Wisata Religi

Goa Kiskendo : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Goa Kiskendo sebagai goa yang berada di pegunungan menoreh. Goa ini ada di atas ketinggian 1200 m dari permukaan laut dan ada di tengahnya rimba, tapi rimba itu menjadi perkampungan dan jalan alternative.

Situasi yang berada di Goa ini benar-benar sejuk dan dingin. Goa Kiskendo di temukan sekitar tahun 1820, lalu di tahun 1964 goa ini di jadikan rekreasi religius.

Selanjutnya di tahun 1974-1975 Dinas Pariwisata Yogyakarta meningkatkan Goa Kiskendo jadi tempat rekreasi yang diatur dengan cara resmi. Goa ini di sahkan di tahun 1979.

Asal mula dari Goa Kiskendo menurut dogma yang di percaya warga yakni sebuah kerajaan guwa kiskenda yang di pegang oleh Prabu Mahesasura yang di sebut saudara seperguruan dari Jatasura dan Patih Lembusura yang di sebut adiknya.

Menurut dogma, mereka berdua sebagai makhluk yang memiliki kemampuan sakti. Mahesasura di lukiskan dengan makhluk berkepala kerbau dan lembusura di lukiskan dengan makhluk berkepala sapi yang ke-2 nya bertubuh manusia yang tinggi dan besar.

Tapi meskipun mereka mempunyai kekayaan dan kemasyhuran, mereka mempunyai karakter yang tamak dan tinggi hati yang pada akhirnya daat merusak mereka sendiri.

Baca Juga :  Kota Tua Jakarta : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Prabu Mahesasura yang berasa dapat mengalahkan raja turunan dewa, memerintah adiknya Lembusura untuk melamar Dewi Tara yang di sebut wanita elok dari Bathara Indra.

Tapi Dewi Tara tidak terima lamarannya dan membuat Prabu Mahesasura dengan Lembusura berasa terhina dan merusak Kahyangan sementara Dewi Tara di bawa ke bumi.

Hal tersebut membuat beberapa dewa memilih untuk minta kontribusi Subali yang di sebut putra resi gotama yang di saat itu is sedang bertapa di goa itu untuk membayar semua tindakannya.

Lepas dari betul atau tidak dogma mistis dan angkernya tempat ini, di Goa ini mempunyai keelokan alam yang paling mengagumkan. Di Goa ini ada relief wayang yang memvisualisasikan peristiwa itu.

Goa ini tercipta karena serapan air yang ada sepanjang beberapa ratus tahun yang mempunyai panjang sekitaran kurang dari 600 m dengan beberapa jalan bercabang dan sinar yang remang-remang.

Di Goa ini ada banyak tempat untuk bertapa yakni Pertapaan Tledek, Kusuma, Padasan, Sabtri Tani, Semelong, Selumbung, Lumbung Kampek, dan masih tetap ada yang lain.

Baca Juga :  Gardu Pandang Pinus Asri : Lokasi & Harga Tiket Masuk

Daftar Isi :

Lokasi

Lokasi objek rekreasi Goa Kiskendo cukup dapat di jangkau dan gampang di ketemukan, tapi lokasi Goa ini ada jauh dari pusat perkotaan Jogjakarta.

Alamat persisnya ada di Jalan Goa Kiskendo, Girimulyo, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Goa Kiskendo

Jalur ke arah rekreasi alam Goa ini lumayan gampang di capai. Dan jalan ke arah objek rekreasi alam Goa Kiskendo telah pantas untuk di lalui. Namun tetap ada beberapa jalan yang curam.

Bila Anda dari Yogyakarta ke barat ke jalan kh ahmad dahlan lalu lurus terus ke jalan wates. Lalu sampai perempatan ke arah utara melalui jl siliwangi lempeng terus.

Lalu sampai perempatan kembali ke arah barat dan melalui jl godean lempeng terus ke arah jl raya kaligesing, turuti jalan itu karena itu anda akan sampai ke rekreasi Goa Kiskendo.

Baca Juga :  Goa Sriti : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Jarak yang di temuh dari pusat 0 km kota Jogja ke Goa ini lumayan jauh yakni sekitaran 30,6 km dan waktu pintas kendaraan normal beroda 2 dari pusat 0 km Kota Jogja ke Goa ini sekitaran 1 jam 3 menit.

Harga Ticket dan Parkir Goa Kiskendo

Harga ticket masuk Goa ini lumayan murah, untuk pelancong yang ingin bertandang ke Goa Kiskendo. Cuman akan di kenai ongkos Rp. 5000 per-orang. Pada harga itu anda bisa berekreasi religius di Goa Kiskendo ini.

Dan untuk harga ticket parkir pelancong yang bertandang akan di kenai ongkos Rp. 2000 untuk kendaraa beroda 2 dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Sarana

Sarana yang berada di objek rekreasi Goa Kiskendo cukup memadai. Dan sarana itu bisa membuat pelancong yang bertandang berasa nyaman, sarana salah satunya:

  • Tempat parkir
  • Loket karcis
  • Beberapa kios
  • Tempat info
  • Papan info
  • Taman bermain untuk anak-anak
  • Taman bermain keluarga
  • Pentas kesenian
  • Toilet
  • Gazebo
Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles