Wisata Religi

Gua Jatijajar : Harga Tilet Masuk dan Lokasi

Goa Jatijajar ialah sebuah situs geologi yang tercipta proses dari alami, yang berada di Kabupaten Kebumen, Jawa tengah. Goa yang kesemuaannya tercipta dari kapur, ini mempunyai panjang 250 mtr., llebar rerata 15 mtr., dan tinggi rerata 12 mtr..

Lokasi gua ini ada 50 mtr. di permukaan laut. Gua Jatijajar sebagai salah satunya object pariwisata unggulan di Kabupaten Kebumen, selainnya Waduk Sempor.

Harga Ticket Masuk

Ticket masuk untuk menelusuri Goa Jatijajar terhitung dapat di jangkau. Pengunjung perlu bayar belasan ribu untuk ticket masuk ke gua ini.

  • Ticket Masuk Anak Rp5.500
  • Ticket Masuk Dewasa Rp12.500

Jam Buka Goa Jatijajar

Gua ini bekerja setiap hari. Buka mulai subuh sampai malam hari. Tiap Hari jam 07.30 – 16.00 WIB

Rekreasi ke gua ini memiliki macam daya magnet. Selainnya pasti keelokan gua, riwayat dan diorama yang unik. Berikut daya magnet rekreasi yang dapat di peroleh di gua ini.

1. Tercipta Dari Proses Alami

Goa Jatijajar sebagai situs geologi di Kebumen yang tercipta proses dari alami. Goa ini tercipta dari bebatuan kapur dengan panjang lebih kurang 200 mtr.. Menurut riwayat, goa ini pertama kalinya di ketemukan dengan seorang petani.

Baca Juga :  Daftar Masjid Bersejarah Di Kota Solo

Saat mencari rumput, petani itu tidak menyengaja jatuh ke lubang. Tidak di duga, lubang tempat jatuh sang petani sebagai langit-langit Gua. Gua ini sendiri datang dari pohon jati yang tumbuh sejajar di mulut gua.

2. Patung Dinosaurus Sebagai Lambang

Sesudah beli tiket, wisatawan akan masuk ke gua. Di perjalanan ke arah gua, pelancong akan disongsong oleh patung dinosaurus. Mulut patung dinosaurus itu terbuka dan menyembur air sangat derasnya.

Patung dinosaurus di bikin sebagai lambang yang memperlihatkan jika gua ini sangat tua. Walau memiliki bentuk seperti dinosaurus, patung tersebut tidak horor. Pengunjung manfaatkan tempat ini untuk bermain air, sekalian spot photo.

Air yang menyemburkan dari mulut patung dinosaurus itu mempunyai fungsi-fungsi. Yang pertama sebagai tempat untuk bermain beberapa pengunjung. Peranan yang ke-2 sebagai irigasi sawah-sawah warga di sekitaran gua.

3. Tempat Berpetualang Di dalam Perut Bumi

Goa Jatijajar kerap di katakan sebagai tempat berpetualang di dalam perut bumi. Ini tidak terlepas dari jarak gua yang mempunyai panjang 250 mtr.. Goa ini mempunyai tinggi rerata 12 mtr. dengan lebar 15 mtr..

Dengan susunan semacam itu, gua ini terhitung gampang di jelajahi pengunjung. Apa lagi lajur dalam gua telah di beton dan di perlengkapi beberapa lampu pencahayaan. Hingga tidak perlu ketrampilan dan perlengkapan khusus untuk mencari gua ini.

Baca Juga :  Pantai Surumanis : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

4. Diorama Di Goa Jatijajar

Menurut narasi, Goa Jatijajar disinyalir sebagai tempat bersemedi Raden Kamandaka. Cerita mengenai Raden Kamandaka ini di masa datang di kenali sebagai legenda Lutung Kasarung. Dalam goa ada diorama yang memvisualisasikan legenda Lutung Kasarung.

Ada 8 diorama yang ada dalam gua. Diorama-diorama itu di realisasikan oleh 32 patung. Keseluruhnya patung dalam goa menyebar di mulai dari pintu masuk sampai pintu keluar.

Dalam gua juga telah di atur sebegitu rupa dengan dengan beragam ornament. Ada jalan yang dibeton, tangga serta lampu yang di pakai sebagai pencahayaan. Walau demikian tidak kurangi orisinalitas nuansa alami gua ini.

5. Keelokan Stalagtit Dan Stalagmit Goa Jatijajar

 

Selainnya diorama, dalam gua ada hal yang lain tidak kalah menarik. Hal itu ialah stalagtit dan stalagmit yang menghias sejauh goa. Stalagtit dan stalagmit sebagai bebatuan alami yang tercipta dalam goa.

Bebatuan itu tercipta dari pengendapan air hujan yang bereaksi dengan batu kapur. Wujud stalagmit datang dari bawah, ke arah atas. Dan stalagtit menggantung di atas goa ke arah bawah.

Kombinasi ke-2 nya sering membuat suatu hal yang unik. Gumpalannya yang kadang warna putih, dari terlalu jauh terlihat seperti salju. Keelokan alam semacam ini sayang di lewati tanpa menjadikan sebagai latar belakang photo.

Baca Juga :  Brujul Adventure Park Kebumen : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

6. Sungai Mengucur Di Bawah Tanah

Selainnya diorama di atas, ada sesuatu hal yang lain menarik di Goa Jatijajar. Dalam gua ini ada sungai bawah tanah yang mengucur. Jumlah sendang ini ada 7 biji, yang hanya 4 sendang yang dapat dicapai.

Ke-4 sendang ini ialah : Sendang Jombor, Puser Bumi, Mawar dan Kanthil. Ada 2 sendang sebagai favorite beberapa pengunjung. Sendang itu ialah Sendang Mawar dan Sendang Kanthil.

Air dari Sendang Mawar dan Sendang Kanthil ini selama setahun berjumpa. Tatap muka ke-2 air ini selanjutnya keluar lewat mulut patung dinosaurus di muka goa. Sementara Sendang Jombor dan Puser Bumi di diamkan alami dengan kondisi jalan yang licin.

7. Melahap Kulineran Ciri khas Goa Jatijajar

Tiap tempat selalu mempunyai kulineran yang unik dan berbeda dari lainnya. Begitu halnya yang berada di Goa Jatijajar ini. Kekhasan kulineran itu sering menjadi satu di antara argumen pelancong untuk bertandang.

Disekitaran teritori rekreasi gua ini, pecel jadi kulineran ciri khas yang nikmat untuk dikonsumsi. Yang membuat pecel di sini makin ciri khas ialah tambahan bunga kecombrongnya. Harga per jatahnya juga berteman.

Sarana Di Goa Jatijajar

Goa Jatijajar makin lama makin diperbaharui beragam sarananya untuk menampung aktivitas pengunjung. Beragam sarana itu diantaranya toilet, tempat parkir, sampai mushola. Ada juga taman yang dapat menambahkan keasrian situasi di situ.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles