Beranda Mobil Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Tunai

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Tunai

0
Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Tunai

Memiliki sebuah mobil nampaknya sudah menjadi keharusan bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi. Apakah Anda juga merasa demikian?

Kebutuhan masyarakat terhadap mobil pun tidak hanya jatuh pada pilihan mobil yang baru, namun juga mobil bekas. Ya, mobil bekas nampaknya akan tetap menjadi primadona di hati setiap penggemarnya.

Meski demikian, tak jarang para pemburu mobil bekas merasa bingung. Banyak yang bertany tentang “lebih baik membeli mobil bekas secara tunai atau secara kredit?”

baca juga Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

Pertimbangan yang sangat matang diperlukan dalam memutuskan untuk membeli mobil bekas secara tunai atau kredit. Kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang hal itu dalam poin-poin berikut ini:

Keuntungan Membeli Mobil Bekas Secara Tunai

Ketika kita akan membeli barang secara tunai tentu akan lebih nyaman daripada membelinya secara kredit. Supaya lebih jelas, sebaiknya langsung saja kita bahas tentang keuntungan membeli mobil bekas secara tunai:

1. Jauh Lebih Hemat dan Tanpa Bunga

Seperti yang kita ketahui bahwa harga mobil bekas sudah dapat dipastikan jauh lebih murah dibanding dengan membeli mobil yang masih baru. Dari sini saja Anda sudah bisa lebih hemat, apalagi bila membayarnya secara tunai.

Bayangkan saja, Anda sudah bisa mendapatkan mobil bekas yang diinginkan dengan harga yang lebih murah tanpa harus mencicilnya setiap bulan yang pastinya juga terdapat bunga. Jadi, bila Anda memang memiliki uang yang cukup, sebaiknya jatuhkanlah pilihan Anda untuk membayarnya secara tunai.

Walaupun demikian, perlu diperhatikan pula biaya tambahan yang harus Anda siapkan untuk melakukan servis seperti ganti oli dan perbaikan-perbaikan lainnya.

2. Tidak Ada Beban Bulanan

Sudah barang tentu kalau membeli mobil secara tunai tentunya tidak ada beban yang akan dirasakan. Coba bandingkan saja dengan membeli membeli mobil secara kredit, Anda harus memikirkan cicilan yang harus dikeluarakan per bulan.
Bukan hanya cicilan mobil saja, tentu Anda juga memiliki kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Bahkan bisa saja, kebutuhan lain itu cukup mendominasi, hingga akhirnya Anda bisa kesulitan membayar cicilan.

Saat membeli mobil secara tunai, beban yang Anda rasakan hanya di awal saja yaitu ketika mengumpulkan uang dan harus menyediakan uang dalam jumlah yang banyak, namun pada akhirnya tak ada biaya lagi yang perlu Anda pikirkan dalam setiap bulannya.

Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Tunai

Sebenarnya hampir tidak ada kerugian saat membeli sesuatu secara tunai, termasuk ketika membeli mobil. Mungkin lebih tepat adalah kesulitan yang harus dilalui saat Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas secara tunai.

1. Harus Menyiapkan Banyak Uang

Menyiapkan uang dalam jumlah yang banyak tentu menjadi sebuah keharusan saat Anda memutuskan untuk membeli mobil secara tunai.

Meskipun bekas, harga mobil tetap terbilang mahal karena bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Lihat saja harga mobil kini sudah semakin naik saja, tak jauh berbeda juga dengan harga mobil bekas.

Bahkan, bila incaran Anda itu mobil antik, harganya bisa mencapai ratusan juta. Coba bayangkan harus berapa lama Anda untuk mengumpulkan uang sebanyak itu. Perhitungkanlah berapa lama jangka waktu yang Anda butuhkan untuk mengumpulkannya dan apakah mobilnya masih ada saat uangnya sudah terkumpul?

2. Tidak Dapat Asuransi

Ini juga salah satu kendala saat Anda memutuskan untuk membeli mobil secara tunai. Kadang obil yang dibeli secara tunai, baik baru maupun bekas, tidak disertai dengan asuransi.

Biasanya asuransi secara otomatis diberikan kepada transaksi yang bersifat kredit. Hal ini diberikan untuk memastikan pihak pembeli menjadi terjamin dan masalah-masalah yang terjadi ke depannya akan ditanggung oleh asuransi.

Hal tersebut lah yang tidak dapat Anda dapatkan ketika membeli secara tunai, kecuali bila Anda mengajukan asuransi sendiri.

bagi Anda yang sedang di Jogja, kami juga menyediakan layanan Sewa Mobil Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here