Tips Mobiltips mudik

Tips Jitu Berburu Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran 2023

Bulan Ramadhan akan segera datang, bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang merantau,  momen ini akan selalu ditunggu-tunggu. Karena saat lebaran tiba mereka akan mudik ke kampung halaman masing-masing untuk berkumpul bersama keluarga. Jutaan orang akan mudik menggunakan berbagai moda transportasi, baik pribadi maupun umum. Moda transportasi umum  yang sering menjadi favorite dan pilihan untuk mudik lebaran salah satunya yaitu Kereta Api.

Sekadar Informasi, PT KAI telah mengumumkan tiket kereta api mudik sudah dapat dipesan pada 26 Februari 2023 untuk keberangkatan 12 April 2023. Nah untuk kamu yang berencana mudik menggunakan Kereta Api, berikut tips-tips jitu untuk berburu tiket agar tidak kehabisan.

Daftar Isi :

1. Menentukan Tanggal Berangkat dan Pulang Mudik

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menentukan tanggal kapan kamu akan berangkat dan pulang kembali ke perantauan. Setelah itu, kamu bisa memastikan kapan jadwal pemesanan tiket akan dibuka. Ini sangatlah penting supaya kamu tidak tertinggal saat memesan tiket.

Mudik 2023
instagram.com/gmontarado

2. Memasang Alarm Pengingat

Pemesanan tiket Kereta Api akan dibuka pada pukul 00:00 WIB, dan biasanya akan diserbu habis dalam waktu singkat. Untuk itu, agar kamu tidak ketinggalan dan kehabisan, kamu harus mengatur alarm kamu minimal setengah jam sebelum waktu pemesanan tiket dimulai untuk mempersiapkan semuanya.

Baca Juga :  Dapat Berakibat Fatal! Ini dia Kesalahan Berkendara yang Masih Banyak Dilakukan Orang

3. Pesan Tiket Secara Online

Kamu bisa memesan tiket via online, ini akan sangat memudahkan. Pesan via online juga lebih mudah dengan beragam metode pembayaran yang tersedia. Kamu bisa memilih memesan tiket di beberbagai aplikasi perjalanan atau bisa langsung lewat aplikasi milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) yaitu KAI Access.

4. Pastikan Internet Stabil

Salah satu hal yang paling penting dalam berburu tiket secara online yaitu memastikan sinyal internet kuat dan stabil. Karena pada saat pemesanan tiket dibuka, kamu akan bersaing dengan jutaan masyarakat Indonesia lainnya.

5. Gunakan Fitur Data Penumpang

Berbagai aplikasi perjalanan biasanya memiliki fitur data penumpang, ini akan sangat memudahkan kamu dalam proses pengisian data saat pemesanan. Sebelum waktu pemesanan dibuka, kamu bisa mengisi data penumpang terlebih dahulu. Setelah itu, saat melakukan pemesanan kamu hanya perlu menggunakan fitur penumpang yang sudah tertera tanpa mengisi kembali.

Kereta Api
instagram.com/gmontarado

6. Gunakan Metode Pembayaran Cepat

Kamu bisa memilih metode pembayaran yang tergolong cepat yang tersedia di aplikasi tersebut. Seperti internet banking/online banking yang bisa memudahkan proses pembayaran di tengah malam. Dan jangan lupa, pastikan saldo kamu cukup untuk melakukan transaksi pembayaran tiket yang sudah kamu pesan.

7. Jangan Menyerah Jika Belum Berhasil

Jangan langsung menyerah jika kamu gagal di percobaan pertama. Cobalah tunggu sekitar 30-120 menit setalahnya. Siapa tahu ada kesempatan dari pemesanan tiket yang tidak berhasil dibayarkan. Ini biasanya dikarena batas waktu pembayaran berakhir, atau pemesanan tiket kereta orang lain yang dibatalkan.

8. Buat Plan B (Cadangan)

Jika tidak kebagian tiket pada hari yang sudah direncanakan, segera cari alternatif pada hari lain. Pastikan kesiapan sudah lebih matang dari percobaan sebelumnya. Agar bisa mendapatkan hasil yang diharapkan.

Baca Juga :  Tanda-Tanda Freon AC Mobil Habis.

9. Cek Ketersediaan Kereta Tambahan

Jangan khawatir jika tidak mendapatkan tiket kereta utama. Momen mudik lebaran biasanya akan membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan kereta tambahan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat. Informasi ini biasanya akan diumumkan pada saat peak-season atau mendekati musim mudik lebaran.

Dan itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk berburu tiket kereta api saat mudik lebaran tahun 2023!

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com sewa bus pariwisata jogja terbaik.