Beranda Bus Pariwisata Tips-Tips Merawat Bus Pariwisata

Tips-Tips Merawat Bus Pariwisata

0
Tips-Tips-Merawat-Bus-Pariwisata

Bagi Anda pemilik Bus pariwisata, tentunya ingin setiap bus Anda dalam kondisi prima dan optimal bukan? Berikut ini Genjos Holiday akan menyajikan tips-tips tenang perawatan bus pariwisata. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Sewa Bus Jogja Genjos Holiday

1. Mengecek Apakah Ada Tanda-Tanda Kerusakan secara berkala

Hal yang sering kali terjadi pada kerusakan bus pariwisata adalah adanya tanda-tanda yang menyimpang atau tidak normal dari bus. Untuk mengantisipasi hal itu, maka perhatikanlah bila ada gejala yang tidak seperti biasanya ketika armada sedang digunakan. Sikap dan kepekaan yang demikian tentu sangat membantu dan juga memudahkan Anda dalam mendeteksi kerusakan pada kendaraan tersebut dengan lebih dini.

2. Sesegera Mungkin Melakukan Perbaikan ketika Menemukan Kerusakan

Mesin yang mengalami kerusakan tidak boleh ditunda-tunda untuk melakukan perbaikan, atau dengan kata lain segeralah perbaiki!. Bila Anda memang tidak memiliki skill yang memadai untuk memperbaikinya, jangan sekali-kali Anda membongkar dan mencoba memperbaikinya seorang diri. Hal ini justu bisa menambah parah kerusakan yang ada, bahkan malah bisa menambah kerugian. Maka panggillah mekanik atau Anda yang membawanya ke bengkel resmi atau karoseri bus tersebut.

3. Periksalah Kerusakan Satu Per Satu

Jika memang ada gejala kerusakan pada bus tersebut yang sangat parah dan lebih dari satu sebab, maka cara yang paling tepat adalah dengan memeriksa bagian-bagian yang mudah diperiksa lebih dulu, kemudian memeriksa bagian-bagian lain yang agak sulit untuk dijangkau. Jika kerusakannya sudah diketahui, maka secepatnya bawa mesin tersebut ke bengkel resmi atau rujukan dengan keterangan lengkap. Hal tersebut akan mempermudah mekanik bengkel dalam menganalisa dan memperbaikinya.

4. Memperhatikan Kondisi Oli Mesin

Ini merupakan hal terpenting dalam merawat bus pariwisata yang baik dan benar. Mesin bus dan bagian transmisi lainnya membutuhakan pelumasan atau oli yang baik. Hal itu karena seringnya terjadi gesekan antar komponen. oleh karena itu pengecekan oli sangat diperlukan dengan tujuan mengurangi keausan tersebut. Pengecekan yang perlu dilakukan antara lain, oli pada mesin, transmisi, gardan, dan lain-lain. Lakukanlah pengecekan secara berkala.

5. Menjaga Kebersihan Interior Yang Kotor

Cara paling sederhana untuk membersihkan interior yang kotor adalah memanfaatkan alat – alat kebersihan pada umumnya, seperti menggunakan kemoceng untuk membersihkan dashboard driver dan langit-langit bus. Bisa juga dengan memanfaatkan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu-debu pada bagian interior bus pariwisata.

6. Memperhatikan Kelistrikan Dengan Cara Menilai Kondisi Instalasinya

Sebagian besar bus pariwisata melakukan perjalanan pada malam hari, maka tentunya sangat membutuhkan penerangan yang cukup. Penerangan atau lampu juga termasuk dalam aspek kelistrikan. Oleh sebab itu maka harus selalu ada pemeriksaan pada sistem kelistrikan, sehingga dari situ kita bisa memastikan bahwa semuanya masih dalam kondisi prima.

7. Mengecek Kondisi Ban

Pastikanlah kalau karet pada ban tidak halus (gundul). Bila ban sudah gundul maka akan sangat berbahaya. Apalagi pada musim hujan. Kondisi jalan pasti akan sangat licin karena hujan. Terlebih bila ada bekas oli yang tercecer di jalanan, akan sangat licin bukan?. Oleh sebab itu mengecek kondisi ban sangatlah wajib dilakukan, agar saat terjadi pengereman bus tidak mudah tergelincir.

Demikianlah seputar tisp-tips tentang perawatan dan pemeliharaan bus yang rutin kami lakukan. Intinya, apa pun model bus pariwisata dan apapun PO yang bersangkutan, maka wajib melakukan perawatan secara berkala agar bus dapat beroperasi dengan maksimal. Hal ini dilakukan dalam rangka kesalamatan saat melakukan perjalanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here