Beranda Wisata Puncak Canting Mas Puncak Dipowono

Canting Mas Puncak Dipowono

0

Canting Mas Puncak Dipowono: Wisata ke puncak memang selalu disukai oleh semua orang. Pemandangan indah dengan panorama kehijauan, serta udara yang sejuk membuat banyak orang senang wisata ke puncak.

Jika Anda ingin berwisata ala ala puncak, tak harus selalu ke Puncak Bogor atau Puncak Bandung. Jika Anda berlibur di Yogyakarta, ada salah satu lokasi wisata dengan keindahan ala puncak. Namanya adalah Puncak Dipowono.

Puncak Dipowono ini merupakan wisata jogja selain pantai yang menyuguhkan keindahan pemandangan perbukitan. Dari lokasi Puncak Dipowono, Anda bisa melihat hamparan Perbukitan Menoreh yang berada di sekeliling Puncak tersebut.

Jika cuaca sedang bagus, maka dari kejauhan akan terlihat waduk sermo. Pemandangan ikonik itulah yang membuat Puncak Dipowono mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Jika Anda adalah seseorang yang senang melihat sunrise, maka Puncak Dipowono ini adalah lokasi untuk berlibut yang tepat. Ketika Anda datang kesana pada pagi hari, sunrise akan terlihat sangat indah.

Apalagi disana juga terdapat kabut-kabut tipis yang membuat pemandangan semakin mengagumkan. Jika cuaca cerah, akan terlihat kegagahan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, dan Gunung Sepikul.

Ketika Anda menjumpai pemangan mengagumkan seperti itu, jangan lupa mengabadikannya ya!

Sekilas Canting Mas Puncak Dipowono

Hal menarik dari Puncak Dipowono ini adalah berbagai macam spot foto yang ada disana. Ada yang bentuknya kapal kapalan hingga ada yang berbentuk gardu pandang seperti spot foto biasanya.

Spot foto tersebut memang sengaja dibuat oleh pengelola Puncak Dipowo yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis). Tujuannya agar wisatawan dapat berfoto di lokasi terbaik di Puncak Dipowono.

Wisatawan yang berfoto di spot foto yang telah disediakan akan mendapatkan foto dengan background perbukitan dengan waduk sermo yang indah. Sekilas memang Puncak Dipowono ini mirip dengan obyek wisata Kalibiru.

Memang wisata jogja baru ini memiliki konsep yang sama dengan wisata Kalibiru. Lokasinya pun berdekatan. Hanya saja Puncak Dipowono ini lokasinya ada diatas Kalibiru. Harga tiket masuknya pun lebih terjangkau di Puncak Dipowono ini.

Jika Anda ingin berkunjung kesana, usahakan untuk membawa sandal atau sepatu yang anti selip. Hal itu karena jalanan di Puncak Dipowono biasanya licin pada waktu musim hujan. Namun jika Anda kesana pada waktu musim kemarau, mungkin itu tak begitu masalah.

Selain itu, bawalah pakaian yang hangat agar tidak kedinginan jika Anda kesana pada waktu pagi hari.

Waktu Berkunjung Yang Tepat

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Puncak Dipowono adalah pada waktu pagi hari atau sore hari. Pada waktu pagi hari, Anda bisa melihat keindahan sunrise yang mempesona.

Namun jangan khawatir jika Anda tidak bisa mengejar sunrise, pergi kesana pada pagi hari akan disuguhi dengan pemandangan kabut tipis. Namun jika waktu sudah cukup siang, kabut itu akan hilang dan pemandangan jadi kurang mengagumkan.

Ketika sore hari tiba, Anda bisa melihat nuansa langit yang kemerahan yang menjadi background spot foto di Puncak Dipowono. Meskipun tidak bisa melihat sunset dari Puncak Dipowono, namun semburat langit kemerahan tetap membuat pemandangan jadi lebih indah.

Tempat wisata ini cocok dikunjungi oleh anak muda, keluarga muda maupun rombongan. Karena ini adalah tempat wisata yang kurang populer di Joga.

Maka kunjungan paling ramai hanya pada weekend dan liburan saja. Pemandangan indah yang Anda dapatkan rasanya akan menjadi memori indah yang tak akan terlupakan.

Asal Usul Canting Mas Puncak Dipowono

Asal usul Puncak Dipowono dulunya adalah lokasi hutan yang tidak dikelola dengan baik dan dibiarkan saja oleh masyarakat setempat. Namun karena di lokasi tersebut memiliki view yang bagus dengan Pemandangan Bukit Menoreh dan Waduk Sermo di kejauhan.

Akhirnya penduduk setempat berinisiatif membuat lokasi tersebut sebagai objek wisata.

Kini lokasi tersebut menjadi objek wisata yang mulai dikunjungi wisatawan. Pengelola tempat wisata Puncak Dipowono pun serius mengelolanya dengan baik. Sehingga Pokdarwis mulai membangun berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Berbagai macam spot selfie juga dibuat agar banyak wisatawan tertarik kesana dan lokasi tersebut menjadi wisata jogja hits.

Lokasi Puncak Dipowono

Lokasi Puncak Dipowono berada di Dusun Clapar 2, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika perjalanan ditempuh dari Kota Yogyakarta maka akan membuatuhkan waktu kurang lebih 2 jam menuju kesana.

Meskipun jalanan menuju kesana berkelok-kelok dan menanjak, namun masih aman untuk dilalui dan kondisi jalannya pun cukup bagus. Pastikan jika kamu kesana menggunakan kendaraan pribadi dalam kondisi yang bagus.

Jika ingin lebih fleksibel sebaiknya menggunakan motor karena akses jalan disana tidak terlalu lebar.

Rute Puncak Dipowono

Rute menuju Puncak Dipowo cukup menantang. Sepanjang perjalanan menuju kesana Anda akan melewati jalanan yang menanjak dan menurun yang cukup curam. Butuh skill mengendarai yang mumpuni. Namun santai saja, karena jalan disana sudah bagus dan beraspal.

Jalanan juga cukup lengang dan aman. Apalagi di sepanjang perjalann menuju kesana, Anda akan melewati pemandangan pedesaan, persawahan, hingga perbukitan Menoreh yang memanjakan mata. Perjalanan panjang pun jadi tidak begitu terasa.

Untuk bisa sampai di Puncak Dipowono, Kamu bisa mengikuti rute Puncak Dipowono berikut ini :

Jogja – Jalan Wates – Stasiun Sentolo / Pasar Sentolo (jalan alternatif ke Wates) – Celereng – Pasar Clereng – Arah Kalibiru (liat papan petunjuk setelah pasar clereng) – Taman Wisata Watoe Gembel, ambil kanan (liat papan petunjuk) – Puncak Dipowono Canting Mas.

Jika masih saja kesulitan mengikuti rute tersebut, maka sebaiknya Kamu mengandalkan GPS atau bertanya kepada penduduk lokal agar tidak kesasar. Meskipun Puncak Dipowono adalah lokasi wisata baru di Jogja, namun penduduk sekitar sudah banyak yang tau dengan lokasi wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Canting Mas Puncak Dipowono

Untuk Harga tiket masuk Puncak Dipowono adalah sebesar Rp 12.000 per orang. Dengan harga yang cukup terjangkau tersebut kamu bisa menikmati keindahan alam Kulon Progo.

Untuk berfoto selfie di gardu pandang yang ikonik atau spot foto lainnya dikenakan biaya seikhlasnya. Biaya tersebut untuk perawatan spot foto dan pembuatan spot foto baru lainnya. Dari spot foto itu, Anda bisa melihat view pemandangan dengan ketinggian 700 meter.

Jika kamu ingin mendapatkan foto yang bagus ketika berkunjung kesana, maka sebaiknya datang kesana pada waktu matahari akan tenggelam. Semburat warna orange dipadu dengan pemandangan yang indah pasti akan membuat fotomu semakin mengesankan. Jangan lupa untuk mampir ke lokasi wisata lainnya di sekitar sana yang tidak kalah menariknya.

Fasilitas Canting Mas Puncak Dipowono

Meskipun ini adalah wisata yang dikelola secara swadaya masyarakat dengan dana yang terbatas, namun fasilitasnya cukup lengkap. Berbagai macam fasilitas yang ada di Puncak Dipowono yaitu mulai dari parkir yang cukup luas, spot foto, mushola, kamar mandi.

Pengunjung juga nyaman karena disana terdapat warung makan, gazebo, hingga tempat istirahat. Fasilitas yang cukup lengkap itu semakin membuat pengunjung nyaman dan tidak kapok jika ingin kesana kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here