Beranda Wisata Puncak Puncak Widosari

Puncak Widosari

0
puncak widosari

Puncak Widosari: Kulon Progo adalah daerah di Yogyakarta yang punya berbagai macam destinasi wisata puncak. Dari segi geografis memang banyak sekali daerah Kulon Progo yang lokasinya di perbukitan. Perbukitan Menoreh menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kulon Progo.

Hamparan pemandangan perbukitan dan keasrian daerah pedesaan menjadi daya tarik dari daerah Kulon Progo. Sehingga saat ini kunjungan wisatawan pun terus meningkat dari waktu ke waktu.

Salah satu daerah Kulon Progo yang menarik untuk dikunjungi adalah Puncak Widosari. Puncak ini berada di ketinggian 1.017 mdpl. Tak heran jika pemandangan dari atas Puncak ini sangat indah sekali.

Anda bisa menikmati pemandangan perbukitan Menoreh dan daerah Yogyakarta dari puncak tersebut. Di Puncak ini juga memiliki spot foto yang sangat ikonik. Disana terdapat sebuah batu besar yang menjulang tinggi seperti gunung.

Anda yang berkunjung kesana bisa berfoto dengan background gunung widosari samigaluh kulon progo tersebut. Di depan spot foto batu besar itu sudah disediakan tempat khusus untuk berfoto. Jadi pengunjung yang datang bisa lebih mudah untuk berfoto disana.

Puncak Widosari Kulonprogo

Puncak Widosari ini cocok dikunjungi pada waktu pagi hari. Pada saaat pagi hari, Anda bisa melihat keindahan perbukitan yang masih diselibuti kabut yang cukup tebal. Dari kejauhan pun Anda bisa melihat siluet Gunung Merapi, Gunung Merbabu sampai bibir pantai Selatan.

Namun jika sudah terlalu siang, biasanya kabut tebal akan berangsur hilang. Siluet Gunung Merapi dan Merbabu pun akan semakin pudar.

Tempat wisata kulon progo juga menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise dan sunset. Karena lokasinya yang berada di ketinggian, maka pemandangan sunrise dan sunset pun akan semakin bagus.

Jika Kamu kesana pada waktu sore hari dan menjelang petang. Maka gemerlap lampu Kota Yogyakarta, Magelang hingga Purworejo pun terlihat memukau pada malam hari.

Ketika berkunjung ke lokasi wisata Puncak ini, Anda harus ekstra berhati-hati. Jalanan di area wisatanya pun masih berbatu dan jalan tanah. Sehingga ketika musim hujan tiba, jalanan akan terasa licin. Sebaiknya Anda menggunakan alas kaki yang nyaman dan anti licin.

Di sisi Puncak Widosari juga terdapat jurang yang cukup dalam. Maka dari itu, ketika Anda berjalan mengeksplorasi detinasi wisata ini, harus ekstra hati hati. Butuh fokus dan tenaga yang ekstra untuk bisa sampai ke Puncak ini.

Jika Anda ingin berkunjung ke Yogyakarta atau ke Puncak Widosari, maka paling nyaman adalah menggunkan paket wisata. Hal itu karena tidak semua destinasi wisata di Jogja bisa dijangkau dengan transportasi umum. Maka dari itu, agar liburan Anda di Jogja lebih nyaman, hemat, dan mudah maka Anda bisa memesan paket wisata jogja di Genjosholiday.

Sejarah Singkat

Konon katanya, Sejarah Puncak Widosari dulunya merupakan tempat pertapaan Pangeran Dipenogoro. Destinasi wisata jogja baru ini sudah dibuka sejak tahun 2012.

Namun pada waktu itu akses menuju kesana masih berupa tanah licin dengan pagar bambu seadanya. Namun sekarang ini Puncak ini sudah semakin berbenah.

Lokasi Puncak Widosari

Lokasi Puncak Widosari berada di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju kesana akses jalan utama sudah bagus dan beraspal.

Hanya di beberapa titik yang ada tanjakan dan turunan curam. Namun jalan menuju lokasi wisatanya cukup menantang. Kontur jalan menuju ke puncaknya masih berbatu dan perlu hati-hati.

Rute Lokasi

Untuk menuju ke Puncak Widosari, Anda bisa menggunakan bantuan google maps agar lebih mudah. Jangan sungkan juga untuk bertanya kepada warga sekitar agar tidak nyasar ketika pergi kesana.

Rute menuju Puncak ini dari Kota Yogyakarta adalah dengan mengambil arah ke Ringroad Barat. Setelah itu di perempatan Jalan Godean, Anda ambil ke kanan atau ke utara. Lanjutkan perjalanan dengan mengambil ke Jalan Gedongan-Tempel.

Lalu teruskan hingga sampai di pertigaan ke arah barat yang melewati Jalan Daratan 3. Kemudian teruskan perjalanan ke arah barat, lalu teruskan hingga menemukan pertigaan ke arah Jalan Kebon Agung.

Lalu ada pertigaan lagi ke arah barat ambil rute ke Jalan Raya Banjararum. Lanjutkan perjalanan dengan mengambil rute lurus ke Jalan Samigaluh-Laono. Sampai di pertigaan, ambil ke arah Jalan Tegalsari.

Ikuti terus jalan tersebut hingga Anda menemukan petunjuk ke Puncak Widosari. Dari situ berarti Anda sebentar lagi akan sampai di lokasi.

Harga Tiket Masuk Puncak Widosari

Harga tiket Puncak Widosari sangat murah sekali. Untuk masuknya, per orang hanya dikenakan tarif Rp 5.000 saja. Kemudian untuk harga atau tarif parkirnya pun juga terjangkau.

Parkir motor akan dikenakan tarif Rp. 2000 sedankan untuk mobil akan dikenakan tarif Rp.5000.

Sangat murah sekali kan tarif atau harga tiket masuk di Puncak ini. Selain mendapatkan pemandangan yang indah, berkunjung ke Puncak ini juga tidak akan membuat kantongmu bolong.

Fasilitas Puncak Widosari

Puncak Widosari ini adalah destinasi wisata yang indah namun belum dikelola dengan optimal. Seharusnya destinasi wisata ini bisa lebih dikenal lagi oleh wisatawan. Pemandangannya yang indah sekaligus ketenangan yang ditawarkan menjadi daya tarik dari lokasi ini.

Adapun fasilitas yang ada disana yaitu berupa toilet umum, tempat parkir, mushola, warung makan, gazebo, spot foto, hingga tempat beristirahat.

Secara umum dari segi fasilitas tempat wisata Puncak Widosari ini sudah cukup memadai. Namun akses jalan menuju kesana yang perlu ditingkatkan lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here