PantaiTempat Wisata

Pantai Cijeruk : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Ada banyak pantai yang sangat populer tetapi ada pula pantai yang jarang-jarang bahkan juga benar-benar tak pernah kedengar. Pantai tersebut ialah Pantai Cijeruk. Pantai yang persisnya ada di dusun Sagara, kecamatan Pameungpeuk, kabupaten Garut ini sering dipanggil sebagai pantai yang perawan.

Panggilan itu dipasangkan karena pantai ini ada di teritori pedalaman dan kehadiran pantai yang jarang terpampang. Bahkan juga cuma beberapa dari warga Garut yang ketahui kehadiran dan lokasi pantai ini.

Harga Ticket Masuk Pantai Cijeruk

Sebetulnya tidak ada ticket masuk khusus yang perlu dibayarkan oleh pelancong saat bertandang ke Pantai Cijeruk. Pengunjung dapat masuk dengan bebas tanpa dikenai ongkos dengan persyaratan jangan menghancurkan atau mencemarkan pantai.

Namun umumnya pengunjung akan dikenai ongkos parkir dengan biaya parkir standard untuk kendaraan, bergantung pada tipe kendaraan yang dibawa.

Untuk jam operasional pantai Cijeruk, pengurus berlakukan ketentuan buka tempat pantai dimulai dari jam 07.00 – 17.00 WIB. Jam operasional itu bisa jadi berbeda bergantung dari keputusan petugas pengurus.

Umumnya bila sedang penuh oleh pengunjung, jam tutup akan ditambahkan 1 sampai 2 jam supaya pengunjung yang tiba paling akhir dapat nikmati panorama pantai lebih lama.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Cijeruk

Sebetulnya bila disaksikan secara geografis, pantai ini lebih dekat bila dilalui dari kota Tasikmalaya walau pantai secara bersejarah masuk ke daerah kabupaten Garut.

Untuk pengunjung yang tiba dari arah kota Garut, ada lajur alternative yang dapat dilewati. Pertama, melalui jalan Raya Garut – Cikajang, lempeng ke arah selatan sampai mendapati jalan Cikajang yang diteruskan pada jalan Ambles.

Seterusnya melalui Ciparay sampai mendapati jalan Raya Cisompet lempeng terus ke arah selatan sampai pertigaan jalan Cigodeg. Dari pertigaan itu belok ke kiri ke arah jalan Pupus Bakti.

Baca Juga :  Pantai Manalusu : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Dari jalan cahaya Bakti lempeng ke arah timur melalui jalan Miramareu. Sampai mendapati sebuah gardu yang arahkan ke pantai Cijeruk. Untuk ke lokasinya melalui jalan kecil ke dan sedikit terjal.

Dan pengunjung yang tiba dari arah kota Tasikmalaya, lajur alternative yang dijajakan yaitu memakai jalan Pelopor Kemerdekaan lempeng ke arah selatan sampai jalan Karangnunggal.

Selanjutnya melalui jalan Syekh Abdul Muhyi, jalan Raya Sukaraja, jalan Cibalong, sampai mendapati jalan raya Karangnunggal kembali. Kemudian melalui jalan Bantar Kalong lempeng ke arah selatan.

Sampai mendapati pertigaan pada jalan Raya Cipatujah selanjutnya belok ke kanan ke jalan Ciandum. Dari jalan Ciandum perjalanan diteruskan ke barat yaitu melalui lajur Trans Jawa Barat.

Sampai mendapati sebuah pertanda jalan yang arahkan ke pantai Cijeruk. Untuk masuk ke lokasi pantai akan melalui jalan yang sedikit terjal hingga perlu agar semakin waspada.

Objek rekreasi di pantai Cijeruk

Saat di pantai ini, Anda bisa nikmati beragam objek rekreasi yang memikat. Hal bagus yang bisa dijumpai di pantai ini diantaranya:

1. Situasi Pantai yang Asri dan Damai

Cari tujuan rekreasi yang asri dan damai nampaknya benar-benar susah saat ini. Umumnya lokasi rekreasi terkenal telah di eksplorasi dengan bermacam-macam hingga kesan-kesan asri dan lestari-nya mulai menyusut.

Pantai Cijeruk yang ada jauh dari pusat perkotaan ini menjadi satu di antara tujuan dengan kelestarian alam yang sisa. Keadaan ini sepantasnya bisa di pertahankan.

Disamping itu, untuk capai lokasi pantai, pengunjung harus melalui rimba karet yang lebat. Ini membuat pantai Cijeruk Terlihat benar-benar misteri di balik rimbunan pohon karet.

Tetapi ini malah membuat surprise yang tidak tersangka karena ada surga yang terselinap di balik rimbunan pohon karet. Seperti mendapati sebuah berlian di tengah-tengah timbunan rumput.

2. Air Pantai yang Jernih

Sebetulnya dari arah terlalu jauh, air laut pada pantai Cijeruk Cantik mempunyai dua warna yaitu warna jernih dan warna biru tua. Namun bila di saksikan dari arah dekat, air pantai ini memang sungguh jernih.

Karena pantai termasuk baru, karena itu air pantai tetap terlindungi kebersihan-nya tidak ada sampai pengunjung atau sampah lokal yang di buang asal-asalan.

Air pantai aman untuk berenang atau bermain air karena air pantai tidak memiliki kandungan sampah beracun yang beresiko. Temperatur air pantai ini benar-benar nyaman yaitu dingin sejuk namun juga mengakibatkan kedinginan walaupun kelamaan bermain air.

Baca Juga :  Pantai Karang Paranje : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Patut saja pelancong yang bertandang selalu meluangkan diri untuk sekedar sentuh air laut pantai ini.

3. Pasir yang Lembut

Pasir pantai Cijeruk yang warna putih kecokelatan ini mempunyai struktur lembut dan empuk hingga benar-benar aman jika lakukan beragam kegiatan di atas pasir.

Pasir-nya pun tidak gampang terserap atau masuk ke mekanisme pernafasan. Pantai ini di kuasai oleh pasir agak miring capai ke tengah pantai. Maka dari itu benar-benar aman untuk anak-anak yang bermain pasir tak perlu cemas terserang ombak.

4. Ombak yang Tenang

Selain keadaan pasir yang cukup menjuru ke laut. Lokasi geografis pantai jadi argumen kenapa pantai ini mempunyai tingkat ombak yang tenang.

Ada di teritori teluk jadikan pantai Cijeruk mempunyai ombak yang tenang dengan intensif rendah. Ini menambahkan kesan-kesan jika bermain di pantai Cijeruk terutamanya untuk anak-anak cukuplah aman.

5. Sunset yang Cantik

Bila Anda bertandang sampai saat matahari ingin terbenam, Anda akan menyaksikan panorama yang paling cantik yakni panorama sunset.

Warna langit kuning keemasan di padankan dengan warna jingga menambahkan situasi yang nyaman dan tenang waktu itu. Anda bisa jadikan peristiwa ini sebagai latar belakang foto Anda.

6. Dikitari Bukit-bukit

Salah satunya sebagai daya magnet pantai Cijeruk ialah barisan bukit-bukit hijau yang asri. Bukit inilah yang membuat udara di sekitaran pantai.

Tidak sama dalam umumnya temperatur pantai yang kita jumpai. Temperatur pantai yang relatif konstan dan sejuk ini membuat pantai Cijeruk lumayan di sukai sebagai lokasi bersantap di siang hari di dampingi dengan se-porsi makanan dan sepoi-sepoi udara segar.

7. Kemping dan menghidupkan Api Unggun

Ada sesuatu hal menarik yang lain yang di jajakan pantai Cijeruk, yaitu dapat menjadi spot kemping yang asyik. Bila ingin kemping, pengunjung dapat minta ijin ke pengurus atau petugas pantai.

Pasir pantai yang empuk dan agak miring ini benar-benar pas di pakai sebagai alat alami kemping. Di tambah dengan acara api unggun sekalian makan jagung bakar hangat. Tentunya benar-benar terkesan.

8. Jumlahnya Makhluk Hidup Air di Sekitaran Pantai

Di sejauh bibir pantai Cijeruk, pengunjung dapat mendapati beragam makhluk yang hidup di ekosistem bibir pantai.

Baca Juga :  Pantai Muara Kencan Kendal : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Misalkan tumbuhan yang hidup di pinggir batu karang, rumput laut yang seakan menari bertepatan dengan ombak air yang jernih bisa kelihatan secara jelas.

Ada pula ikan-ikan kecil dengan beberapa warna yang lucu yang kelihatan bermain di pinggir pantai.

9. Spot Memancing

Ada beberapa spot memancing yang hebat. Karena banyak ikan, tentunya tidak jemu jika lama-lama memancing di pantai ini. hasil tangkapan dapat di bawa pulang atau dapat di bakar di tempat.

Terutama untuk pengunjung yang ingin kemping di pantai Cijeruk. Akan dan menyenangkan jika malam harinya di pakai sebagai acara bakar ikan hasil tangkapan sendiri bersama rekan atau keluarga.

10. Melaut di Pantai Cijeruk

Ada beberapa perahu nelayan di sejauh pantai yang bisa dicarter oleh pengunjung bila ingin menyaksikan keelokan alam pantai Cijeruk lebih dekat.

Karena air laut pantai Cijeruk cukup jernih, karena itu bila pengunjung menyaksikan dari arah dekat ke dasar laut memakai perahu, karena itu pengunjung akan berasa ada di tengah akuarium raksasa.

11. Rekreasi Kulineran Pantai Cijeruk

Teritori pantai Cijeruk sebagai lokasi yang di mana komunitas ikan benar-benar bermacam. Oleh karenanya, warga sekitaran yang profesinya sebagai nelayan pilih cari ikan di sekitaran pantai Cijeruk.

Di samping itu, tidak jauh dari pantai ada sebuah pelelangan ikan di mana nelayan jual hasil tangkapan-nya. Disitu pengunjung dapat beli beragam jenis ikan fresh pada harga yang tambah murah.

Ada pula penjual masakan dan makanan ciri khas Sunda terutamanya Garut yang dengan bahan dasar ikan fresh di pasarkan di jalanan sejauh pantai ini.

Begitu nikmat melahap kudapan makan siang ciri khas Sunda di dampingi dengan embusan angin pantai Cijeruk dan bentangan air laut yang bisa mempersejuk mata dan hati. Pengunjung bisa juga pesan kulineran berbentuk makanan laut sesuai kemauan.

Dan ada banyak kembali ke-unikan dan kegiatan yang bisa di laksanakan di pantai Cijeruk, pantai perawan dari selatan.

Bila Anda bertandang ke Garut, janganlah lupa untuk berkunjung ke pantai ini atau ke pantai yang lain seperti Pantai Pucuk Guha yang cantik.

Tidak ada kelirunya untuk sesekali coba kesan pergi ke arah tempat rekreasi Pantai Cijeruk Garut sebagai tujuan rekreasi yang tidak banyak pengunjungnya. Malah akan membuat pengunjung menjadi lebih nyaman lakukan beragam aktivitas.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles