Beranda Bus Pariwisata Tetap Nyaman Naik Bus Pariwisata di Saat Hamil

Tetap Nyaman Naik Bus Pariwisata di Saat Hamil

0

Kehamilan merupakan dambaan setiap wanita, khusunya yang telah menikah. Saat hamil bukan berarti semua aktifitas harus terhenti, harus berdiam diri saja di rumah. Wanita hamil tetap bisa beraktifitas seperti biasanya, asalkan tahu akan porsi dan mampu menjaga si kecil yang ada diperutnya.

Baca Juga: Sewa Bus Jogja Genjos Holiday

Ibu hamil pada trimester pertama dan ketiga akan memerlukan perhatian ekstra. Di masa-masa ini bepergian menjadi terasa kurang nyaman bagi. Maka, pada masa ini bus bisa menjadi pilihan untuk bepergian. Dilihat dari statistik, perjalanan menggunakan bus lebih aman bila dibandingkan dengan mobil.

Saat menggunakan bus Anda lebih rileks sebab tidak perlu mengemudi. Fasilitas yang disediakan akan membuat perjalanan terasa lebih nyaman seperti bantal yang tersedia di tempat duduk, AC, televisi, bahkan kamar kecil.

Namun, perjalanan menggunakan bus terkadang terasa kurang nyaman, sesak, dan berisik, sehingga untuk wanita hamil tentunya kurang ideal. Anda akan sulit bangkit dari posisi duduk serta bergerak dengan bebas dan aman. Keadaan semacam ini bisa berpotensi membuat Anda mengalami pembekuan pada darah dan varises. Tidur dengan posisi duduk tegak juga tidaklah nyaman. Suhu di dalam bus pun dapat berubah-ubah, dari yang tadinya dingin menjadi panas dan sebaliknya. Bila ingin membeli makanan, Anda hanya dapat melakukannya saat bus berhenti di pom bensin atau rest area. Kamar kecil yang tersedia juga terkadang kurang terjaga kebersihannya. Guncangan akan sangat terasa ketika bus bergerak, ditambah lagi tidak tersedianya sabuk pengaman bagi penumpang sehingga Anda dapat beresiko tinggi saat terjadi kecelakaan.

Maka, kali ini tim Genjos Holiday akan membahas tentang: Tips Nyaman Traveling Dengan Bus

Bagi wanita hamil, ketika merencanakan perjalanan, usahakan menggunakan bus yang tidak terlalu sering berhenti di jalan. Jangan lupa membawa cemilan serta air minum sendiri.

Baca Juga: Tips Naik Bus Pariwisata Bersama Balita

Pisahkanlah keperluan yang Anda butuhkan dan masukkan tas tas yang tidak terlalu besar, sebab barang bawaan Anda akan diletakkan di bagasi bagian bawah bus. Berikut hal-hal yang perlu Anda bawa dan masukan tas:

• Kantong plastik, untuk antisipasi jika Anda mabuk saat perjalanan

• Kaca mata gelap atau penutup mata ketika tidur

• Tisu

• Handuk kecil

• Bantal leher dan punggung

• Music player

• Buku bacaan

• Penutup telinga

• Sikat gigi

Kemudian, letakkan tas di sebelah Anda atau di bawah tempat duduk. Dengan begitu Anda tidak usah lagi berdiri untuk mengambil barang yang dibutuhkan pada tempat penyimpanan barang di atas kepala ketika bus bergerak. Anda juga dapat memanfaatkan tas tersebut untuk pengganjal kaki untuk mengurangi bengkak. Bus terkadang terlalu panas bahkan terlalu dingin, jadi alangkah baiknya bila Anda mengenakan pakaian berlapis dan membawa selimut kecil untuk jaga-jaga.

Pilihlah tempat duduk pada bagian lorong agar Anda tidak perlu melewati penumpang di samping Anda ketika ingin ke kamar kecil. Hindari juga duduk di barisan depan, sebab ada resiko benturan saat tidak menggunakan sabuk pengaman. Bila tempat duduk di samping Anda kosong,maka Anda bebas melakukan perenggangan. Angkatlah kaki Anda atau berbaringlah dan beristirahat ketika memungkinkan. Saat pemberhentian bus, manfaatkanlah untuk menggunakan kamar kecil.

Selain tips di atas, ada beberapa tips lagi yang bisa Anda praktikan berikut:

• Minumlah banyak cairan, makan cemilan

• sebisa mungkin gunakanlah kamar kecil

• Bawalah buku kontrol kehamilan kemana pun Anda pergi. Sebab, informasi di buku ini mungkin dibutuhkan bila Anda harus berkonsultasi dengan dokter lain saat bepergian

• Bawa nomor kontak dokter atau rumah sakit untuk berjaga-jaga ketika perlu menelpon saat berada di jalan.

• Persiapkan bantal kecil di punggung sebagai penopang, bila Anda mengalami nyeri pada punggung bagian bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here