Harga MobilMobilSpesifikasi Mobil

7 Pilihan Mobil Yang Cocok Untuk Mobil Campervan

Liburan kini makin banyak macamnya. Tidak sedikit orang yang beralih dari yang suka berlibur di keramaian, menjadi private. Tren mobil untuk campervan saat ini semakin digandrungi.

Membahas soal mobil campervan, sebenarnya adakah spesifikasi khusus agar bisa diubah menjadi kendaraan yang proper untuk campervan?

“Kalau secara teknis, tidak ada mobil khusus untuk camper. Semua mobil bisa diajak camping. Tapi jika sebuah mobil dibangun menjadi sebuah campervan, ya seharusnya mobil harus layak, agar nyaman untuk ditiduri” menurut Aji, member komunitas Indonesia Motorhome.

Begitu juga menurut Totok, pemilik JakartaCampervan.id. sebuah bahan campervan harus memiliki dasar ruang yang lega. “Yang penting harus lega, supaya mudah didesain senyaman mungkin untuk ditinggali,” tambah Totok.

Nah, simak mobil-mobil berikut yang cocok dijadikan campervan. Berikut ulasan lengkapnya.

Daftar Isi :

6 Pilihan Mobil Yang Cocok Untuk Campervan

Daihatsu Gran Max

Campervan
Instagram.com/mobil_autozir

Mobil penumpang yang satu ini sangat cocok masuk ke dalam pilihan mobil untuk campervan. Kabin yang cukup lega menjadi alasan membuat campervan dari Daihatsu Gran Max.

Selain itu, pintu bagian tengah mobil ini menggunakan model geser yang bisa memudahkan keluar-masuk. Harga bekasnya pun juga terbilang cukup murah, berkisar Rp60 jutaan hingga Rp120 jutaan tergantung kondisi.

Suzuki APV

Campervan
Instagram.com/apvclubtangerang

Mobil kedua yang bisa dijadikan bahan adalah Suzuki APV. MPV yang juga sempat tren di awal 2000-an ini mempunyai kabin yang lumayan lega.

Dari segi harganya pun juga terbilang murah, sehingga tidak terlalu mahal dan memberatkan. Akan tetapi pintu bagian tengah tidak memakai model geser, melainkan seperti mobil pada umumnya.

Chevrolet Trooper

Campervan
Instagram.com/rptrma

Selanjutnya yang bisa dijadikan bahan campervan adalah Chevrolet Trooper. Chevrolet Trooper sendiri merupakan SUV yang juga pernah tren pada tahun 1980-an akhir hingga 1990-an.

Baca Juga :  Kupas Tuntas Fitur Toyota Calya, MPV Murah di Bawah Rp200 Juta

Salah satu kelebihannya adalah memiliki penggerak 4×4 yang bisa digunakan ketika hendak menuju tempat camping yang licin. Bagi yang hendak menggunakan Trooper, disarankan menggunakan versi Hi-Roof atau model dengan atap jenong.

Untuk kisaran harganya berkisar antara Rp40—90 jutaan. Dan mesinnya pun memiliki pilihan dari bensin 2.300 cc, dan diesel 2.300 cc dengan transmisi manual 5 percepatan.

Hyundai H1

Campervan
Instagram.com/h1campervan

Kemudian ada lagi Hyundai H1 yang bisa masuk nominasi sebagai bahan mobil campervan. Dari segi dimensi, H1 sangat mumpuni untuk dijadikan mobil camping.

Melihat kabinnya yang sangat lapang, dimensinya setara dengan Alphard. Pilihan mesinnya pun terdiri dari bensin dan juga diesel yang tenaganya tak perlu diragukan lagi.

Akan tetapi, dari segi harga Hyundai H1 ini jadi yang termahal. Sebab harga bekasnya masih àda pada kisaran Rp150 jutaan hingga Rp300 jutaan tergantung tahun produksi.

Toyota HiAce

Campervan
Instagram.com/mexicocarsusa

Termasuk mobil travel, soal kenyamanan HiAce cocok dipakai untuk camper van. Namun harga bekasnya masih tinggi, yaitu Rp 200 jutaan. Tetapi ada juga HiAce versi jadul yang diproduksi tahun 1970 atau 1980-an. Harga pasarannya sekitar Rp 20 jutaan.

Baca Juga :  Harga Daihatsu Sigra 2023 dan Fitur Unggulannya

Kia Carnival

Berikutnya ada Kia Carnival. Mobil keluarga yang juga populer di era 2000-an awal ini layak dijadikan sebagai mobil camping.

Harga bekasnya saat ini sudah terbilang sangat murah. Kisarannya ada di Rp30—50 jutaan saja.

Fitur yang ada di mobil ini juga lumayan menarik. Salah satunya ada sunroof, pintu tengah model geser, jok tengah captain seat, dan kabin yang cukup lega.

Nissan Evalia

Mobil yang terakhir yaitu Nissan Evalia. Nama Nissan Evalia kini memang sudah mulai terlupakan. Namun secara dimensi Evalia masuk ke dalam salah satu mobil yang cocok dijadikan bahan campervan.

Kabinnya termasuk lega, sehingga mudah untuk dimodifikasi. Harga bekasnya juga termasuk menarik, yaitu berkisar antara di Rp60 jutaan sampai Rp90 jutaan.

Ulasan diatas merupakan beberapa pilihan mobil yang cocok dijadikan bahan campervan. Akan dibuat seperti apapun pastinya semua tergantung selera dan kondisi keuangan masing-masing.

 

Mazida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles