Puro Pakualaman : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Puro Pakualaman sebagai sisa istana kecil Pakualaman. Saat pemerinta Negara Republik Indonesia jadikan Kadipaten Paku Alaman sebagai sebuah wilayah berotonomi khusus satu tingkat propinsi Yogyakarta, Istana kecil ini jadi rumah Pangeran Pakualaman dari tahun 1813 – 1950 tahun .

Puro ini sama dengan Keraton Yogyakarta namun lebih kecil dari Keraton Yogyakarta. Istana kecil ini menghadap ke selatan. Di muka istana ini ada sebuah lapangan kecil yang umum di sebutkan Alun-alun Sewandanan.

Di samping barat daya Puro Pakualaman ada Mushola Besar Pakualaman. Mushola Besar Pakualaman ini serupa dengan mushola raya kesultanan perbedaannya Mushola Besar Pakualaman lebih kecil dan simpel. Dalam Mushola Besar Pakualaman itu ada balkon dan maksura yang di sebut tempat khusus Pangeran Paku Alaman.

Istana ini ada di tengahnya jalan umum yang di samping utara sebagai jalan Purwanggan, samping timur jalan Harjono, dan samping selatan jalan Sewandanan.

Gerbang khusus Istana Pakualaman ada di samping selatan dan di samping utara, tapi gerbang di samping utara telah di tutup. Kabarnya dahulunya istana ini di kitari benteng baluwerti yang tidak beranjungan. Tembok yang tebalnya 20 mtr.

Baca Juga :  Sindu Kusuma Edupark : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Disebelah utara Jalan Sultan Agung sebagai sisa baluwarti itu. Sekarang ini Puro masih jadi rumah Sri Paduka Paku Alam IX dan wagub Wilayah Spesial Yogyakarta. Di Puro Pakualaman anda bisa menyaksikan pendapa yang di sebutkan Bangsal Sewatama.

Riwayat Puro Pakualaman

Riwayat atau peninggalan yang di tinggal Pakualaman ada dalam museum yang berada di dekat Puro yang bisa anda saksikan bila bertandang ke Puro Pakualaman.

Beberapa benda yang di koleksinya yakni terjemahan kesepakatan politik sebagai dasar berdirinya KadipatenPaku Alaman dan da beragam kesepakatan politik yang lain.

Di museum tersebut ada banyak pusaka kerajaan di antaranya payung kebesaran, singgasana KGPA Paku Alam I, “Sambut Tunggul Naga” dan “Sambut Bharad”, senjata tombak trisula, baju kebesaran, lalu ada kereta kuda yang di sebut¬† kendaraan milik Pangeran Paku Alam.

Awalannya Puro ini sebagai instansi yang mengurusi raja dan keluarganya sepanjang jadi pusat pemerintah Kadipaten Paku Alaman.

Sesudah Kadipaten Paku Alaman dan Keraton Yogyakarta di ganti dari negara jadi Wilayah Spesial satu tingkat Propinsi di tahun 1950, Puro mulai di bagi dari Pemerintah Wilayah Spesial dan di tiadakan dari politik jadi sebuah Instansi Penopang Tradisi Jawa.

Baca Juga :  Bukit Pengilon : Loksi dan Harga Tiket Masuk

Peranan dari Puro Pakualaman yakni jadi perlindungan dan penjaga identitas budaya Jawa terutamanya budaya Paku Alaman Yogyakarta. Budaya style Paku Alaman belum populer karena daerah Kadipaten yang kecil dan jauh dari pantai selatan yang berada di Kulon Progo sekarang ini.

Lokasi

Lokasi rekreasi riwayat Puro benar-benar cukup buat di capai dan di ketemukan. Puro Pakualaman juga dekat sama pusat 0 km Kota Yogyakarta.

Lokasi persisnya ada di Jl. Mushola No.46, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Puro Pakualaman

Jalur ke arah rekreasi riwayat Puro enar-benar gampang di capai karena jalan ke arah objek rekreasi itu telah pantas untuk di lalui.

Bila anda dari Yogyakarta ke timur melalui jalan panembahan senopati, lurus terus ke jalan raya jogja selanjutnya sampai pertigaan ke arah utara melalui jl mushola selanjutnya sampai pertigaan ke arah timur melalui jl sewandanan, turuti jalan itu karena itu anda akan sampai ke rekreasi riwayat Puro Pakualaman.

Baca Juga :  Studio Alam Gamplong : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Jarak yang di temuh dari pusat 0 km kota Jogja ke Puro tidak jauh yakni cuman sekitaran 1,3 km dan waktu pintas kendaraan normal beroda 2 dari pusat 0 km Kota Jogja ke Puro yakni sekitaran 6 menit saja.

Harga Ticket dan Parkir Puro Pakualaman

Harga ticket masuk ke Puro ini cuman bergantung pelancong yang ingin memberi atau secara suka-rela. Pada harga suka-rela Anda bisa menyaksikan beragam koleksi yang berada di Puro Pakualaman.

Meskipun harga ticket masuk secara suka-rela, bila Anda berkunjung Puro Pakualam dengan kendaraan individu Anda akan di kenai ongkos sejumlah Rp. 2000 untuk kendaraan beroda 2 atau motor dan Rp. 10.000 untuk kendaraan mobil.

Sarana

Sarana yang berada di Puro Pakualaman lumayan memadai dan bisa membuat pelancong yang bertandang ke Puro ini berasa nyaman, sarana salah satunya:

  • Ada loket ticket masuk untuk pelancong
  • Toilet/kamar mandi
  • Pusat info
  • Ada listrik, air, dan line telephone
  • Ruang untuk pameran dan koleksi Puro Pakualaman
  • Tempat parkir yang lega
  • Ada keamanan
  • Mushola Besar Pakualaman