Keindahan Istana Taman Sari Jogja

taman sari

Istana Air Taman Sari Jogja – Yogyakarta dengan sejuta pesona yang ditawarkannya tidak akan selesai jika diulas satu per satu. Mulai dari wisata alam, rekreasi yang bersifat edukatif, hiburan modern, hingga situs bersejarah tersedia di sana.

Wisata murah di Jogja pun sangat banyak tersedia, jadi jangan khawatir tentang kantong anda saat berlibur di kota yang satu ini. Istana Air Taman Sari Jogja merupakan salah satu tempat wisata murah di jogja yang bisa anda kunjungi.

Dengan suara gemericik air dan bangunan kuno khas kerajaan ini membuat wisatawan menjadi tenang dan nyaman berada di tempat wisata ini. Bangunan yang masih berada di komplek keraton ini sering dijadikan destinasi wisatawan lokal maupun mancanegara. Begitu pula wisata Waduk Gajah Mungkur yang telah dibahas dalam artikel sebelumnya.

Sejarah Taman Sari Yogyakarta

taman sari jogja

Sejarah Taman Sari Yogyakarta dimulai dari zaman Sultan Hamengkubuwono I sekitar tahun 1758 kebun ini dibangun, luasnya lebih dari 10 hektar. Kira-kira terdapat 57 bangunan berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau buatan, pulau buatan, dan lorong bawah air.

Taman dengan sebutan awal “The Fragrant Garden” ini dimanfaatkan pada tahun 1765-1812 lokasinya dari barat daya kompleks kedhaton hingga tenggara kompleks magangan. Namunyang tersisa sampai saat ini hanya bangunan istana air tersebut yang di barat daya kompleks kedhaton saja.

Menurut cerita, tempat wisata ini dibangun di bekas keraton lama sebagai tempat istirahat kereta kuda oleh Susuhan Paku Buwono II yang akan ke Imogiri. Proyek ini di jalankan oleh Tumenggung Mangundipuro dengan biaya keseluruhan ditanggung oleh bupati Madiun tersebut. sehingga daerah Madiun bebas pungutan pajak.

Kemudian wisata Taman Sari Jogja yang bisa dikunjungi mulai jam 8 pagi tu dulunya mengalami pergantian kepemimpinan dalam pembangunannya oleh Pangeran Notokusumo. Pergantian tersebut disebabkan oleh Mangundipuro yang mengundurkan diri dari kelanjutan proyek tersebut.

Meskipun secara resmi bangunan ini merupakan kebun kerajaan, tetapi banyak tanda tanda bangunan yang mengindikasikan fungsi benteng pertahanan terakhir. hal tersebut diperkiraan menjadi dtrategi berlindung apabila istana diserang oleh musuh. Demang Tegis merupakan salah satu arsitek kebun kerajaan yang asalnya dari portugis.

Istana Air Taman Sari Jogja ini terdiri darui empat buah bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang berada di sebelah barat. Bagian kedua adalah bangunan yang terletak di selatan danau yaitu pemandian umbul binangun. Kemudian bagian ketiga merupakan pasarean ledok sari dan kolam garjiwati yang letak bangunanya berada di selatan pemandian umbul binangun.

Dan bagian terakhir terletak di timur bagian pertama dan kedua yang sangat luas sampai tenggara kompleks magangan.

4 Bagian Utama Istana Taman Sari Jogja

Pada zaman itu, sejarah Taman Sari Yogyakarta dibuat dari 4 bagian utama:

Bagian pertama dibangun sebuah danau buatan bernama segaran dengan pulo kenongo di tengah-tengahnya. Pulo kenongo tersebut merupakan gedung berlantai dua sebagai gedung terbesar dan cukup tinggi. Terdapat juga pulo cemethi yang letaknya berada di sebelah selatan pulo kenongo dan sumur gemantung.

Bagian kedua merupakan bagian yang paling utuh jika dibandingkan dengan yang lainnya, meskipun taman dan kebun sudah tidak tersisa. Bagian ini berisi gedhong gapura hageng yang merupakan pintu gerbang utama taman raja.

Lalu ada gedung lopak-lopak atau disebut juga gopok-gopok. Kemudian ada juga umbul pasiraman atau versi lain umbul binangun yang merupakan bangunan berbentuk kolam pemandian. Di bagian kedua ini juga terdapat gedhong sekawan, gedhong gapuro panggung, dan gedhong temanten.

Bagian ketiga dari Istana Air Taman Sari Jogja hanya sedikit meninggalkan sejarah peninggalannya. Sehingga sebagian besar deskripsi ini berasal dari rekonstruksi yang terdapat di sana. Dahulu ketika bangunan ini masih digunakan, isi dari bagian ketiga adalah kompleks pasarean dalem ledok sari dan komplek kolam garjitawati.

Bagian keempatnya adalah bagian taman sari yang benar-benar sudah hilang tak berbekas, kecuali bekas jembatan gantung dan sisa dermaga. Bagian ini dapat di gambarkan melalui sketsa serangan pasukan Inggris ke keraton Yogyakarta ketika tahun 1812.

Bagian terakhir ini merupakan danau buatan yang ditengahnya juga terdapat bangunan, taman, kanal besar, serta kebun. Danau buatan tersebut berlokasi di tenggara kompleks Magangan hingga timur laut Siti Hinggil Kidul. Untuk saat ini tempat itu menjadi tempat pemukiman warga penduduk dengan meninggalkan sedikit sisa-sisa reruntuhan bekas kemegahan kerajaan Yogyakarta.

Fasilitas Taman Sari Yogyakarta

Fasilitas di Tamansari ini sudah cukup lengkap bagi para pengunjung yang ingin datang ke Tamansari, yaitu:

  • Tempat Parkir
  • Pemandu Wisata
  • Penginapan
  • Tempat Makan
  • Toko Cinderamata
  • Oleh-oleh

Harga Tiket Masuk Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta ini dibuka mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang saja. Maka kami sarankan untuk anda berangkatlah sepagi mungkin agar puas berkeliling di istana air tersebut. Terlebih lagi tingginya minat pengunjung untuk mendatangi tempat ini membuat kurang leluasa untuk berfoto ketika siang hari.

Jangan sampai wisata anda menjadi tidak asik karena terburu-buru yang disebabkan oleh lokasi yang sudah harus tutup sehingga tidak sempat berkeliling lebih lama.

Harga tiket masuk Taman Sari Yogyakarta bisa digolongkan sangat murah karena hanya ditarif sebesar 3.000 rupiah untuk wisatawan lokal dan 7.000 rupiah untuk mancanegara. Dan jika anda ingin menggunakan pemandu maka akan dikenakan biaya sebesar 10.000 hingga 20.000 rupiah saja.

Di sekitar Istana Air Taman Sari Jogja banyak berdiri penginapan yang disediakan untuk anda yang ingin bermalam tak jauh dari kota. Selain itu terdapat lahan parkir yang cukup luas. Rumah makan dan restoran juga banyak disekitar tempat rekreasi tersebut. Ada juga toko cinderamata dan oleh-oleh yang wajib Anda kunjungi untuk diberikan pada sanak keluarga yang tidak turut serta.

Baca juga:Tarif Sewa Bus Jogja

Fasilitas yang disediakan di taman sari tergolong sangat lengkap dan sangat memanjakan wisatawan. Hal tersebut karena lokasinya yang strategis yang berada di tengah kota, dan tak jauh dari Malioboro. Akses yang mudah dan pemandangan menarik serta edukatif membuat wisata murah Jogja ini menjadi pilihan banyak wisatawan. Baik pengunjung domestik maupun mancanegara akan terlihat memadati lokasi taman sari.

Berkunjung ke jogja akan kurang lengkap jika tidak berwisata ke keraton jogja. Dan jika sudah di keraton akan percuma rasanya jika tidak sekalian menghampiri Istana Air Taman Sari Jogja. Biaya yang sangat murah dengan sejarah yang kental akan menambah khazanah keilmuan kita setelah mampir ke sana.

Alamat Taman Sari Jogja

Alamat Taman Sari Jogja ini beralamatkan di Jalan Taman, Kraton, Yogyakarta, 55133. Untuk menikmati keindahan situs bersejarah ini ada banyak kendaraan umum terutama dari malioboro. Seperti becak atau andong. Jika dari Taman Sari, dan anda ingin berwisata ke Air Terjun Sri Gethuk, maka anda kan melakukan perjalanan yang lumayan jauh dan memakan waktu yang lama.

Lokasi Taman Sari

Lokasi Taman Sari Jogja dari Malioboro sangat dekat atau hanya sekitar 2km saja dari malioboro, dengan rute ke arah selatan menuju keraton atau alun-alun utara Yogyakarta. Kemudian menuju ke jalan yang ada di sebelah barat alun-alun sampai di perempatan pertama dan belok kiri hingga sampai di taman sari.

Lokasinya cukup jauh dari Caving Goa Jomblang Yogyakarta. Sebaiknya jika Anda membawa kendaraan pribadi, diparkirkan di timur alun-alun yang memiliki parkiran cukup luas. Lalu Anda bisa melanjutkan sedikit perjalanan dengan menggunakan becak atau berjalan kaki.

Spot Menarik Taman Sari Jogja

Walaupun Taman Sari tidak lagi semegah dan seindah ketika masih berfungsi penuh di zaman kesultanan, pesona yang dimiliki Taman Keraton ini masih bisa membuat hati terlena sampai saat ini. Terutama spot-spot artistik dan bangunan-bangunan yang menonjolkan keunikan.

Kolam Taman Sari

Pesona tersebut sudah mulai terpancar tepat di depan pintu gerbang melewati ornamen-ornamen di dinding gapura berbentuk ukiran-ukiran futuristik.

Setelah melewati gerbang utama, pengunjung akan disapa oleh 2 buah kolam. Dua kolam dekat pintu gerbang tersebut merupakan salah satu dari tiga kolam di taman sari Yogyakarta. Masing Maisng dari 3 kolam ini punya nama dan fungsi berbeda. Umbul Panguras kolam untuk raja. Umbul Kawitan untuk putri-putri raja. Umbul Pamucar untuk para selir-selir raja.

Di sekitar kolam dihiasi oleh berbagai ornamen mirip air mancur dengan bentuk seperti kepala naga dengan di sekelilingnya dihiasi pot-pot bunga.

Gapura Panggung

Di sekitar dekat kolam 2 buah terdapat dua kolam, ada gapura panggung yang dulu boleh memasuki cuman raja dan sekeluarga. Di atas gapura tersebuat biasanya dijadikan raja untuk menikmati keindahan kemegahan taman Sari yang dulu masih dilengkapi danau buatan serta keindahan hamparan taman berhias segala jenis bunga cantik.

Di situ pula sang raja sesekali menikmati berbagai tarian tradisional diiringi oleh kemerduan musik gamelan. Di area dulu dijadikan tempat pribadi raja, bisa dilihat sebuah periuk yang dimanfaatkan oleh istri raja bercermin dan ada lemari menyimpan pakaian raja. Gapura panggung tersebut dilengkapi tangga terbuat dari kayu jati dengan kondisi hingga sekarang masih kokoh dan memberikan kesan artistik.

Gapura Agung

Bangunan selanjutnya yang tidak kalah megah dan indah adalah Gapura Agung. Saat masih berfungsi sebagai taman kesultanan, Gapura agung digunakan sebagai lokasi transit bagi kereta kencana kesultanan. Kereta ini biasa digunakan oleh sultan dan keluarga kesultanan lain.

Gapura Agung didominasi ornamen berbentuk sayap burung dan bunga-bunga.

Sumur Gamuling

Tempat cantik lain di taman Sari kota Yogyakarta ialah Sumur Gumuling. Sumur ini bukan sumur tempat ambil air, namun sebuah masjid bawah tanah. Mesjid dibangun di bawah tanah, juga sekaligus sebagai bungker perlindungan bagi elit kesultanan, ketika kesultanan mengalami serangan yang membahayakan.

Masjid tersebut berbentuk dua tingkat melingkar hingga 360 derajat, bagian tengah berlubang dan desain menghasilkan tata artistik. Ketika imam memimpin sholat, suara imam bakal terdengar ke seluruh penjuru ruangan.

Di dalam bangunan Masjid bawah tanah ini terdapat sumur yang dikelilingi oleh lima tangga yang melambangkan jumlah Rukun Islam. Saat pengunjung menuruni anak tangga yang berada di Masjid bawah tanah, pengunjung akan menemukan tangga yang saling bertemu di tengah-tengah kolam air yang berasal dari Sumur Gumuling.

Hal unik yang wajib diketahu wisatawan adalah ketebalan dari tembok masjid bawah tanah yang kurang lebih sekitar 1,25 meter ini terbuat dari batubata yang direkatkan dengan menggunakan bahan alami seperti putih telur.

Untuk bisa sampai ke dalam Masjid kamu harus melewati sebuah gerbang terlebih dahulu yang memiliki tingkat dua. Pada zaman dahulu, menara ini dijadikan tempat untuk mengawasi para selirnya ketika tengah mandi di Umbul Kuras.

Gedung Kenongo

Bangunan artistik lainnya ialah gedung Kenongo. Gedungini adalah gedung tertinggi diantara bangunan-bangunan lain di kompleks taman Sari Yogyakarta. Saat masih berfungsi normal, Gedung Kenongo difungsikan menjadi tempat jamuan makan kerajaan.

Di lokasi tersebut pengunjung dapat merasakan atau melihat indahnya sunset di kota jogja. Juga dapat memandangi seluruh kawasan sari garden yogyakarta, termasuk dinding tebal tinggi berwarna putih. Dinding itu merupakan pagar bangunan yang tingginya berkisar dua hingga empat meter.

Tips Berkunjung ke Taman Sari

Sebelum memutuskan untuk berkunjung, ada beberapa tips yang bisa kita ikuti agar liburan jadi menyenangkan dengan maksimal. Beberapa tips ini seperti:

  • Berangkatlah lebih pagi karena taman ini ditutup jam 2 siang.
  • Jangan lupa untuk bawa powerbank, karena disini banyak sekali spot foto yang sangat disayang kan ketika kehilangan moment berfoto karena kehabisan battery.

Itu semua ulasan mengenai taman sari Yogyakarta yang dapat anda gunakan sebagai bahan referensi sebelum liburan ke kota Yogyakarta. Dan sangan lupa gunakan paket wisata dari genjos holiday dan dapatkan promonya.

×

Butuh Bantuan?

Klik tombol dibawah ini untuk menghubungi bagian reservasi.

×
Scroll to Top