Beranda Wisata Puncak Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

0
puncak suroloyo

Puncak Suroloyo daerah Kulon Progo punya pesonanya sendiri untuk menarik wisatawan. Salah satu keunggulan atau potensi wisata puncak yang ada di Kulon Progo yaitu keindahan perbukitan Menoreh. Karena lokasinya yang berada di ketinggian, banyak destinasi wisata yang menawarkan pesona perbukitan dengan view gunung-gunung.

Sekilas Puncak Suroloyo

Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Puncak Suroloyo. Destinasi wisata ini cukup populer di kalangan wisatawan. Pemandangannya yang mengagumkan membuat destinasi wisata ini jadi salah satu destinasi wisata populer di Kulon Progo.

Dari Puncak ini, Anda bisa melihat pemandangan Kota Yogyakarta dari ketinggian. Bahkan jika beruntung, Anda bisa meneropong Candi Borobudur yang terlihat samar-samar dari kejauhan. Sangat cocok dijadikan salah satu destinasi tujuan dalam paket wisata Jogja Anda.

Di puncak ini terdapat tiga pendopo atau gardu pandang. Tiap pendopo atau tingkatan gardu pandang akan menawarkan pemandangan yang berbeda pula. Jika Anda berada di gardu pandang pertama, posisinya berada di paling bawah.

Disana Anda bisa melihat pemandangan Candi Borobudur yang terlihat kecil dari kejauhan. Pendopo kedua yaitu konon katanya adalah tempat pertapaan Sariloyo yang lokasinya 200 meter ke arah Barat.

Dari pendopo atau gardu pandang tersebut, terlihat keindangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Biasanya pemandangan itu akan terlihat pada pagi hari.

Sedangkan untuk pendopo atau gardu pandang ketiga, terletak di tingkatan paling atas. Anda harus menaiki tangga terlebih dahulu sekitar 200 meter. Pendopo ketiga inilah yang diberi nama Pendopo Kaendran.

Di pendopo ketiga ini, pemandangan indah sekaligus mempesona dari Pantai Glagah Kulon Progo akan membuat matamu terasa sejuk. Jika Anda berniat untuk ke Puncak Suroloyo, maka pastikan bahwa Anda dalam kondisi fit.

Hal itu karena nanti di Puncak Suroloyo akan trekking menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan. Pasti itu akan melelahkan dan bagi yang tidak kuat juga tak boleh memaksakan diri. Namun jika Anda berhasil sampai di puncaknya, pemandangan indah akan membayar semua rasa lelahmu.

Anda akan terpesona dengan pemandangan dari Puncak Suroloyo yang indah. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Puncak ini adalah pada waktu pagi atau sore hari. Pada waktu pagi hari,

Anda bisa melihat keindahan sunrise beserta kabut-kabut tipis. Anda pun masih bisa menikmati deretan pegunungan yang masih bisa terlihat ketika pagi hari. Namun jika hari sudah siang, biasanya pemandangan tersebut akan hilang. Lalu jika Anda berkujung pada sore hari, maka Anda bisa melihat keindahan sunset.

Sejarah Singkat

Sejarah Puncak Suroloyo atau Asal Usul Puncak ini cukup menarik untuk disimak dan diketahui wisatawan yang akan datang kesana. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, pada abad ke 18 terdapat seorang pujangga hebat yang berasal dari Keraton Yogyakarta.

Pujangga itu bernama Ngabehi Yasadipura I. Dia pernah membuat karya sastra yang diberi judul Serat Cabolek. Dalam serat itu, Ngabehi mengisahkan bahwa Raden Mas Rangsang yang kemudian mendapatkan gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo mendapatkan wangsit.

Dia mendapatkan wangsit bahwa dia akan menjadi penguasa Tanah Jawa. Namun dengan syarat bahwa dia harus berjalan dari Keraton Kotagede hingga ke Perbukitan Menoreh. Akhirnya, agar dia bisa berkuasa, Raden Mas Rangsang pun melakukan pertapaan di Puncak Menoreh atau yang lebih dikenal Puncak Suroloyo.

Lokasi Puncak Suroloyo

Lokasi Puncak Suroloyo ini berada di ketinggian. Jalanan menuju kesana juga menanjak dan cukup curam. Namun aman-aman saja karena kondisi jalan bagus dan tidak terlalu ramai. Tepatnya Lokasi Puncak ini berada di Dusun Keceme, Onggosoro, Giritengah, Borobudur, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk menuju kesana, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Sebelum kesana, pastikan jika kendaraan Anda cukup bagus dan dalam kondisi prima. Cek terlebih dahulu apakah remnya berfungsi dengan baik mengingat Anda akan melewati jalan yang cukup menantang.

Estimasi waktu menuju kesana dari Kota Yogyakarta, total waktu yang Kamu butuhkan adalah sekitar 1 jam perjalanan sampai ke lokasi. Sedangkan jarak tempuhnya yaitu sekitar 35 kilometer dari Kota Yogyakarta.

Rute Lokasi

Perjalanan ke Puncak Suroloyo memang penuh tantangan. Jalanan yang dilalui pun di beberapa titik terdapat tanjakan curam, kelokan tajam dan diapit jurang di sekelilingnya. Sungguh sangat memacu adrenalin. Namun pemandangan di sepanjang perjalanan juga memanjakan mata.

Untuk menuju kesana, Anda bisa melalui Rute Puncak Suroloyo yang lewat Jalan Godean. Setelah lewat jalan Godean, ambil arah ke utara melewati jalan Gedongan-Tempel. Setelah itu akan sampai di pertigaan dan Anda bisa belok ke barat yang melewati Jalan Daratan 3.

Lanjutkan perjalanan hingga sampai di Jalan Raya Banjararum. Sampai di perempatan, maka ambil arah ke kanan.

Kemudian ada pertigaan lagi, Anda bisa ambil ke kiri melewati Jalan Kepiton. Setelah itu lurus terus mengikuti Jalan Samigaluh Boro. Teruskan perjalanan hingga melewati Jalan Suroloyo. Itu berarti Anda sudah dekat dengan lokasi wisata Puncak Suroloyo.

Harga Tiket Masuk Puncak Suroloyo

Harga tiket masuk Puncak Suroloyo ini sangat murah sekali. Untuk tiket masuk per orangnya hanya sebesar Rp. 5.000 saja. Dengan harga yang begitu murahnya, Anda bisa menikmati pemandangan yang mempesona yang tidak Anda dapatkan di tempat lain.

Untuk tarif parkirnya pun juga standar. Parkir kendaraan roda dua atau motor dikenakan tarif Rp. 2.000 saja. Sedangkan parkir untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp. 5000. Sangat murah sekali kan untuk pemadangan yang mengagumkan.

Fasilitas Puncak Suroloyo

Pengelola wisata Puncak Suroloyo ini sepertinya semakin serius mengembangkan wisata Puncak Suroloyo ini. Hal itu dari berbagai macam fasilitas yang disediakan.

Beberapa fasilitas yang ada disana yaitu seperti adanya parkir yang memadai, toilet, gardu pandang, warung, hingga akses jalan yang bagus.

Disana juga terdapat homestay yang cocok sebagai pilihan untuk Anda yang ingin menginap. Rasanya pasti akan menyenangkan jika bisa menginap di sekitar Puncak Suroloyo kemudian paginya bisa bangun mengejar sunrise yang indah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here