PantaiTempat Wisata

Pantai Tanjung Kelayang : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Nama Pantai Tanjung Kelayang diambil dari salah satunya nama burung yang berada di pantai ini. Karena di teritori pantai ini ada burung-burung kelayang yang berterbangan.

Disamping itu ada pula kekhasan tertentu yang menghias pantai ini. Ada banyak batu granit raksasa yang bersebaran yang berupa dengan kepala burung garuda.

Yang unik kembali batu granit itu seperti tengah merendam dengan status menghadap arah barat. Masyarakat sekitaran juga berasumsi jika batu raksasa itu berkekuatan mistik.

Bukan hanya masyarakat di tempat yang yakini hal itu, beberapa arkeolog juga menyenanginya karena kelihatan unik.

Menurut legenda, batu granit yang ada di Pantai Tanjung Kelayang berasal semenjak jaman megalitikum. Antiknya, meskipun terserang deburan ombak, batu granit ini masih tetap pada status awalnya dan tak pernah berbeda.

Karena keelokan panorama yang eksotik, di tahun 2015 pemerintahan memutuskan pantai Tanjung Kelayang Bangka Belitung sebagai salah satunya peningkatan tujuan pariwisata fokus atau umum dikenali dengan 10 bali baru.

Seiring waktu berjalan, tiga tahun sesudah memutuskan pantai ini sebagai tujuan pariwisata fokus. Presiden Republik Indonesia memutuskan Pantai Tanjung Kelayang sebagai Teritori Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata geostrategis di tahun 2019.

Daftar Isi :

Baca Juga :  Candi Borobudur : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Harga Ticket Masuk Pantai Tanjung Kelayang

Untuk masuk teritori rekreasi Pantai ini, Anda harus bayar ticket masuk lebih dulu untuk nikmati keelokannya.

Harga ticket masuk pantai ini benar-benar murah, Anda cukup bayar Rp. 8.000 per-orang dapat nikmati rekreasi keelokan pantai.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Tanjung Kelayang

Pantai ini ada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Propinsi Bangka. Memiliki jarak 27 km dari kota Tanjungpandan, Anda bisa tempuh waktu 20 menit dengan kendaraan motor.

Bila Anda sedang di Tanjung Pandang, Anda bisa juga memakai bis gratis yang sudah di siapkan oleh pemda di tempat untuk ke arah Tanjung Kelayang.

Objek Rekreasi Pantai Tanjung Kelayang

Ada beberapa spot yang dapat di pakai untuk berwisata atau sekadar nikmati panorama.

1. Panorama Pulau

Daya tarik pantai akan kelihatan cantik karena ada beberapa pulau- pulau kecil. Saat ada di Pantai ini, Anda akan hadapi dengan panorama Pulau Babi yang ada di samping kiri pantai.

Baca Juga :  Referensi Wisata Bima Terbaik dan Kembali Hits 2022

2. Island Hopping

Hal yang lain jadi favorit di Pantai ini yakni Island Hopping, yang disebut aktivitas menelusuri pulau di sekitaran Tanjung Kelayang.

Untuk menikmatinya, Anda harus menyiapkan uang Rp. 450.000 untuk sewa per satu perahu yang dapat dinaiki sampai 12 orang. Adapun pulau yang hendak kita lewati sepanjang island hopping ialah seperti berikut:

  • Pulau Garuda

Dengan memakai perahu yang sudah Anda sewa dari Pantai Tanjung Kelayang, Anda akan ke arah Pulau Garuda.

Pulau ini jadi trendsetter di Pantai Tanjung Kelayang karena ada bebatuan granit yang membuat seperti kepala burung garuda.

Sayang, pulau ini jangan untuk di singgahi, sehingga kita cuman dapat nikmati panorama dengan masih tetap ada di atas kapal. Tetapi, tidak boleh sangsi, karena Anda tetap kagum dengan keelokan alami yang ada.

  • Pulau Pasir

Arah ke-2 Island Hopping yakni Pulau Pasir. Anda akan mendapati bintang laut yang bersebaran di sekitaran pulau ini. Tetapi, kami merekomendasikan supaya Anda tidak boleh menggenggam bintang laut itu.

Baca Juga :  Pantai Kelingking : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Kami merekomendasikan supaya Anda berkunjung pada pagi hari, karena saat hari makin sore, pulau ini akan musnah karena naiknya permukaan air laut.

  • Pulau Lengkuas

Saat Anda sampai di Pulau Lengkuas, pulau ini mempunyai bebatuan granit yang bersebaran. Anda akan berjumpa dengan mercusuar yang membubung tinggi.

Cholida

1 2Laman berikutnya
Baca juga konten kami di:
Komentar:
Array

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles