MobilSpesifikasi MobilTips Mobil

Ban Mobil SUV, Kenali Jenisnya dan Tips Memilihnya!

Beberapa tahun ke belakang banyak konsumen tanah air yang menjatuhkan pilihan untuk membeli mobil SUV. Banyak yang mengatakan mobil ini memiliki ketangguhan untuk melintasi berbagai medan.

Melihat angka pertumbuhan penjualan tersebut, hampir setiap merek mobil yang beroperasi di Indonesia memiliki daftar tipe SUV.

Ban mobil SUV ini sebenarnya sudah terancang secara khusus. Salah satu alasannya adalah ukuran ban yang lebih besar berbanding dengan mobil lain. Ada banyak jenis dan bentuk ban SUV yang beredar di pasaran saat ini. Beberapa merek juga menawarkan produk ban terbaru khususnya SUV.

Berikut ini ban yang biasa Anda pakai untuk mobil SUV:

Ban Segala Medan

Ban yang cukup sering mobil SUV pakai yaitu ban all terrain (AT) atau sebutannya ban segala medan.

Ban mobil SUV
Instagram.com/autostyleindo

Jenis ini cocok untuk mereka yang sesekali melewati jalan berbatu meski lebih sering melewati jalanan aspal.

Ban AT (all terrain) tampil dengan tapak yang sedikit lebih kasar dan agak renggang dan memiliki side wall yang lebih keras. Tujuannya untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara ketika melewati medan berbatu yang tidak terlalu parah. Bahan ban jenis AT ini umumnya terbuat dengan sedikit lebih keras.

Ban Aspal

Ban HT hampir sama dengan ban sedan pada umumnya. Akan tetapi ukurannya sedikit lebih besar.

Ban aspal atau biasa kita kenal highway terrain (HT) pada umumnya digunakan SUV perkotaan yang setiap harinya memang melalui jalan beraspal.

Banyak yang mengira ban jenis ini kurang enak saat dalam penggunaan, sebab tampilannya yang tidak begitu macho. Padahal ban jenis ini tentunya akan menambah kenyamanan berkendara dan punya handling yang cukup baik.

Baca Juga :  Kebiasaan-Kebiasaan yang Membuat Mesin Mobil Cepat Rusak

Ban Off-road atau Lumpur

Ban jenis ini punya tapak yang sangat berbeda berbanding dengan ban lainnya.

Ban Mobil SUV untuk mobil off-road
Instagram.com/majalahjip

Teruntuk para pengemar kegiatan adventure atau off-road, ban ini cocok digunakan yaitu mud terrain (MT).

Tapak pada ban MT ini terbuat dengan lebih besar dan kasar supaya dapat memberikan traksi pada jalan tanah dan berlumpur. Tujuannya mobil tetap bisa terkendali dengan mudah.

Akan tetapi sayangnya mobil jenis ini kurang cocok untuk digunakan harian karena menimbulkan suara bising yang cukup keras pada saat mobil melaju di atas jalan beraspal.

Ban Performa

Ban lainnya yang masih jarang banyak orang ketahui yaitu ban jenis performa untuk SUV. Jenis ini memang terancang untuk memenuhi kebutuhan SUV yang menopang mesin buas.

Mobil dengan mesin performa tinggi kurang cocok dipasangkan ban berjenis lumpur.

ban mobil SUV cocok di segala cuaca
Instagram.com/ildar_project

Di antaranya seperti Range Rover, Porsche Cayenne, Lamborghini Urus, Mercedes-Benz GLS, Mercedes-Benz G63, Jaguar F-Pace, dan BMW X5.

Umumnya ban performa untuk jenis mobil SUV seperti ini sudah lengkap dengan material soft compound. Dengan tujuan ban tersebut dapat memberikan akselerasi, pengereman, dan juga handling yang baik

Baca Juga :  Tips Memilih Ban Mobil Yang Benar!

Ban performa tinggi ini lebih cepat habis ketika sering pengguna gunakan sebab ban jenis ini pastinya mempunyai daya cengkeram aspal yang sangat baik.

Tips Memilih Ban Mobil SUV

Yang pertama harus kita perhatikan yaitu menyesuaikan dahulu dengan kondisi jalan yang setiap hari lalui. Pemilihan yang salah dengan kondisi jalan tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara.

Kemudian pilih ply rating atau lapisan kawat yang ada pada setiap ban. Ply rating ini akan menentukan kemampuan dan kecocokan ban yang akan pengguna gunakan.

Perlu Anda ketahui juga apabila tekanan angin pada ban SUV berbeda dari mobil lainnya. Mobil sedan direkomendasikan di 34 psi, dan ban untuk SUV bisa di-isi dengan tekanan yang lebih sedikit yaitu di angka 31 atau 32 psi untuk jalanan aspal. Hal ini bertujuan ban tersebut tidak terlalu keras pada saat melewati jalan yang rusak.

Berbeda ketika yang dihadapi jalan berlumpur. Disarankan untuk menurunkan tekanan angin pada kisaran 15-20 psi saja, tujuannya mobil bisa mendapatkan traksi yang lebih baik pada saat menghadapi medan berlumpur ataupun tanah.

Baca Juga :  Servis Mobil Sebelum Mudik? 5 Bagian Ini Wajib Diperiksa!

Pada intinya tidak semua ban cocok untuk mobil SUV akan tetapi yang utama adalah memperhatikan kebutuhan pemakaiannya.

 

 

 

 

 

Baca juga konten kami di:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles