MuseumOleh-oleh khasTempat WisataWisata kulineranYogyakarta

Pesona Jalan Malioboro, Disini Bisa Ngapain Aja?

Malioboro merupakan nama sebuah jalan legendaris yang berada di pusat Kota Yogyakarta. Jalan Malioboro itu sendiri merupakan salah satu jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta.

Menurut sejarah nama Malioboro berasal dari bahasa sansekerta, malyabhara yang berarti karangan bunga. Adapula pendapat lain dari beberapa ahli yang berpendapat kata nama Malioboro berasal dari nama seorang kolonial Inggris yang bernama Marlborough, dimana ia pernah tinggal di Jogja pada tahun 1811- 1816 M.

Seakan tak pernah tidur, jalan Malioboro menjadi tempat yang selalu ramai baik siang maupun malam. Para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta kurang afdhol jika tidak menyempatkan berjalan-jalan di kawasan ini. Apalagi untuk mengisi hari libur bersama keluarga terutama anak-anak. Karena tempat wisata di Yogyakarta ini tidak hanya sekedar menyuguhkan pernak pernik khas Yogyakarta tapi banyak hal lain yang bisa dilakukan ditempat ini. Salah satunya yaitu wisata edukasi bagi anak-anak dalam mengenal kebudayaan serta sejarah yang ada di Yogyakarta.

Banyak hal menarik yang dapat dilakukan di jalan Malioboro, termasuk saat malam hari. Penasaran, apa saja yang bisa dilakukan di Malioboro?

Daftar Isi :

Baca Juga :  Kuliner Jogja Tersembunyi Yang Banyak Diburu Wisatawan!

Berwisata Kuliner

Seperti halnya souvenir dan cenderamata yang dijajakan pada sepanjang jalan ini, ragam kuliner di Malioboro juga sangat variatif. Berbagai macam makanan lengendaris bisa menjadi pilihan untuk memanjakan perut dan lidah penikmatnya. Jangan khawatir dijebak dengan harga yang melangit, banyak makanan di Malioboro ditawarkan dengan harga yang wajar. Beberapa rekomendasi kuliner di Jalan Malioboro ini yaitu

Jalan Malioboro
Instagram.com/unoguesthouse

Pecel Senggol Beringharjo

Lokasi berada di depan persis pasar Beringharjo. Pecel ini buka mulai pukul 06.00 WIB. Satu porsinya dijual dengan harga Rp 10.000 dengan isi sayuran yang terdiri dari bunga pepaya, daun kenikir, kecambah, kubis, dan masih banyak lagi. Selanjutnya, sayuran tersebut disiram dengan sambal kacang yang rasanya manis dan gurih

Kuliner Jalan Malioboro

Lumpia Samijaya

Lokasinya berada di depan toko Sami Jaya, tepat di sebelah Hotel Mutiara Malioboro. Lumpia Samijaya biasanya buka pukul 08.00 – 21.00 WIB. Untuk Harga lumpianya sendiri juga cukup murah. Yaitu varian lumpia ayam dijual dengan harga Rp 4.500 saja, sedangkan lumpia spesial Rp 5.000.

Kuliner Jalan Malioboro
Instagram.com/gadogadobuhadi

Gado-Gado Bu Hadi

Lokasinya berada di dalam Pasar Beringharjo lantai 2. Setiap hari, mulai 09.00 hingga 15.30 WIB. Per porsinya dijual mulai dari Rp 12.000.

Baca Juga :  Tempat Wisata Instagramable Jogja, Ada 5 yang Wajib Kamu Kunjungi

Belajar Sejarah

Sejumlah tempat bersejarah pun tak kalah menariknya untuk dikunjungi dikawasan ini. Salah satu yang cukup ikonik yaitu Benteng Vredeburg. Musem sejarah yang dibangun sejak tahun 1765 ini terletak sisi selatan kawasan Malioboro. Di dalamnya terdapat diorama perjuangan bangsa Indonesia sejak sebelum Proklamasi 1945 hingga era Orde Baru. Selain itu terdapat juga sejumlah benda-benda bersejarah, seperti foto-foto dan lukisan-lukisan perjuangan.

Harga tiket masuk Benteng Vredeburg sangat murah sekali. Untuk anak-anak dikenakan biaya antara Rp2.000, dewasa Rp 3.000 dan turis asing sebesar Rp10.000.

Menikmati Car Free Night

Jalan malioboro
Instagram.com/malioboro_insta

Wisata Jogja di malam hari semakin menarik dengan diberlakukannya car free night. Disepanjang jalan Malioboro, mulai pukul 18.00 sampai pukul 22.00 dilakukan penutupan jalan untuk kendaraan bermotor. Nah sebab itu suasana malioboro malam hari semakin ramai pengujung. Beberapa aktifitas seperti music tradisional dan tarian tradisional pun turut memeriahkan sepanjang jalan ini.

Berfoto Ria

Jalan malioboro
Instagram.com/h.limah18

Berjalan-jalan di Malioboro tidak afdol rasanya jika tidak menyempatkan berfoto-foto di area ini. Karena disini banyak terdapat bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur yang aesthetic. Desainnya juga lebih estetis dengan gaya industrial kontemporer. Sehingga banyak spot foto yang instagramable.

Diantara spot foto di Malioboro yang paling populer yaitu Plang Jalan Malioboro. Silih berganti para pengunjung berfoto ria di depan plang itu. Mulai dari remaja, anak-anak, hingga orang tua. Mulai dari yang foto sendiri hingga berkelompok. Dan tak sedikit yang rela antri untuk berfoto di Plang hijau ini.

Baca Juga :  Pantai Pamayangsari : Lokasi dan Harga Tiket Masuk
Plang Jalan malioboro
Instagram.com/bansmarwanto

Titik O km, lokasinya berada di ujung selatan Jalan Malioboro. Selain tempat berfoto ria, kawasan ini sering menjadi tempat tongkrongan komunitas, hingga sebagai tempat pertunjukan seni.

Benteng Vredeburg Jalan malioboro
Instagram.com/n_u_ge

Vredeburg, museum sejarah yang juga terletak di ujung selatan Jalan Malioboro. Di sekitar Benteng Vredeburg ini terdapat beberapa spot foto menarik seperti taman dan patung-patung yang unik.

Berbelanja Oleh-Oleh

Teras Jalan malioboro
Instagram.com/primabgz

Setelah berkeliling ketempat-tempat wisata yang berada di Yogyakarta, para wisatawan dapat berbelanja di kawasan Malioboro ini. Tempat berbelanja terbaru yang resmi dibuka yaitu Teras Malioboro. Letaknya terbagi menjadi dua tempat, di sebelah utara Gedung Agung bernama Teras Malioboro 1. Dan sebelah selatan Hotel Grand Inna Malioboro, Teras Malioboro 2.

Dengan konsep indoor, beragam jenis souvenir tertata apik di tempat ini. Mulai dari kerajinan tangan dari bahan alami, batik, kaos oblong khas Jogja, hingga bermacam kuliner.

 

 

 

Mazida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles