Taman Pintar Jogja, Tempat Bermain Sambil Belajar

taman pintar jogja

Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu wisata pendidikan atau wisata edukasi paling ramai dikunjungi wisatawan anak maupun dewasa di Yogyakarta.  Rasanya belum lengkap bila mengunjungi kota Yogyakarta tidak menyempatkan diri bermain ke Taman Pintar  Yogyakarta bersama keluarga dan anak-anak. Pada bangunannya menampilkan nuansa modern dan tradisional yang mempunyai keindahan tersendiri.

Taman ini menawarkan wahana belajar dan rekreasi yang cukup lengkap untuk anak-anak, baik usia pra sekolah sampai tingkat sekolah menengah. Pada rentang usia tersebut merupakan generasi penerus yang potensial mendapat pencerahan belajar ilmu dann tekhnologi (iptek)

Taman Pintar didirikan atas gagasan dari Walikota Yogyakarta Herry Zudianto SE, Akt, MM yang selanjutnya dibangun diatas tanah seluas 12.000 m2. Wisatawan yang masuk ke taman ini bisa langsung mencoba dan menyaksikan hasil karya dari sebuah inovasi dan teknologi dan permainan yang sangat menarik dan banyak bermuatan edukasi pagi anak-anak.

Terbentuknya taman pintar Yogyakarta  semacam ini sebelumnya terinspirasi dari berdirinya pusar peragaan iptek yang sudah ada sebelumnya yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta yang selanjutnya menjadi contoh untuk pengembangan di daerah lain. Di Yogyakarta dengan Taman Pintarnya, dan di Jawa Timur dengan Jawa Timur Parknya dan semoga segera menyusul daerah lain untuk membangun tempat wisata berorientasi pendidikan untuk anak-anak.

Taman yang dibangun tahun 2006 dan diresmikan tahun2007 oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X bersama dua menteri yaitu Menteri Riset dan Tekhnologi ( Menristek ), Kusmayanto Kadiman, P.h.D dan menteri Pendidikan Nasional ( Mendiknas ), Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA.

Taman ini menawarkan model edukasi atau pembelajaran yang memadukan konsep pendidikan dan permainan dengan media yang menarik sehingga dapat merangsang keingintahuan anak dan memancing kreativitas anak terhadap iptek.

Sejarah Taman Pintar Yogyakarta

taman ini memiliki maskot atau icon yaitu “ Burung Hantu Memakai Blangkon“. Burung hantu diartikan sebagai burung yang memiliki kepekaan yang tinggi, sanggup merasakan dan mempelajari keadaan alam dan lingkungan yang ada disekitarnya. Sedangkan Blangkon adalah salah satu ciri khas atau pakaian adat laki-laki dari yogyakarta .

Motto yang dipakai taman ini diambil dari ajaran Ki Hadjar Dewantara yaitu : 3 N : Niteni (mengingat/memahami), Nirokake (menirukan) dan Nambahi (mengembangkan). Dalam relevansinya dengan proses belajar ilmu pengetahuan dan tekhnologi mengacu pada konsep 3 A yaitu : Adopt, Adapt dan Advance.

Taman Pintar berisi materi yang terbagi menurut kelompok usia dan penekanan materi. Untuk kelompok usia dibagi lagi menjadi tingkat pra sekolah, taman kanak-kanak, sekolah dasar sampai sekolah menegah. Sedangkan untuk penekanan materinya disampaikan dalam bentuk interaksi antara pengunjung dengan materi yang disampaikan melalui bentuk anjungan yang ada seperti : anjungan pengenalan, anjungan pengenalan ilmu-ilmu dasar, anjungan permainan dan anjungan penerapan iptek.

Konsep pembelajaran yang dipakai pada taman ini garis besarnya bertujuan untuk meningkatkan mutu penguasaan materi pendidikan yang diberikan di sekolah ditengah menurunnya minat baca dari masyarakat dan anak-anak pada khususnya.

Taman pintar sebagai kawasan yang terpadu dari berbagai macam wahana belajar dalam satu lokasi merupakan keistimewaan tersendiri sehingga Taman Pintar ini sekarang sudah menjadi tempat wisata favorit dan menjadi ikon wisata pendidikan di Yogyakarta.

Taman pintar yogyakarta ini memiliki 6 zona antara lain :

  • Gedung yang bernama Memorabilia
  • Gedung Kotak lantai 2
  • Gedung Oval lantai 2
  • Gedung oval lantai 1
  • Gedung Paud barat
  • Playground Area.

Zona-zona tersebut mempunyai beberpa wahana tersendiri seperti Taman Bermain, Penjelajah Kecil, Titian Penemuan, Petualangan Lingkungan, Jembatan Sains, Titian Sains, Indonesiaku, Tekhnologi canggih dan Populer.

Fasilitas Taman Pintar Yogyakarta

Secara garis besar, Taman Pintar mempunyai 9 wahana utama, antara lain Wahana Bahari, Playground, Kampung Kerajinan, Planetarium, Science Theater, Zona Perpustakaan Taman Pintar, Gedung Paud, Gedung Oval, dan Gedung Kotak.

Di dalam setiap wahana tersebut, khususnya Gedung Oval dan Gedung Kotak, berisi puluhan zona tentang ilmu pengetahuan, teknologi, sains, kesehatan, sosial politik, seni, hingga budaya.

Berikut beberapa wisata atau wahana yang dapat anda gunakan di taman pintar Yogyakarta :

1. Wahana Bahari

Wahana ini berupa kolam air yang berfungsi seperti sungai / danau dimana anak-anak dapat menaiki perahu kecil di atasnya. Sebaiknya Anda tetap mengawasi si kecil saat naik perahu dari luar pagar pembatas untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Playground

Ilustrasi wahana dinding berdendang di area Playground (Foto : tamanpintar.co.id)

Taman Pintar dikenal sebagai salah satu tempat wisata anak di Jogja yang bagus untuk dikunjungi. Di sini, Anda akan menemukan area playground berisi berbagai wahana permainan sains seru untuk anak-anak.

Wahana tersebut antara lain Pipa Bercerita, Dinding Berdendang, Katrol, Air Menari, Gong Perdamaian, Koridor Air, dan lainnya. Asiknya lagi, untuk bermain di playground, Anda tak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

3. Kampung Kerajinan

Sesuai namanya, Kampung Kerajinan menyuguhkan beberapa zona tentang proses pembuatan barang-barang kerajinan tradisional. Ada 4 buah zona, yaitu Kreasi Batik, Kreasi Gerabah, Lukis Gerabah, dan Lukis Kaos.

Dengan membayar tiket masuk sekitar 10 – 35 ribu rupiah, anak-anak bisa praktek membuat gerabah, membatik, atau pun melukis kaos. Asyik bukan?

4. Planetarium

Buat Anda penyuka ilmu perbintangan atau astronomi, wajib deh berkunjung ke wahana Planetarium Taman Pintar. Gak kalah keren dengan Planetarium Jakarta atau pun Observatorium Bosscha Bandung, di sini Anda bisa melihat simulasi benda-benda langit.

Hal unik di Planetarium Taman Pintar adalah pertunjukkan simulasi suasana langit kota Yogyakarta saat malam hari, lengkap dengan bermacam-macam benda angkasa dan susunan bintang. Ada juga pemutaran film tentang perjalanan manusia di Bulan.

Planetarium memiliki media kubah berbentuk setengah lingkaran dengan kursi penonton yang bisa direbahkan, sehingga Anda bisa menyaksikan seluruh pertunjukan dengan nyaman. Ajaklah buah hati Anda ke Planetarium untuk mengenal ilmu pengetahuan alam dan ciptaan Tuhan yang begitu mengagumkan.

5. Science Theater

Wahana Science Theater berupa gedung audiovisual dengan kapasitas 50 – 60 orang. Gedung ini biasanya digunakan untuk pemutaran film sains dan pertunjukan demo sains. Lokasi / letak Science Theater berada di sebelah Perpustakaan Taman Pintar atau area barat Taman Pintar.

6. Zona Perpustakaan Taman Pintar

Perpustakaan Taman Pintar Jogja memiliki desain unik, luas, dan nyaman. Koleksi buku perpustakaan ini cukup beragam dan tersedia beberapa komputer untuk mengakses Ensiklotepi pengetahuan sains berbentuk film animasi. Ada juga pertunjukan panggung boneka di sini yang diselenggarakan seminggu sekali.

7. Gedung Paud

Dalam Taman Pintar, terdapat 2 buah gedung PAUD yaitu PAUD Barat dan PAUD Timur. Kedua gedung tersebut menawarkan alat peraga pendidikan interaktif khusus untuk anak-anak usia 2 hingga 7 tahun. Pada zona ini anak-anak akan dikenalkan dengan pengetahuan sains dan teknologi tanpa meninggalkan konsep bermain.

Kabarnya, ada pemandunya juga lho di sini. Pemandunya merupakan orang pilihan yang memahami konsep perkembangan anak usia dini dan komunikatif serta peduli pada anak. Zona PAUD Barat terdiri atas alat peraga Sains, Teknologi, Religi, Budaya, Ruang Profesi, dan Perpustakaan. Sedangkan PAUD Timur berisi tentang Flora, Fauna, Komputer Kids, Puzzle, Pertunjukan, serta Petualangan.

8. Gedung Oval

Gedung Oval mempunyai banyak alat peraga yang berhubungan dengan sains. Di sini ada sekitar 8 zona, antara lain Aquarium Air Tawar, Kehidupan Purba, Terowongan Ilusi, Zona Generator Van De Graaf, Dome Area, Tata Surya, Generator Pedal, dan zona Cuaca, Iklim & Gempa Bumi.

9. Gedung Kotak

Gedung Kotak terletak di sebelah Gedung Oval. Untuk memasukinya, Anda harus melalui Gedung Oval dan tiket masuknya sudah menjadi satu untuk kedua gedung tersebut. Tak kalah bagus dengan Gedung Oval, Gedung Kotak juga punya banyak wahana pengetahuan yang kece badai.

Wahana dalam Gedung Kotak terdiri sekitar 17 zona, yaitu Teknologi Populer, Lorong Ilusi, Jejak Nutrisi, Sahabat Pemberani KPK, Indonesiaku, Olahraga, SNI, Menara Eiffel, Panas Bumi Geothermal, Air Untuk Kebaikan Hidup, TEPI TV, Dino Adventure dan Teater 4D, Memorabilia, Galeri Pusaka, Nuklir, Hand On Science, serta KPU.

Dengan sajian wahana pendidikan yang begitu beragam, tampaknya Taman Pintar bisa menjadi pilihan tepat sebagai tempat ngabuburit di Jogja saat Ramadhan tiba. Apalagi lokasinya tak terlalu jauh dengan Jalan Malioboro dan Masjid Gedhe Kauman. Sehabis dari sini, Anda bisa langsung mencari takjil di kedua tempat tersebut.

Harga Tiket Masuk Taman Pintar

harga tiket masuk taman pintar

Saat memasuki Taman Pintar, Anda tak akan dikenakan biaya / tarif masuk alias gratis. Namun, untuk menikmati sejumlah wahana di sini, Anda harus membayar tiket masuknya terlebih dahulu. Berikut ini daftar harga tiket masuk wahana Taman Pintar Yogyakarta (NB : Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya!).

Gedung Oval – KotakRp12.000,- (Anak-anak)
Rp20.000,- (Dewasa)
PlanetariumRp22.000,-
Wahana BahariRp4.000,-
Teater 4DRp15.000,- (Anak-anak)
Rp20.000,- (Dewasa)
Dino AdventureRp20.000,- (Anak-anak)
Rp25.000,- (Dewasa)
Hand on ScienceRp10.000,-
BroadcastingRp15.000,-
Kreasi BatikRp13.000,-
Kreasi GabahRp10.000,-
Lukis KaosRp35.000,-
Lukis GerabahRp13.000,-

Alamat Taman Pintar Yogyakarta

Taman yang penuh suasana edukasi yang mengasikan ini beralamatkan di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta

Lokasi dari tempat wisata edukasi yang satu ini sangat mudah untuk dijangkau karena berada di dekat pusat kota Jogja. Lokasinya juga tak begitu jauh dari Kawasan Titik Nol Kilometer, bisa ditempuh jalan kaki.

Oya, Anda jangan sampai keliru hari ya jika akan datang ke sini. Pasalnya, Taman Pintar buka mulai hari Selasa s/d Minggu. Setiap hari Senin, tempat ini tutup untuk perawatan berbagai alat peraga di dalamnya. Jam buka Taman Pintar mulai pukul 08.30 – 16.00 WIB.

Tips Berkunjung ke Taman Pintar

Sebelum Anda datang mengunjungi Taman Pintar Jogja, alangkah baiknya membaca tips wisata dari saya berikut. Hal ini agar liburan Anda bersama keluarga, anak-anak, atau pun teman menjadi lebih lancar dan nyaman.

Mengingat ada banyak sekali wahana di Taman Pintar, maka sebaiknya Anda datang lebih awal agar bisa menjelajahi seluruh wahana permainan yang ada di dalamnya. Selain itu, saat pagi hari kondisi cuaca belum begitu panas sehingga anak-anak bisa main di area playground terbuka dengan nyaman.

Jika Anda datang dalam jumlah rombongan besar (minimal 20 orang) dari Sekolah atau pun Instasi tertentu, maka wajib melakukan pemberitahuan melalui surat resmi kepada Pengelola Taman Pintar.

Hindari datang saat siang hari yang panas, kecuali jika akan mengunjungi Gedung Oval dan Gedung Kotak.

Pakailah pakaian casual sehingga nyaman bergerak dari satu wahana ke wahana lainnya.

Jika datang berdua atau sendirian, sebaiknya pakai motor saja karena parkirnya lebih praktis dan mudah

Bawalah peralatan ibadah (mukena) bagi perempuan muslim

Buat Anda yang berkunjung bersama anak, bawalah kamera bagus untuk mengabadikan moment keceriaan buah hati Anda saat bermain di Taman Pintar

Berdoa sebelum berangkat agar selamat sampai tujuan dan lancar

Itu semua ulasan mengenai taman pintar yogyakarta yang dapat anda gunakan sebagai referensi sebelum anda mengunjunginya. Selamat liburan dan semoga bermanfaat.

Apabila Anda ingin berlibur di Jogja, dan membutuhkan jasa sewa mobil jogja. Anda bisa menggunakan jasa sewa avanza Genjos Holiday, dengan tarifnya yang murah. Sehingga Anda akan lebih menghemat biaya. Silahkan cek tarifnya di : Tarif Sewa Avanza Jogja

×

Butuh Bantuan?

Klik tombol dibawah ini untuk menghubungi bagian reservasi.

×
Scroll to Top