MobilTips Mobiltips mudik

Akan Mudik? Periksa 6 Bagian AC mobil ini sebelumnya!

instagram.com/greenoto

Puasa Ramadhan sebentar lagi akan berakhir. Artinya, masyarakat Indonesia sudah mulai mempersiapkan hari lebaran 2023. Momen mudik lebaran akan menjadi hal yang terjadi setiap setahun sekali. Tak dapat dipungkiri mudik lebaran menjadi hal yang cukup melelahkan, karena lamanya perjalanan yang bisa disebabkan beberapa faktor.  Termasuk kemacetan yang meningkatnya volume kendaraan.

Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar perjalanan yang ditempuh terasa nyaman dan lancar. Yaitu kondisi badan yang fit dan memastikan mobil dalam keadaan baik.

Air Conditioner (AC) merupakan bagian penting pada mobil karena tanpa adanya AC penumpang yang ada dalam kabin akan merasa tidak akan nyaman. Nah sebaiknya ada 6 bagian dari AC mobil yang wajib diperiksa sebelum perjalanan mudik.

Daftar Isi :

Kompresor

Kompresor adalah salah satu bagian utama AC yang mempunyai peran memompa freon ke seluruh sistem AC. Periksa dengan melihat sambungan-sambungan selang AC di ruang mesin. Jika terdapat noda oli pada sekitarnya, bisa dipastikan ada kebocoran pada selang kompresor.

Baca Juga :  Istilah Jual-Beli Mobil yang Perlu Dipahami Sebelum ke Dealer atau Pameran

Oli kompresor berperan menjaga suhu kompresor dan mengurangi gesekan. Jika oli berkurang atau habis, kinerja AC menjadi lebih berat dan mengeluarkan bunyi.

Freon

Freon dalam kondisi bening menunjukkan bahwa freon masih penuh. Akan tetapi, jika terdapat busa putih pada kaca itu menunjukkan freon sudah berkurang. Sementara kaca freon jika tampak bening menunjukkan gas freon sudah habis.

Kipas (extra fan)

Pastikan kipas atau fan berkerja pada saat AC mobil dinyalakan. Adanya fan dalam sistem AC mempunyai sangat besar untuk pendinginan kondensor.

Ketika AC dinyalakan dan kipas mati, maka AC pada mobil akan terasa panas. Tentu hal ini akan mengurangi kenyamanan pada saat berkendara perjalanan jauh terutama mudik lebaran ini.

Blower

Bagian lain dari AC mobil yang perlu diperiksa sebelum perjalanan mudik lebaran yaitu blower. Jika blower terdengar kasar pada saat AC dinyalaka, maka bisa dipastikan terdapat masalah.

Untuk mengeceknya bisa dilakukan secara bertahap dari pengaturan hembusan angin terkecil hingga besar.

Evaporator

Evaporator berfungsi menyerap udara panas setelah itu mengubahnya menjadi udara dingin yang disemprotkan blower. Bila evaporator mengalami kebocoran juga bisa mengakibatkan AC mobil menjadi tidak dingin. Hal ini membuat freon akan berkurang, sehingga embusan angin terasa tidak dingin.

Baca Juga :  Mobil Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Mungkin Inilah Sebabnya

Filter AC

Bagian dar AC mobil yang juga wajib diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh yaitu filter AC.

Pastikan bagian filter ini diganti dengan yang baru agar kualitas udara yang dihasilkan lebih sehat dan terjaga saat melakukan perjalanan jauh.

Cara Merawat AC Mobil dengan Mudah

Ada beberapa hal mudah yang bisa dilakukan untuk merawat AC mobil, di antaranya menjaga kebersihan kondensor. Lalu menjaga kebersihan evaporator supaya aliran udara yang berhembus tidak terhalang. Bagian evaporator ini agar tidak cepat kotor bisa pasangkan filter AC dan menggantinya secara berkala.

Menganti filter secara berkala juga perlu dilakukan agar tidak terjadi sumbatan pada keran ekspansi dan rusaknya komponen kompresor AC.

Itu lah enam bagian AC mobil yang perlu periksa dan cara merawatnya sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik lebaran yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Mazida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com sewa bus pariwisata jogja terbaik.