Hutan Pinus Mangunan

hutan pinus mangunan

Hutan Pinus Mangunan – Salah satu tempat wisata di Bantul, Jogja yang sangat terkenal saat ini yaitu Hutan Pinus Mangunan. Tepatnya di Desa Mangunan, obyek wisata hutan pinus ini memilki udara nan sejuk dan asri. eperti kebanyakan foto yang tersebar di media sosial anda dapat berfoto ria dengan spot foto yang sangat banyak.

Sebuah panggung yang dikelilingi kursi yang terbuat dari kayu merupakan salah satu spot yang paling terkenal dari banyaknya spot foto yang ada di mangunan. Hutan pinus yang tubuh lebat dan menjulang tinggi membuat ka mu semakin betah di salah satu tempat wisata Jogja ini. Rekomended untuk anda datangi bersama keluarga, sahabat dan teman anda untuk bercanda ria.

Bagi anda yang suka kabut wisata alam adalah pilihan tepat untuk anda datangi. Jika beruntung di pagi hari atau sehabis hujan kamu dapat menjumpai kabut putih.

Bagi remaja milenial tempat wisata ini sangat cocok untuk berfoto ala ala instgramable. Karena cahaya dan background yang dimiliki oleh Hutan Pinus ini begitu keren.

Sekilas Tentang Hutan Pinus Mangunan

harga tiket masuk hutan pinus mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan tempat wisata alam yang berada di daerah Bantul dan merupakan salah satu tempat selfie yang diburu banyak orang. Hutan Pinus Mangunan memiliki suasana yang dapat membuat pengunjung merasa damai, sangat asri, masih alami, serta dapat membuat hati tenang. Banyaknya deretan pohon pinus yang tumbuh seubur ini membuat suasana semakin menjadi asri.

Memiliki banyak keunikan Hutan ini tak luput dari peran pengelola yaitu RPH Mangunan (Resort Pengelolaan Hutan). Luas hutan ini sekitar kurang lebih 500 hektar dan banyak tumbuh pepohonan yang tinggi yang membuat suasana hati menjadi sejuk dan tenang.

Hutan pinus mangunan ini banyak juga yang menyebutnya dengan hutan imogiri, karena hutan tersebut berdekatan dengan Makam Raja-raja Imogiri.

Baca Juga : Tarif Sewa Mobil di Jogja

Sebelum banyak orang yang mengetahui tempat wisata ini, hutan ini dulunya merupakan kawasan tandus. Dengan kondisi tanah yang tandus maka pengelola hutan pun melakukan penghijauan dengan menanam beberapa pohon diantaranya ada pohon pinus, pohon akasia, mahoni dan masih banyak lagi. Lama kelamaan karena penghijauan tersebut dilakukan oleh pengelola hutan akhirnya membuahkan hasil.

Hutan Lindung

Kawasan hutan ini tidak hanya dijadikan sebagai objek wisata akan tetapi juga dijadikan sebagai hutan lindung. Untuk menjaga kenyamanan pengunjung makan pihak pengelola pun juga membangun fasilitas-fasilitas pendukung seperti yaitu seperti toilet, mushola, gardu pandang, panggung dengan kursi-kursi yang dibuat dari kayu dan di tata dengan rapi.

Anda akan merasa tenang dan damai ketika berada dihutan yang berada di daerah bantul ini karena keindahanya yang mempesona dan menarik. Jika anda mencari kesejukan hutan, maka kami sarankan anda datang di waktu pagi hari saja.

Ketika tiba di hutan tersebut anda akan melihat pepohonan yang berdiri dengan kokoh. Suasana yang tenang dan suara gesekan daun-daun yang melambai-lambai diterpa angin ini menambah suasana tenang dan damai benar-benar bisa anda rasakan.

Jika anda melihat pohon-pohon pinus di hutan ini dengan seksama maka anda akan banyak menjumpai banyak pohon pinus yang tumbuh dengan rindang.

Panggung Kayu

Selain itu juga terdapat Panggung yang lengkap dengan kursi-kursi kayu tersebut. Yang di buat berdasarkan alam sekitar dan menjadi ikon dari Hutan Pinus Mangunan. Wisatawan dapat menikmati indahnya alam dengan duduk-duduk santai di kursi kayu tersebut. Dengan duduk-duduk di kursi kayu tersebut dapat menghilangkan rasa penat dari aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Di panggung tersebut anda juga dapat mengabadikan momen dengan berfoto ria.

Gardu Pandang

Setelah menikmati keindahan alam dengan duduk-duduk di kursi kayu tersebut. Wisatawan juga bisa menaiki gardu pandang yang dibangun oleh pengelola hutan.

Jika anda ingin melihat pemandangan sekitar hutan yang indah dengan leluasa maka naik lah ke gardu pandang. Wisatawan juga akan melihat rindanya pepohonan yang masih hijau serta bukit-bukit yang masih terlihat asri dari jauh.

Outbond

Selain menikmati keindahan tersebut wisatawan juga dapat berpetualang. Dengan trekking melalui jalur outbond menuju Watu Abang yang konon merupakan tempat pertapaan dari Sultan Agung Hanyokrokusumo.

Di hutan ini juga terdapat hammock yang bida digunakan untuk bersantai. Serta menikmati keindahan alam dengan berayun-ayun diatas hammock ditemani suasana damai serta hembusan angin yang sejuk.

Fasilitas Hutan Pinus Mangunan

Tiket masuk yang tidak dipasang tarif alias gratis tidak mengurangi fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola. Malah fasilitas Hutan Pinus Mangunan sudah standart fasilitas tempat wisata Indonesia lainnya.

Berikut adalah daftar fasilitas yang tersedia :

  1. Tempat Outbond
  2. Mushola
  3. Warung Makan & Tempat Jajan
  4. Area Parkir Yang Luas
  5. Toilet
  6. Tempat Bersantai

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Sampai sekarang anda tidak akan dipungut biaya atau bisa dibilang grati untuk memasuki wisata ini. Wisatawan yang datang hanya akan ditarik uang untuk membayar parkir roda dua Rp. 3.000 & kendaraan roda 4 Rp. 10.000. Setelah itu anda sudah dapat menikmati spot fasilitas dan berfoto ria di obyek wisata ini.

Alamat Hutan Pinus Mangunan

Wisata yang sempat hits ini memang bisa dibilang dekat dengan kota Yogyakarta, tapi juga bisa dibilang jauh dari pusat kota Yogyakarta. Karena letaknya yang tidak jauh dari kota akan tetapi untuk sampai ke tempat wisata yang satu ini harus melewati jalan naik turun serta berbelok-belok.

Untuk alamat lengkapnya hutan pinus mangunan ini beralamatkan di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 66783.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan

Jika anda menanyakan lokasi Hutan Pinus Mangunan ini, maka hutan ini berada di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja wisata ini berjarak kurang lebih 23 Km yang dapat anda tempuh sekitar 50 menit. Untuk Mengunjungki tempat wisata ini kami sarankan datanglah pagi hari untuk menghindari kemacetan.

Rute jalan paling cepat dan mudah untuk menuju Hutan Pinus Mangunan Dlingo ini yaitu melalui Jl. Imogiri Barat. Adapun rute lain yaitu melalui melalui Jl. Imogiri Tim dan melalui Jl. Parangtritis namun rute ini agak jauh. Saran kami untuk rute jalan anda bisa langsung menggunakan Google Maps, karena lebih efisien.

Spot Foto di Hutan Pinus Mangunan

Dari sekian banyak gambar yang anda lihat di media social tentang spot foto di hutan pinus mangunan itu memang benar ada disana. Spot foto tersebut meliputi :

Foto Dengan Selimut Kabut

Disaat pagi hari anda dapat berfoto dan melihat pohon pinus yang diselimuti kabut. Jadi anda dapat memanfaatkan keindahan tersebut untuk berfoto atau selfie selama berwisata disana.

Foto Diatas Hammock

Hammock yang dipasang di pohon pinus secara bertingkat ini akan sangat saying anda lewat kan apabila anda tidak mengabadikan moment dengan berfoto.

Foto Diantara Bangku dan Panggung Pertunjukan

Disana anda dapat menemukan paggung terbuka yang digunakan untuk ruang teater, sastra, ruang pertunjukan music untuk mengibur wisatawan.

Panggung yang didesain dari kayu dan berbentuk setengah lingkaran ini terkesan sangat unik. Bangku yang di tata focus melingkar ke arah panggung ini menjadikan spot ini terlihat sangat mempesona atau unik.

Foto di Taman Bunga Hutan Pinus

Jangan salah anda ketika anda berwisata di hutan pinus hanya akan disuguhi pemandangan pohon pinus saja. Disini terdapat juga taman bunga di sekitar pohon pinus yang akan membuat lebih menarik ketika anda berfoto disana.

Foto diatas Rumah Pohon atau Gardu Pandang

Ketika melihat banyaknya pohon sudah pasti bayangan kita betapa asiknya bila ada rumah pohon. Nah disini anda dapat merasakan keseruan rumah pohon atau gardu pandang. Anda dapat berfoto diatas rumah pohon dengan bebas bergaya. Akan tetapi anda harus berhati-hati ya ketika berada diatas rumah pohon.

Foto saat Matahari Terbit

Panorama matahari terbit dihutan pinus mangunan ini sangat cantic dan eksotis. Maka tak heran jika naluri narsis wisatan selalu muncul ketika matahari muncul juga.

Tips Berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan

Agar liburan kalian lebih menyenangkan, jadi silahkan simak tips ala-ala Genjos Holiday ini ya:

  1. Taati peraturan dan tidak buang sampah sembarangan.
  2. Gunakan sepatu, karena ada sedikit jalan menaiki gardu pandang dan trecking.
  3. Bawa properti ala-ala seperti kain, topi atau kacamata biar foto lebih keren ala selebgram.
  4. Bawa air minum.
  5. Siapkan kamera dan senyuman terbaik

Itu semua ulasan mengenai tempat wisata yang sempat hits di Yogyakarta versi genjos holiday. Dengan ulasan tersebut semoga bias menjadi bahan referensi sebelum anda ingin berlibur ke kota Yogyakarta. Dan jangan lupa selalu gunakan paket wisata dari genjos holiday dan dapatkan promo-promo menariknya.

×

Butuh Bantuan?

Klik tombol dibawah ini untuk menghubungi bagian reservasi.

×
Scroll to Top