Mobil

5 Keunggulan Mobil Hybrid, Termasuk Punya Nilai Jual Kembali

Keunggulan Mobil Hybrid – Mobil listrik dan hybrid menjadi dua jenis kendaraan yang semakin populer di Indonesia belakangan ini. Popularitas keduanya didorong oleh meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya lingkungan dan pentingnya efisien bahan bakar.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik berbasis baterai (BEV) di Indonesia mencapai 1.857 unit pada September 2023, sementara penjualan mobil hybrid (HEV) mencapai 5.026 unit.

Dengan peningkatan penjualan mobil hybrid yang terlihat di Indonesia, ini menjadi indikasi positif bagi pertumbuhan dan penerimaan mobil ramah lingkungan di pasar lokal. Selain memiliki fokus lingkungan yang baik, kendaraan hybrid juga menarik minat masyarakat karena memiliki sejumlah keunggulan. Apa saja keunggulannya? Simak selengkapnya berikut ini.

Daftar Isi :

Apa itu Mobil Hybrid

Mobil hybrid mempunyai peran sebagai penghubung antara kendaraan konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak dan mobil listrik. Konsepnya yaitu menggabungkan dua mesin penggerak: motor listrik dan mesin bensin atau diesel, yang bekerja bersama untuk mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan mobil non-hybrid.

Secara teknis, mobil hybrid adalah kendaraan yang dilengkapi dengan dua jenis mesin penggerak: mesin bensin konvensional dan motor listrik. Kedua mesin ini dapat bekerja secara bergantian tergantung pada kondisi penggunaan. Contohnya, saat berjalan dengan kecepatan rendah, mobil hybrid menggunakan motor listrik sebagai sumber daya utamanya. Ketika baterai motor listrik habis, sistem kendaraan akan secara otomatis beralih ke mesin bensin atau diesel.

Di Indonesia, beberapa produsen otomotif seperti Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, dan Mitsubishi telah menghadirkan berbagai varian mobil hybrid. Model-model ini ada sedan, SUV, dan MPV dengan teknologi canggih yang memanfaatkan tenaga baterai untuk menggerakkan sistem kelistrikan seperti power window, audio, dan AC.

Contoh mobil hybrid yang sudah tersedia di pasar Indonesia ada Toyota Alphard Hybrid, Suzuki Ertiga Hybrid, Toyota Camry Hybrid, Mitsubishi Outlander PHEV, dan Toyota Altis Hybrid. Salah satu yang paling terjangkau adalah Suzuki Ertiga Hybrid, yang mempunyai berbagai varian dengan harga mulai dari Rp 270,3 juta hingga Rp 292,3 juta.

Cara Kerja Mobil Hybrid

Mobil hybrid bekerja dengan cara yang unik untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan jarak tempuhnya di bandingkan dengan mobil non-hybrid atau mobil listrik. Saat berada dalam kecepatan rendah atau dalam kemacetan, motor listrik bertanggung jawab untuk memutar roda kendaraan. Namun, saat akselerasi di mulai, peran utama beralih ke mesin bensin yang membantu memutar roda.

Pada kecepatan menengah, motor listrik dan mesin bensin bekerja bersama-sama untuk menggerakkan kendaraan, mengurangi konsumsi bahan bakar mesin bensin secara signifikan. Dengan cara ini, mobil hybrid mengoptimalkan penggunaan dua sumber energi yang berbeda untuk mencapai keseimbangan antara efisiensi dan performa saat di gunakan.

5 Keunggulan Mobil Hybrid

Selanjutnya apa keunggulan mobil hybrid ini? Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki mobil hybrid saat digunakan:

Baca Juga :  Spesifikasi Suzuki New XL7 Hybrid, Berikut Harga OTR

Fleksibel Sesuai Kebutuhan

Keunggulan utama mobil hybrid adalah fleksibilitasnya dalam memilih mode penggerak antara tenaga motor listrik atau mesin bensin. Pemilik mobil memiliki opsi untuk menggunakan tenaga dari motor listrik saja atau mengaktifkan mesin bensin sesuai dengan kebutuhan selama perjalanan.

Hal ini memungkinkan pemilik mobil untuk menyesuaikan penggunaan energi kendaraan sesuai dengan kondisi jalan dan kebutuhan pribadi mereka, meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar selama perjalanan.

Konsumsi Bahan Bakar Sangat Efisien

Salah satu keunggulan yang menonjol dari penggunaan mobil hybrid selanjutnya yaitu konsumsi bahan bakar yang sangat efisien. Seperti telah di jelaskan sebelumnya, mobil ini mampu menghemat bahan bakar dengan cara yang signifikan. Terutama saat berada dalam kondisi kecepatan rendah atau terjebak dalam kemacetan. Pada saat seperti itu, mobil menggunakan motor listrik yang di suplai oleh baterai sebagai sumber utama tenaga. Yang mana secara otomatis menghentikan mesin bensin untuk mengurangi konsumsi bahan bakar.

Selama perjalanan, saat baterai hampir habis, sistem mobil hybrid secara otomatis akan mengaktifkan mesin bensin untuk mengisi daya baterai kembali. Proses ini terjadi tanpa memerlukan intervensi pemilik mobil untuk mengisi bahan bakar atau mengisi daya baterai secara manual. Sehingga menjadikan perjalanan lebih praktis dan efisien dari segi penggunaan energi.

Baca Juga :  Berikut Daftar Mobil Terbaru 2023 Di Tanah Air Januari-Mei, Tertarik Yang Mana?

Optimal Pengisian Daya

Pengisian daya baterai pada kendaraan hybrid dapat dilakukan melalui dua metode utama. Pertama, mesin bensin akan secara otomatis mengisi baterai ketika mulai kehabisan energi. Metode kedua menggunakan sistem pengereman regeneratif, di mana energi kinetik yang dihasilkan saat pengereman akan dikonversi menjadi energi listrik. Kemudian disimpan kembali ke dalam baterai.

Pengereman regeneratif ini efektif terutama saat mobil sedang melaju di atas kecepatan 40 km/jam. Seperti saat menghadapi jalan menurun atau melakukan pengereman mendadak di kecepatan tinggi. Proses ini memungkinkan mobil hybrid untuk memanfaatkan energi yang sebelumnya terbuang untuk mengoptimalkan pengisian daya baterai secara efisien.

Ramah Lingkungan

Mobil dengan teknologi hybrid memberikan kontribusi nyata terhadap lingkungan yang lebih bersih, terutama saat menggunakan mode EV atau motor listrik secara penuh. Ketika berada dalam situasi seperti kemacetan atau menunggu di lampu merah, sistem mobil hybrid akan secara otomatis mati. Hal ini menghasilkan emisi yang nol atau bahkan tidak ada emisi sama sekali pada saat itu.

Baca Juga :  Spesifikasi Hyundai Creta Terbaru

Nilai Jual Kembali Masih Tinggi

Efisiensi konsumsi bahan bakar yang di tawarkan oleh mobil hybrid memiliki dampak positif jangka panjang, yaitu meningkatkan nilai jual kembali atau resale value yang menguntungkan. Di Indonesia, masih banyak minat dari konsumen untuk membeli mobil hybrid bekas, karena mereka menghargai teknologi canggih ini serta potensi hemat biaya bahan bakarnya.

Hal ini membuat mobil hybrid menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang mempertimbangkan aspek nilai investasi jangka panjang dan efisiensi penggunaan energi selama masa pemilikannya.

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com sewa bus pariwisata jogja terbaik.