Tempat WisataWisata AirYogyakarta

Umbul Ponggok : Tempat Wisata Menarik di Klaten

Wisata Umbul Ponggok Klaten adalah sebuah kolam alami yang dikembangkan untuk wisata air. Wisata ini beralamatkan di Jalan Raya Desa Ponggok, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di mana lagi Anda bisa mendapatkan pengalaman snorkeling dan fotografi bawah air yang murah? Tak heran jika kemudian salah satu tempat wisata di Klaten ini semakin terkenal dan ramai pengunjung.

Daftar Isi :

Daya Tarik Obyek Wisata

foto: instagram.com/masoenn_

Jika Anda berencana untuk mengunjungi tempat wisata ini tetapi Anda masih belum yakin kegiatan apa yang menarik untuk dilakukan. Di bawah ini adalah beberapa aktivitas menarik yang dapat Anda pertimbangkan saat berkunjung:

1. Kolam mata air alami

Obyek wisata ini dibangun dari mata air alami kolam. Menariknya, kolam ini juga menjadi rumah bagi beragam ikan. Yang membuat aktivitas air semakin seru adalah pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas ditemani berbagai jenis ikan.

2. Area latihan menyelam

aktifitas snorkling di wisata umbul ponggok klaten
foto: instagram.com/auliacrnsa_

Destinasi wisata yang satu ini memang sudah terkenal dan sering menjadi sebagai tempat latihan menyelam atau diving. Dasar kolamnya alami dan penuh dengan ikan warna-warni, memungkinkan penyelam pemula untuk menjelajah lebih leluasa. Selain itu, ini juga merupakan pengalaman sebelum Anda memutuskan untuk terjun langsung ke laut.

Baca Juga :  Pantai Lembupurwo : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

3. Snorkling

Bagi Anda yang memiliki hobi snorkling atau ingin merasakan snorkling tapi takut atau tidak bisa berenang. Wisata Umbul Ponggok bisa menjadi solusi alternatif. Meski tidak berombak dan seluas lautan, pengunjung tetap bisa snorkeling ala taman laut yang cantik di lokasi ini.

4. Berenang

Bagi pecinta olahraga air seperti berenang, dan mungkim Anda bosan berenang di kolam buatan berlantai keramik, Anda bisa langsung menuju Umbul ini di Klaten. Kolam ini terdapat pasir putih, bebatuan alam dan juga ribuan ikan berwarna-warni. Ini membuat tempat ini terlihat di bawah air.

5. Naik perahu dayung

Selain aktivitas bawah laut, banyak aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di sini. Salah satu pilihannya adalah menyewa perahu dayung di sekitar kolam berukuran 50m x 25m ini. Oleh karena itu sangat ramah anak dan Anda juga bisa mengajak keluarga Anda berlibur ke sini.

Baca juga : Object Wisata Alam Di Klaten Yang Wajib Kalian Kunjungi

6. Kolam renang anak

Jika Anda membawa anak-anak saat berkunjung, Anda bisa mengajak mereka bermain air di kolam yang lebih dangkal. Jangan khawatir, Umbul Ponggok memiliki beberapa kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Sehingga aman untuk anak-anak.

Baca Juga :  Pantai Baloiya : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

7. Spot foto bawah air yang keren

Daya tarik utama tempat ini adalah spot foto bawah air yang sangat keren. Tidak hanya berfoto bersama sekelompok ikan, ada juga tempat-tempat yang bisa jadi tempat selfie. Misalnya sepeda motor, berkemah di bawah air dll.

8. Pre-wedding

spot foto menarik di umbul ponggok
foto: instagram.com/ndr.nuri

Selain menjadi destinasi wisata air yang seru, Umbul Ponggok juga kerap menjadi lokasi pemotretan prewedding oleh para pasangan.  Oleh karena itu, biasanya, prewedding bertemakan underwater menjadi yang paling banyak diminati. Karena tidak hanya tidak biasa, tapi juga terlihat sangat keren.

Fasilitas Wisata Umbul Ponggok

  • Kolam mata air alami
  • Gerai penyewaan alat snorkeling, diving, dan perahu kayuh
  • Pelampung
  • Penyewaan kamera underwater
  • Tempat sewa perlengkapan foto unik seperti sepeda motor, televisi, dan sebagainya
  • Asuransi
  • Toilet umum
  • Spot foto
  • Wahana permainan
  • Snack spesial
  • Donasi
  • Tempat istirahat
  • Toko makanan

Harga Tiket Masuk  Wisata Umbul Ponggok

Harga Tiket Masuk Weekday: Rp 10.000

Tarif Tiket Masuk Weekend/Libur Nasional: Rp 15.000

Biaya Set Laptop Durasi 60 Menit: Rp 160.000

Biaya Set Laptop Durasi 30 Menit: Rp 120.000

Baca Juga :  Pantai Gosong : Lokasi dan Harga Tiket Masuk
spot foto menarik di umbuk ponggok
foto: instagram.com/melanie.anastasia

Biaya Kursi Durasi 60 Menit: Rp 130.000

Tarif Kursi Durasi 30 Menit: Rp 90.000

Biaya Diving: Rp 250.000

Biaya Underwater Walker: Rp 150.000

(Update Mei, 2023)

Jam Operasional

Buka setiap hari dari jam 08.00 – 16.00

Lokasi dan Rute Wisata Umbul Ponggok

Lokasi desa wisata ini sebenarnya tidak sulit ditemukan, ini karena Anda bisa menggunakan google maps untuk menuju ke sana. Terletak di desa Ponggok, Polanharjo, Klaten – Jawa Tengah. Tempat ini dapat Anda akses dari berbagai penjuru kota.

Jika Anda datang dari arah Yogyakarta, maka Anda bisa langsung mengambil jalan menuju GOR Klaten. Setelah itu ikuti saja jalan dari Karanganom.  Selanjutnya, setelah sampai pertigaan pertama belok kanan, pertigaan kedua belok kiri dan pertigaan ketiga belok kanan lurus. Dari Yogyakarta, butuh waktu sekitar 1,5 jam dengan kendaraan pribadi.

Itu lah, informasi terkait Wisata Umbul Ponggok Klaten, selain itu, jika Anda datang beramai-ramai dengan keluarga atau teman-teman, Anda lebih baik menyewa mobil guna menuju ke sana. Genjos Holiday menawarkan jasa sewa mobil sesuai kebutuhan liburan Anda, kami memastikan akan nyaman dan aman sampai ke lokasi tujuan.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles