MobilTips Mobil

Gunakan Teknik Angka 8 Agar Aman Saat Parkir Paralel!

Parkir paralel sangat banyak diperlukan untuk pengguna kendaraan roda empat yang berjenis passenger car.  Mereka tidak jarang  harus memarkir mobilnya berdampingan atau paralel. Mode ini mungkin sulit bagi mereka yang tidak terbiasa.

Mengutip keterangan resmi kantor berita Antara Suzuki: Parkir paralel membutuhkan teknik tersendiri. Jarak antara mobil di depan dan yang di belakang biasanya cukup kecil, sehingga parkir jenis ini lebih sulit dibandingkan dengan bentuk parkir lainnya.

Untuk memudahkan, pengemudi dapat memanfaatkan teknologi atau fungsi sensor parkir yang terpasang di banyak kendaraan, termasuk Suzuki.

Rio Octaviano, Ketua dari Indonesia Parking Association (IPA) memberikan saran tentang berbagai hal yang harus di perhatikan saat memarkir mobil paralel.

Daftar Isi :

Baca Juga :  Rekomendasi Mobil Tua Irit BBM, Cocok Untuk Anak Muda

Berikut tips parkir paralel yang dibagikan Suzuki:

Pastikan lokasi parkir

lokasi untuk parkir paralel biasanya diberi tanda
foto: instagram.com/heatherruthnelson

Saat mencari tempat parkir, pengemudi harus memastikan bahwa ruang tersebut benar-benar  untuk parkir paralel. Biasanya, ada tanda parkir paralel khusus dari pemilik tempatnya.

Saat Anda mulai parkir, pastikan mobil dalam posisi yang baik. Periksa jarak mobil dari kendaraan di depan dan di belakang dan pastikan mobil sejajar dengan mobil yang ada di samping.

Berikan tanda jika Anda ingin parkir

Jika ingin memberi isyarat kepada pengendara lain, nyalakan lampu sign untuk menandakan bahwa Anda akan parkir. Hal ini dilakukan agar pengemudi lain dapat menunggu dan tidak terburu-buru jika mobil tersebut masuk ke mode parkir di depannya.

Masuk dengan cara mundur lebih dulu

cara mundur parkir paralel
foto: instagram.com/pifanv

Parkir paralel lebih mudah dan cepat jika melakukannya dengan cara mobil mundur terlebih dahulu dan memasukkan bagian belakang ke tempat yang telah ada.

Saat Anda ingin parkir namun masuk bagian depan dahulu, maka untuk parkir dengan rapi membutuhkan pergerakan dan waktu yang lebih lama.

Gunakan teknik angka 8

belok kiri dan kanan saat akan parkir paralel
foto: instagram.com/motaquip

Delapan teknologi ini banyak yang percaya akan mempermudah parkir mobil paralel. Mulai dari posisi awal di samping mobil, lalu putar setir ke kiri atau kanan sesuai tempat parkir paralel, lalu berjalan mundur hingga sudut belakang mobil mencapai sudut parkir.

Baca Juga :  Ini dia 5 Keuntungan Membeli Mobil Bekas Perusahaan

Kemudian, putar balik kemudi ke arah berlawanan dan maju perlahan hingga mobil berada sejajar di tempat parkir paralel.

Hati-hati saat menginjak pedal rem dan pedal gas

Karena tempat parkirnya tidak terlalu luas, harus lebih hati-hati saat menginjak pedal rem dan gas. Hindari menekan pedal gas terlalu keras untuk mencegah kendaraan melaju agresif.

Pengemudi harus bisa mengendalikan pedal rem dan pedal gas secara seimbang karena jika tidak seimbang berisiko terjadi tabrakan dengan mobil lain. Gunakan juga kaca spion kiri dan kanan mobil untuk memastikan tempat parkir dengan tepat.

Gunakan rem tangan jika perlu

Penting untuk Anda catat apakah rem tangan harus diterapkan atau tidak selama parkir. Bisa Anda sesuaikan dengan kondisi sekitar dan bentuk jalan atau bisa bertanya ke tukang parkir setempat.

Jika Anda mengalami masalah pada tuas transmisi otomatis saat posisi parkir ini dengan posisi tuas di posisi N, Anda bisa merujuk pada buku panduan kendaraan Suzuki.

Sering latihan

Semakin sering Anda memarkir mobil secara paralel, makan akan semakin mudah. Latihan teratur dapat membantu Anda meningkatkan teknik dan menjadi lebih percaya diri saat parkir paralel.

Baca Juga :  All New Subaru Crosstrek: Harga dan Keunggulannya!
Baca juga konten kami di:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles