Beranda Mobil Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi Bagi Pemula

Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi Bagi Pemula

0
Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi Agar Mudik Makin Lancar

Tips mudik dengan mobil pribadi ini sangat berguna ketika nanti Anda ingin melakukan mudik ke daerah asal. Mudik biasanya dilakukan ketika hari libur panjang tiba. Orang-orang yang merantau ke kota-kota besar pulang ke daerah asalnya untuk bertemu keluarga. Tradisi mudik ini juga menjadi ciri khas dari negara Indonesia. Apalagi ketika libur lebaran tiba, gelombang pemudik akan sangat tinggi.

5 Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi

Biasanya mudik ditempuh dengan jarak yang cukup jauh. Karena itulah butuh tips dan persiapan sebelum melakukan mudik. Tips ini akan membantumu agar perjalanan mudik makin lancar. Yuk simak tipsnya!

Baca Juga: Tips Naik Bus Pariwisata Dengan Aman dan Nyaman

Periksa Kondisi Mobil

Tips mudik yang pertama dan terpenting adalah memeriksa kondisi kendaraan. Sebelum berangkat mudik, alangkah baiknya Anda mengecek kondisi mesin mobil terlebih dahulu. Setelah itu cek kembali kondisi ban mobil, apakah sudah cukup angin atau belum. Begitu pula dengan rem mobil, apakah bekerja dengan baik atau tidak.

Baca Juga: Tips Memilih Sewa Mobil Untuk Liburan Yang Menyenangkan

Jika Anda mengabaikan kondisi mobil karena tidak mengeceknya, maka efeknya akan sangat berbahaya. Banyak kejadian kecelakaan lalu lintas yang disebabkan karena rem blong maupun masalah mobil lainnya. Apalagi Anda akan menempuh perjalanan mudik, pasti tidak akan menyenangkan jika tiba-tiba di tengah jalan mesin mobil mati.

Hindari Penumpang atau Barang Bawaan Berlebihan

Tips mudik yang kedua adalah perhatikan penumpang dan barang bawaan. Jangan sampai Anda mengangkut penumpang berlebih. Apalagi ketika mudik, biasanya orang akan membawa bawaan lebih banyak. Tidak jarang kan banyak orang yang terlalu banyak membawa barang bawaan yang akibatnya menyusahkan dirinya sendiri ketika dijalan.

Baca Juga: Sewa Mobil Jogja: Murah dan Tanpa Syarat

Untuk itu, sebainya Anda membawa barang yang pas gi bagasi mobil saja. Sehingga perjalanan mudik Anda pun akan lebih aman. Jika memang Anda ingin membawa barang bawaan banyak ke daerah asal, Anda bisa memanfaatkan ekspedisi pengiriman barang. Itu akan jauh lebih aman!

Baca Juga: Daftar Harga Sewa Mobil di Malang

Istirahat Saat Kelelahan dan Mengantuk

Tips yang ketiga adalah istirahat ketika kelelahan dan mengantuk. Karena Anda menempuh perjalanan jauh, maka wajar jika di jalan merasa lelah dan mengantuk. Itu adalah hal yang wajar. Namun akan berbahaya jika Anda tetap memaksakan mengemudi dan tidak beristirahan.

Baca Juga: Daftar Harga Sewa Mobil Murah di Surabaya

Jika Anda sudah merasakan lelah dan mengantuk, sebaiknya berhenti dulu di rest area terdekat. Namun jika tidak menemukannya, maka Anda bisa berhenti di pinggir jalan dan beristirahat sebentar sekitar 10-20 menit. Itu sudah cukup untuk mengobati lelah dan mengantuk

Jangan Lupa Bawa E-money

Tips yang ke empat adalah jangan lupa membawa e-money dan mengisi saldonya. Perjalanan jauh ke daerah asal pasti akan lebih cepat dicapai jika menggunakan jalur tol. Namun sekarang ini, kendaraan yang lewat tol harus menggunakan e-money untuk metode pembayaran.

Seringkali orang lupa membawa e-money dan itu sangat menyusahkan ketika akan membayar tol. Maka dari itu, harus selalu ingat untuk membawa e-money dan mengisi saldonya.

Aktifkan GPS

Tips yang kelima adalah aktifkan GPS. Ini berfungsi jika Anda lupa jalan menuju ke daerah asal. GPS ini juga bisa memantau titik-titik jalan mana yang sedang terjadi kemacetan. Sehingga Anda bisa menghindari kemacetan. Dengan GPS pun Anda bisa mengetahui lokasi terdekat seperti, lokasi rest area hingga lokasi ATM terdekat.

Itulah beberapa Tips mudik dengan mobil pribadi yang bisa Anda ikuti. Sehingga perjalanan mudik bisa lebih lancar dan semakin menyenangkan. Selamat mudik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here