Beranda Bus Pariwisata Tips-Tips Merawat Kabin Bus Pariwisata Sendiri

Tips-Tips Merawat Kabin Bus Pariwisata Sendiri

0

Sering kali kita jumpai, pemilik bus yang begitu perhatian terhadap perawatan bodi bus kesayangannya, namun abai terhadap perawatan bagian interior busnya. Pasalnya, kondisi interior yang terawat dan bersih itu akan membuat kenyamanan saat mengemudi dan bagi penumpangnya. Mereka yang ikut di dalam bus juga akan merasa senang dan akan lebih menghargai akan upaya pemilik bus dalam perawatannya.

Baca Juga: Sewa Bus Jogja Genjos Holiday

Ada pula sebagian orang yang masih beranggapan kalau, perawatan interior bus merupakan pekerjaan yang merepotkan. Padahal, hal semacam itu dapat kita kerjakan sendiri. Khususnya pada perawatan yang bersifat ringan. Sebenarnya berat-ringannya perawatan ini tergantung pada kedisiplinan kita dalam merawat dan memelihara interior bus sehari-hari.

Berikut Genjos Holiday akan mengulas tips-tips tentang cara perawatan kabin bus yang bisa kita lakukan sendiri. Apa saja tipsnya? Simak pembahasan di bawah:

1. Selalu menyediakan pengharum bus

Aroma kabin yang berbau wangi tentunya akan menyenangkan semua orang yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, maka sediakanlah pengharum kabin, kemudian tempatkanlah pada sudut-sudut kabin. Pilih aroma wewangian yang cukup bisa diterima semua orang yang menumpanginya, jangan memilih aroma yang dapat menimbulkan rasa pusing atau eneg bagi yang tidak cocok. Namun Anda juga harus hati-hati, jangan sampai pengharum yang bentuknya cair tumpah di dalam bus. Sebab hal itu akan menyebabkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

2. Bersihkan jok bus

Harus kita akui, perawatan pada tempat duduk atau jok memanglah tidak semudah yang kita bayangkan. Namun hal itu tidak berarti kita tidak bisa melakukan hal itu sendiri. Cara paling mudah adalah dengan membersihkan jok menggunakan lap kering, sikat gigi, atau dengan penyedot debu khusus serta cairan pembersih jok bus. Bersihkanlah jok secara rutin, agar selalu bersih dan terawat.

3. Bersihkanlah dashboard bus

Dashboard merupakan bagian yang paling tampak dari luar. Sebab hal itu maka untuk membuatnya tetap bersih, gunakanlah bulu ayam atau kuas atau alat lainnya yang dapat memberishkan debu. Kita harus mengerjakannya dengan telaten bagian per bagiannya, termasuk pada lubang tempat keluarnya AC, Anda juga harus rutin membersihkannya. Setelah dashboard kita selesai membersihkannya, kemudian oleskan sedikit biopolish leather care agar permukaan dashboard kita aman saat terterpa sinar matahari, tidak mudah kering dan mengelupas.

4. Bersihkan langit-langit bus!

Bagian langit-langit pada kabin bus cenderung menyimpan debu. Terutama jika digunakan dalam pemakaian sehari-hari. Untuk membersihkan langit-langit sebaiknya kita gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air sabun cuci khusus untuk hal itu. Tetapi ingat, lap tidak boleh terlalu basah, hal itu agar langit-langit tidak lembab dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Kemudian setelah itu sesaikanlah pekerjaan menggunakan lap kering untuk meresap sisa-sisa air dan kotoran.

Baca Juga: Tips Aman Mengendarai Bus Pariwisata Saat Hujan (2)

5. Gunakanlah karpet

Untuk bagian alas dari kabin bus, sebaiknya kita menggunakan karpet, terlebih bila menggunakan yang berkualitas baik.

Biasanya karpet yang baik itu terbuat dari karet sintetis. Kotoran yang menempel seperti pasir, tanah, sampai noda akan dengan mudah dibersihkan dengan cara mencucinya menggunakan sabun cuci bus, kemudian dijemur.

Bus yang terlihat bersih dan rapih, sudah barang tentu akan membuat pemilik bus merasa bangga dan tentunya dapat menarik penyewa. Terlebih bila banyak orang yang memberikan pujian dan kagum pada kondisi tersebut, tentu hal itu akan menambah rasa bangga dan PD kita, serta penyewa akan menyewa kembali dilain waktu.

Lebih jauh lagi, kondisi bus yang demikian tentu akan menjadikan kita semakin merasa perlu untuk melakukan perawatan dan akan lebih telaten lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here