Beranda Mobil Tips Aman Berkendara Pada Saat Hujan (3)

Tips Aman Berkendara Pada Saat Hujan (3)

0
tips aman 3

Tips selanjutnya saat Anda sedang berkendara pada saat terjadi hujan adalah “Wajib Berhenti Jika Hujan Terlalu Deras!”

Salah satu hal yang harus diperhatikan ialah berhentilah sejenak, jangan melanjutkan perjalanan bila hujan yang turun terlalu deras. Walaupun semua cara-cara pada pembahasa sebelumnya sudah dilakukan, memaksakan untuk meneruskan perjalanan disaat hujan deras adalah langkah yang tidak tepat.

Baca Juga: Sewa Mobil Jogja di Genjos Holiday

Saat hujan turun sangat deras, menyalakan lampu juga terkadang menjadikan pandangan kita menjadi tetap tidak fokus. Disaat wiper sudah tidak berfungsi menjaga kaca mobil kembali jernih, langkah apa yang perlu Anda lakukan?

Wajib untuk menepi!

Janganlah Anda memaksakan untuk meneruskan perjalanan, sebab ini akan bisa sangat berbahaya bagi Anda dan juga orang lain.

Tidak ada salahnya bila Anda menepi sejenak sinambi menunggu hujan reda dan kondisi jalan kembali membaik. Hal hal juga yang perlu Anda ingat “janganlah Anda menepi di bawah pohon”, sebab hal ini sangatlah berbahaya.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara Pada Saat Hujan (2)

Bahayanya adalah ketika hujan turun sangat deras, biasanya akan disertai dengan tiupan angin yang kencang. Hal itu bisa menyebabkan banyak ranting atau pohon yang tumbang ketika kondisi semacam ini.

Lantas, di mana tempat yang tepat untuk Anda menepi?

Anda dapat memilih untuk menepi di restoran dan café. Tempat semacam ini memungkinkan Anda untuk lebih bersantai dan keluar dari mobil. Bila terjadi apa-apa dengan mobil Anda, tentunya Anda sangat aman, ‘kan?

Opsi lainnya adalah pom bensin atau area peristirahatan terdekat dengan posisi Anda.

Bila memang terpaksa harus menepi di tepi jalan, usahakanlah untuk tetap menyalakan lampu hazard sebagai isyarat bagi pengendara lain bahwa Anda sedang menepi.

Tidak harus menunggu sampai hujan benar-benar sudah reda. Anda bisa mulai melanjutkan perjalanaan kembali saat kondisi cuaca sudah mulai membaik.

Solusi Saat Mobil Mogok karena Terkena Banjir Saat Hujan
Tak jarang kondisi jalanan menjadi sangat macet ketika hujan melanda. Hal ini nampaknya sudah lumrah terjadi di berbagai ruas jalanan, terlebih lagi bila hujan yang turun cukup deras.

Ketika hujan turun dengan sangat deras, biasanya bisa berakibat banjir di beberapa tempat. Memang bukan banjir yang deras yang terjadi, namun hal itu cukup tinggi bagi ukuran kendaraan.

Kalau hal terjadi, sering kali kendaraan, baik mobil ataupun motor menjadi mogok. Hal ini diakibatkan oleh air yang masuk ke dalam saluran pembuangan gas pada kendaraan.

Langkah apa yang seharusnya Anda lakukan?

Bila jawabannya langsung menghidupkan mesin, tentu hal itu adalah salah besar!

Jika mobil atau motor Anda mogok disebabkan karena terjebak banjir di jalan, jangan pernah Anda langsung menyalakan mesinnya. Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah turun dan mendoronglah kendaraan Anda ke tempat yang aman.

Kenapa Anda tidak boleh langsung menyalakan mesin?

Saat air sudah berada pada saluran pembuangan gas, kemudian Anda langsung menyalakan mesinnya, hal yang dikhawatirkan adalah sistem pengapian kendaraan akan mengalami korsleting. Dampak buruknya adalah kendaraan Anda bisa terbakar di tempat.

Nah, itu tadi hal-hal yang perlu Anda lakukan dan diperhatikan saat berkendara ketika hujan turun.

Dengan menerapkan semua hal yang telah disebutkan di atas, dapat dipastikan bahwa Anda akan aman ketika berkendara saat hujan. Atau setidaknya dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here