MobilSpesifikasi MobilTips Mobil

Tips Memilih Ban Mobil Yang Benar!

Memilih Ban Mobil yang bagus dan berkualitas adalah hal yang penting. Ini karena Ban mempunyai peran yang juga penting pada mobil. Berfungsi sebagai penopang utama berat mobil juga roda untuk berjalan.

Terbuat dari bahan karet, ban yang benar dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan.

Instagram.com/angris_wheel

Memilih ban mobil perlu pemahaman yang baik oleh banyak masyarakat dengan sesuai dan benar. Tidak sedikit yang memilih ban dengan sembarangan karena tertarik harga yang murah.

Berikut ini beberapa cara yang harus Anda perhatikan ketika memilih ban untuk mobil.

Daftar Isi :

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hal yang pertama yan harus Anda perhatikan yaitu menyesuaikan kebutuhan pada mobil masing-masing. Untuk pengguna mobil SUV misalnya, ketika lebih sering melewati jalan dengan aspal mulus disarankan menggunakan ban tipe Highway Terrain (HT). Ban jenis ini mempunyai tapak yang membuat grip di aspal lebih baik.

Memilih ban mobil yang sesuai dengan mobil
Instagram.com/dynamitewheels

Berbeda dengan kontur jalan lumpur, bisa menggunakan ban dengan jenis Mud Terrain (MT). Dan untuk melibas jalan yang berbatu kami menyarankan menggunakan ban dengan jenis All Terrain (AT).

Maka dari itu sangat penting menyesuaikan kebutuhan masing-masing mobil. Sebab setiap ban mobil memiliki performa, kenyamanan dan karakter yang berbeda-beda.

Mengecek Pola Tapak Ban

Dengan kontur jalan yang berbeda-beda, usahakan juga memilih ban dengan tapak yang sesuai kebutuhan.

Ketika lebih banyak melewati jalanan licin, maka pilih ban yang tapak atau kembangannya dapat membuang air lebih banyak. Sehingga hindari memilih ban dengan tapak yang besar-besar.

Akan tetapi ketika lebih suka memacu kendaraan dapat memilih ban dengan tapak yang lebih sedikit.

Baca Juga :  Ban Mobil SUV, Kenali Jenisnya dan Tips Memilihnya!

Cek Ketebalan Ban Mobil

Cara melihat ketebalan ban mobil yaitu dari kode yang terdapat pada belakang ukuran tapak ban. Misalnya, ban yang Anda gunakan mempunyai ukuran 185/55 ring 15 inci.

Apabila sudah melihat angka tersebut, maka ketebalan ban yang digunakan merupakan 2 angka yang ada di belakang, yakni 55. Angka 55. Artinya ban tersebut mempunyai ketebalan 55 mm. Selain itu bisa dengan melihat stiker rekomendasi ukuran yang tertempel di mobil. Petunjuk ukuran ban biasanya menempel di dekat jok pengemudi juga tekanan angin yang terekomendasi.

Selanjutnya apabila mengganti ban dengan yang baru, usahakan memilih ban dengan ketebalan yang sama supaya tidak terlalu besar ataupun kekecilan.

Mengetahui Tahun Pembuatan

Tahun produksi ban bisa dilihat lewat kode yang tertulis pada dinding ban mobil. Kode tersebut biasanya bermulai dari pekan pembuatan dan berakhir dengan tahun pembuatan. Ketika kode yang tertulis adalah 3723, maka ban tersebut dibuat di pekan ke-37 pada tahun 2023.

Jadi usahakan memilih ban yang belum lama dari waktu produksi atau masih baru.

Baca Juga :  Tips Mengetahui Mobil Yang Terawat dari Kondisi Cat
Instagram.com/inti_jaya_ban

Memilih Merek Ban Mobil dengan Reputasi Baik

Ada banyak sekali merek yang beredar di pasaran. Harganya pun sangat bervariasi. Tersedia mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal.

Jangan sampai tergiur dengan harga murah dari ban yang belum teruji kualitas dan performanya. Dan Lebih baik memilih ban dari merek yang sudah banyak dipakai oleh para pengguna kendaraan lainnya.

Ketika belum mengetahui berbagai macam merek ban mobil, bisa bertanya kepada penjual ban atau dengan teman yang sudah sering memakai berbagai jenis ban.

Beberapa hal di atas adalah tips memilih ban mobil yang bisa Anda ketahui dengan mudah dan dapat menambah wawasan tentang memilih ban.

 

 

Mazida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com menyediakan sewa bus jogja murah.