Beranda Bus Pariwisata Tips Perawatan Bus Sebelum Mudik Lebaran

Tips Perawatan Bus Sebelum Mudik Lebaran

0
28.2

Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia saat menjelang lebaran idul fitri mereka mudik ke kampung halaman masing-masing. Umumnya kenderaan umum yang paling banyak penggemarnya adalah Kereta Api dan Bus. Sebab melakukan perjalanan mudik menggunakan armada ini memang lebih aman dibanding dengan menggunakan kendaraan pribadi, apa lagi menaiki sepeda motor.

Baca Juga: Sewa Bus Jogja Genjos Holiday

Hal itu disebabkan karena arus mudik sangatlah ramai dan berbahaya. Nah kali ini tim Genjos Holiday akan mengupas beberapa tips tentang bagaimana merawat armada bus sebelum musim mudik lebaran idul fitri untuk kemudian digunakan membawa pemudik dari daerah satu ke propinsi lainnya di seluruh Indonesia.

Apa saja tips-ny? Masi simak ulasan berikut:

1. Perawatan Pada Mesin (engine)

Mesin merupakan salah satu bagian yang urgen dalam sebuah kendaraan. maka perawatan pada mesin merupakan sebuah kewajiban dengan ekstra, agar kendaraan khususnya bus dapat di operasikan secara maksimal untuk membawa penumpang yang ingin mudik. Umumnya pengecekan kondisi mesin meliputi : suara mesin, kebocoran oli dll.

2. Pelumasan (oil treatment)

Selain mesin, Oli juga merupakan bagian yang urgen dalam sebuah kendaraan. Makanya sebuah mesin dan bagian teransmisi memerlukan pelumasan yang baik. Hal itu disebabkan karena seringnya terjadi gesekan antar komponen. Maka, pelumasan sangatlah di perlukan demi mengurangi ke ausan akibat hal tersebut.

Pengecekan pada oli meliputi : oli mesin, transmisi, gardan, dll. Pada pelumasan ini harus di lakukan secara berkala agar tidak berperngaruh pada bagian yang lain saat kecolongan pada kondisi oli.

Baca Juga: Tips-Tips Merawat Bus Pariwisata

3. Pemerik bagian unit Transmisi dan Gardan

Pada bagian, yang perlu Anda lakukan pemeriksaan adalah pada propeller shaft, gardan, dll. hal itu dengan tujuan agar nantinya bus dapat beroperasi dengan maksimal.

4. Pemeriksa bagian unit Understeel

Perawatan dan pengecekan pada bagian ini sangtalah penting. Sebab, bagian ini berhubungan dengan keselamatan. Pada bagian ini banyak komponen-komponen yang perlu Anda lakukan pemeriksaan, antara lain Anda perlu mengecek ketebalan kampas rem, sistem rem, suspensi, dan spooring.

Kita tahu batul kalau sebuah engine yang melaju dengan cepat hanya mengandalkan Rem untuk dapat mengendalikannya bukan? Maka bila sistem pengereman tidak terawat dengan baik akan sangat berbahaya.

5. Pemeriksa Sistem Pendingin (cooling system)

Bus termasuk jenis armada yang biasanya digunakan untuk perjalan jarak jauh. Contonya untuk mudik dari provinsi satu ke lainnya atau dari pulau satu ke pulau lainnya, dan biasanya hanya beristirahat di rest area tertentu. Walau bus berhenti akan tetapi mesin bus akan tetap dalam kondisi menyala, hal itu bertujuan untuk menggerakan kompresor AC.

Tentunya mesin yang tetap bekerja akan menyebabkan panas disebabkan karena gesekan dan pembakaran. Menimbang hal itu, maka sistem pendinginan sangat diperlukan perannya agar tidak terjadi overheat. Yang perlu dicek pada bagian ini adalah kondisi air pendingin, radiator, dll.

6. Merawatan Filter Udara

Demi menjaga supaya kondisi mesin tetap prima, maka Anda perlu melakukan pembersihan filter udara dari kotoran dan debu yang dapat menghambat kinerja pada mesin

7. Pemeriksa Bagian Kelistrikan (Electrical)

Bus juga kerap kali melakukan perjalanan malam hari, maka bus juga sangat membutuhkan penerangan yang cukup. oleh sebab itu, Anda perlu melakukan pengecekan pada sistem kelistrikannya dan memastikan lampu-lampu bisa berfungsi dengan baik.

8. Pemeriksa Air Conditioner (AC)

memeriksa bagian AC pada bus juga merupakan sebuah keharusan. AC merupakan sebuah fasilitas yang berpengaruh terhadap penumpang. Sehingga bila AC mati atau mengalami gangguan, penumpang akan merasa terganggu. Pengecekan pada AC juga mencakup pengecekan pada suhu yang di hasilkan AC. Apakah masih bisa bekerja dengan baik atau sudah perlu diganti. Sebab terkadang kita menemui AC Bus yang pada siang hari tidak terasa dingin atau yang pada malam hari terlalu dingin.

9. Pemeriksa kondisi BAN

Yang tidak kalah pentingnya adalah pemeriksaan pada kondisi Ban (Tire). Bila karet ban sudah halus (Gundul) maka itu akan sangat berbahaya bila melaju pada medan yang licin. Pastikanlah Ban tidak gundul demi menjaga keselamatan Anda dan penumpang Anda.

Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan Selamat melakukan perjalanan dengan bus pilihan Anda. Jangan lupa ,utamakanlah keselamatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here