Beranda Bus Pariwisata 6 Tips Nyaman Naik Bus Pariwisata Saat Traveling

6 Tips Nyaman Naik Bus Pariwisata Saat Traveling

0
15.4

Jalan-jalan naik bus memang cukup digemari oleh traveler. Agar traveling Anda tetap nyaman saat naik bus, baik jarak dekat maupun jauh, ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Sewa Bus Jogja Genjos Holiday

Traveling menggunakan bus memang cukup menyenangkan. Walaupun perjalanannya akan lebih lama bila dibandingkan naik pesawat. Tentunya bus memiliki keunggulan yang membuat traveler jadi betah. Diantarnaya, traveler bisa menikmati pemandangan yang indah sepanjang perjalanan, juga bisa melihat beragam objek wisata dari jarak dekat.

Apa saja tips-tips tersebut, simak ulasan berikut:

1. pilihlah bus sesuai dengan selera

Saat jadwal perjalanan sudah Anda tetapkan, kini saatnya untuk mencari tiket bus. Pilihlah bus yang pelayanan dan interiornya sesuai dengan keinginan Anda, yang akan membuat betah selama perjalanan. Dan jangan lupa sesuaikan juga dengan budget yang tersedia.

Misalnya tentang pilihan bus yang ber-AC maupun yang tidak ber-AC. Soalnya traveler tentu memiliki selera yang berbeda-beda, ada yang sukanya naik bus ber-AC agar tidak kegerahan, dan ada juga yang lebih suka naik bus yang tidak ber-AC.

Begitu juga dengan susunan tempat duduknya, atau ketersediaan toiletnya. Kita tahu ada bus dengan susunan kursi 2-2, atau sisi kanan berjumlah 3 kursi dan sisi sebelahnya berjumlah 2 kursi. Untuk toilet bus juga seperti itu. Bila perjalanan Anda cukup panjan, maka sebaiknya pilihlah bus yang menyediakan toilet.

2. Carilah informasi yang lengkap

Sebelum Anda membeli tiket bus, sebaiknya cari tahu dulu rincian perjalanannya. Mulai dari Anda naiknya dari mana, turun di mana, hingga selama perjalanan berapa kali bus akan mampir ke tempat pemberhentian.

Anda perlu menanyakan juga apakah bus bisa berhenti pada titik tertentu saat belum sampai di terminal. Sebab, tidak jarang traveler meminta turun di titik tertentu sebelum bus tiba di tujuan terakhir, dengan tujuan agar lebih mudah untuk dijemput atau karena lebih dekat dengan tujuan utamanya.

3. Pilihlah tempat duduk yang nyaman

Memilih tempat duduk juga penting untuk Anda perhatikan. Sebab hal itu akan menunjang kenyamanan Anda. Misalnya dengan memilih kursi di dekat jendela agar lebih nyenyak dan enak saat tidur.

Anda pun akan bisa menyandarkan ke kepala ke jendela. Namun kelemahannya adalah agak ribet saat ingin keluar ke toilet misalnya, sebab harus melewati penumpang di sebelah Anda.

Bila dalam bus masih banyak kursi yang kosong, maka sebaiknya Anda memilih tempat duduk yang agak jauh dari pintu bus dan toilet agar Anda dapat lebih tenang karena terhindar dari banyaknya orang yang masuk dan keluar toilet. Banyak juga yang menyarankan agar tidak duduk di kursi yang posisinya tepat di atas roda bus, sebab hal itu akan mengganggu kenyamanan Anda.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Merawat Ban Bus Pariwisata

4. Bawalah bantal leher

Agar tidur Anda lebih nyaman, siapkan juga bantal leher. Hal ini juga untuk jaga-jaga kalau bus tidak menyediakan bantal. Anda juga bisa membawa kacamata hitam untuk melindungi mata dari silaunya matahari.

5. Letakkanlah tas besar dan koper di bagasi

Bus antar kota atau antar provinsi biasanya memiliki bagasi khusus untuk meletakan tas penumpang. Bila Anda membawa koper atau tas yang berukuran besar, taruh saja di bagasi bus agar tidak merepotkan Anda. Cukup tas kecil saja yang Anda bawa masuk ke dalam bus dan letakkanlah pada area bagasi di atas kabin.

Anda juga bisa meletakkan tas atau barang bawaan lainnya di bawah kursi, sekaligus untuk sandaran kaki bila bus tidak menyediakannya.

6. Persiapkanlah gadget

Nah, bila rasa kantuk tak kunjung tiba dan Anda masih ingin menikmati pemandangan di perjalanan, akan lebih asyik bila sambil mendengarkan musik kesukaan. Bawalah pemutar musik, atau ponsel yang memiliki menu pemutar musik, dan jangan lupa download dulu aplikasi untuk streaming musik dan sedia powerbank juga. Untuk jaga-jaga bila baterai habis.

Selain itu, untuk mengisi waktu traveler Anda juga bisa sambil main game, membaca e-book maupun dengan update status dan foto di media sosial Anda. Banyak pula bus yang sudah dilengkapi fasilitas WiFi, asyik ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here