Beranda Mobil Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil bagi Para Pemula

Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil bagi Para Pemula

0
23

Sebagai pemilik kendaraan mobil, tentunya ingin mobil Anda awet untuk jangka waktu yang panjang bukan?. Supaya mobil tetap memiliki nilai tinggi dan nyaman saat digunkan, pemilik mobil harus melakukan perawatan yang rutin, baik dilakukan sendiri maupun dengan cara servis berkala di bengkel resmi.

Baca Juga: Sewa Mobil Jogja di Genjos Holiday

Bagi Anda yang kurang memahami mendetail perihal mobil dan perawatannya, setidaknya Anda perlu memahami tips-tips berikut ini agar mobil tetap pada kondisi prima:

DAFTAR ISI

1. Mengecek Oli

Pada pembahasan lalu kita tahu kalau oli harus diganti ketika jarak tempuh sudah menunjuakan angka 5.000-10.000 km dengan tujuan agar mesin mobil tetap bekerja secara optimal.

Salah satu tips untuk tahu kalau oli mobil sudah harus diganti adalah dengan cara meneteskan sedikit oli di tangan, kemudian rasakan apakah terdapat serpihan-serpihan halus di dalamnya atau tidak. Bila Anda mendapati serpihan atau kotoran, makaitu menunjukan sudah saatnya oli mobil Anda ganti.

2. Pastikanlah Kopling Berfungsi Normal

Tips ini berlaku bila Anda menggunakan mobil yang bertransmisi manual. Bila kampas kopling sudah mulai aus, maka berefek pada perpindahan gigi yang akan semakin berat dan bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara. Persneling yang sulit dipindah termasuk salah satu tanda kalau kampas kopling mobil sudah mulai aus.

3. Isi Air Radiator Secukupnya

Air radiator memilik fungsi untuk mendinginkan mesin ketika mesin sedang bekerja. Pastikanlah kalau Anda mengisinya secara berkala supaya mesin bisa bekerja dengan baik. Selain hal itu, bila Anda sering menggunakan air wiper, maka isilah tabungnya dengan air bersih bila airnya sudah mulai habis.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara Pada Saat Hujan (3)

4. Memeriksa Kabel dan Lampu

Anda juga harus memeriksa keadaan kabel dan lampu mobil Anda secara berkala. Sesekali, Anda mungkin akan menemukan kabel yang kendur atau bahkan putus, kemudian lampu mobil yang mulai redup. Agar tidak bermasalah saat berkendara, pastikanlah seluruh kabel dan lampu mobil Anda sudah dalam kondisi normal.

5. Perawatan pada Aki Mobil

Hal paling mudah dalam merawat aki mobil adalah dengan memastikan kalau air aki berada pada level yang seharusnya, yaitu berada antara garis batas penanda. Tips lain untuk tahu keadaan aki adalah dengan cara mengukur tegangan pada aki menggunakan voltmeter.

6. Pergunakan Bahan Bakar Minyak yang Sesuai

Bahan bakar memiliki peran yang cukup tinggi dalam meningkatkan performa kendaraan, khususnya pada mobil. Tidak hanya nilai oktannya saja yang harus diperhatikan, teknologi yang dimiliki BBM tersebut juga harus Anda perhatikan.

Bahan bakar yang baik itu tidak saja mampu membersihkan dan melindungi mesin tetapi juga mampu meningkatkan performa agar mesin lebih optimal. Maka gunakanlah BBM degan oktan yang sesuai pada buku manual mobil Anda. Hal itu bertujuan agar mesin mobil Anda lebih awet dan memiliki kinerja optimal.

7. Lakukanlah Tune-Up Secara Berkala

Selain butuh perawatan dari sang pemilik, mesin mobil juga perlu sentuhan mekanik ahli secara berkala agar kinerja pada mesin tetap optimal. Datang ke bengkel tidak melulu untuk servis besar, Anda juga dapat melakukan tune up secara berkala atau servis ringan demi menjaga stabilitas performa mobil.

Demikian tadi tips-tips sederhana dalam merawat mesin mobil bagi pemula agar kinerjanya bisa tetap optimal dan tahan lebih lama. Selain itu, Anda juga perlu memberikan perlindungan tambahan untuk mobil agar mobil tidak cepat menurun performanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here