindul ini sudah sangat lengkap untuk pengunjung yang ingin pergi ke Gua Pindul, diantaranya adalah:

  1. Jaket pelampung
  2. Ban karet
  3. Jasa pemandu
  4. Welcome drink
  5. Pelindung kepala
  6. Tabung oksigen
  7. Rumah Makan
  8. Area parker
  9. Penginapan

Cek ulasannya disini : Ulasan Cave Tubing Goa Pindul

Alamat

Goa Pindul terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk mencapai tempat ini sebenarnya cukup mudah. Sobat Taveller hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju jalan wonosari. Kemudian, berjalan lurus kearah pathuk dan wonosari.

Sampai di bundaran simpang empat yaitu bundaran Siyono dengan ciri mempunyai bangunan air mancur dan terdsapat patung berbentuk gamelan. Lurus terus hingga menemukan perempatan besar. Dari perempatan ini belok ke kiri menuju ke Desa Bejiharjo. Setalah mencapai desa ini Sobat Traveller akan disambut oleh beberapa pemuda yang akan menjadi pemandu.

Tips Berkunjung ke Goa Pindul

1. Hubungi Contact Resmi

Hubungi Contact Resmi sebelum kunjungan untuk reservasi. Hanya hubungi nomor-nomor dari pengelola resmi ya. Ini memungkinkan anda untuk mendapat informasi yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Dan ingat, reservasi tak mengikat, jadi tak perlulah Anda bayar uang muka.

2. Pahami Lokasi

Tahu persis lokasi pengelola, dan jangan hanya mengandalkan navigasi/maps untuk menunju lokasi Goa Pindul. Ada banyak sekali tag dengan nama yang sama di maps. Bisa-bisa Anda  bingung dan tersesat. Sekali lagi, hubungi operator resmi karena akan memandu Anda dengan fasilitas free.

3. Jangan tergiur harga murah

Karena harga tiket Goa Pindul sudah di tetapkan dan di setujui bersama semua pengelola yaitu Rp.35.000/person. Namun Anda bisa bandingkan juga dengan profil penelola lain.

4. Persiapan pribadi

Tentukan waktu yang tepat. Sekali lagi, tetaplah berhubungan dengan operator untuk mengetahui segala hal tengtang lokasi. Bisa tentang kondisi jalan, kondisi cuaca, kondisi jumlah kepadatan Traveler lain, dan sebagainya.

Persiapan pribadi lainnya adalah menyiapkan pakaian yang siap basah. Sebab penyusuran Goa Pindul melewati air, pakaian yang anda kenakan dipastikan akan basah. Kalau lupa bawa? Tenang, ada cukup banyak penjual pakaian lengkap kok…

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk menunju lokasi goa pindul, sebaiknya berhati-hati. Banyak tikungan yang akan anda lalui.

Abaikan penunjuk arah lokasi goa pindul yang terpasang di tepi kanan-kiri jalan, ini adalah ulah calo atau ojek wisata. Anda bisa tersesat nanti.

5. Jangan pernah ikuti jasa pengantar gratis

Tulisan-tulisan ini biasanya juga ada di jalan menuju Goa Pindul. Pengantaran gratis yang resmi harus melalui reservasi terlebih dahulu. Cara yang paling mudah untuk mengabaikan orang-orang tersebut adalah dengan menjawab atau menyampaikan bahwa anda sudah booking tiket di salah satu pengelola pilihan anda.

Konfirmasikan reservasi anda tepat di hari kunjungan, operator resmi akan menyiapkan crew yang akan menjemput anda di titik lokasi tertentu sesuai kesepakatan. Ada beberapa paket seperti kuliner, pendopo bagi rombongan, dan sebagainya.

 

×

Butuh Bantuan?

Klik tombol dibawah ini untuk menghubungi bagian reservasi.

×
Scroll to Top