CandiTempat Wisata

Candi Pawon : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Candi Pawon adalah candi warisan agama Budha yang bernilai sesudah Candi Borobudur dan Candi Mendut yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa tengah. Ukuran Candi Pawon ini relatif kecil dan ada sebuah bedeng yang terselinap di tengah-tengah rumah masyarakat di tempat.

Candi Pawon ini di prediksi di buat bertepatan pada pertengan era ke 8 Masehi yakni bersama dengan Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Prambanan. Candi ini tetap berdiri dengan kuat dari periode Kerajaan Mataram Kuno sampai saat ini. Dan masih di pakai untuk upacara Waisak.

Karena lokasi Candi Pawon ini ada di Pulau Jawa, jadi warga di pulau Jawa kerap memandang candi ini memiliki arti dapur (yang dalam B. Jawa maknanya pawon). Tetapi bukti jika candi ini bercorak Budha, menurut B. Jawa Kuno Candi Pawon ini memiliki arti pawuan atau tempat abu. Yang di gunakan pada periode dinasti Syailendra untuk simpan abu mayat dari Raja Indra, perintis atau ayah Raja Samaratungga.

Candi ini mempunyai nama lain yakni Candi Branjanalan yang berperan lain sebagai tempat simpan senjata Dewa Indra yang di sebut Dewa penguasa petir dan halilintar. Senjata itu Vajranala di ambil dari “vajra” yang artinya halilintar dan “anala” yang artinya api. Nama dari Branjanalan merupakan Bahasa Sanskerta.

Baca Juga :  Hutan Pinus Mangunan - Berburu Foto di Tengah Ketenangan

Daftar Isi :

Candi Pawon

Candi Pawon ini di buat pada mas Classic, jadi konsep Candi Pawon ini sebagai kombinasi dari mode bangungan Hindu Jawa Kuno dan India. Dasar bujur sangkar dengan panjang masing-masing segi 10 mtr. sebagai tempat di bangunnya candi langsung di dukung oleh batur atau lapik dengan tinggi 1,5 mtr..

 

Candi ini ada pahatan-pahatan suluran, manusia dan bunga. Saat anda masuk ke pintu masuk candi ke arah bedeng anda akan menyaksikan sebuah ornament Kalamakara yang di sebut wujud kepala raksasa tradisionil Indonesi tanpa rahang bawah yang ada di atas pintu candi yang di percayai bisa menyingkirkan arwah jahat.

Di samping kiri ornament Kalamakara ada ukir-pahatan 1904 yag sebagai pertanda tahun usainya pembaruan candi. Pembaruan candi dilaksanakan saat kepemimpian Dinas Purbakala & J.G de Casparis, yang disebut seorang pakar bahasa dalam riwayat asal Belanda sebagai penanggung jawab.

Baca Juga :  Embung Batara Sriten : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Di samping utara dan selatan candi yang menghadap arah barat ada pahatan Kuwera atau Dewa Kekayaan dan di samping kanan dan kiri candi ada sepasang burung berkepala manusia yang diberi nama Kinara dan Kinari.

Lokasi Candi Pawon

Lokasi  Candi ini lumayan gampang di ketemukan dan dapat dijangkau karena ada tidak jauh dari Candi Borobudur dan Candi Mendut. Persisnya ada di Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Desa 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa tengah.

Jalur Ke arah Candi Pawon

Jalur ke arah  Candi ini cukup dapat di jangkau dan jalan ke arah Candi ini juga pantas untuk dilalui.

Bila anda dari pusat 0 km kota Jogjakarta ke arah barat melalui jl kh ahmad dahlan. Sampai ke pertigaan ke arah utara melalui jl bhayangkara lempeng terus lalu belok kiri sedikit. Selanjutnya lempeng terus melalui jl jogonegaran.

Sampai ke perempatan ke arah barat melalui jl kemetiran kidul lempeng lagi hingga perempatan kembali ke arah utara melalui jl letjen suprapto lempeng terus. Selanjutnya sampai di pertigaan ke kanan melalui jl tentara rakyat mataram, turuti jalan itu sampai melalui jl magelang. Lempeng lagi hingga ke arah jl semarang-jogjakarta.

Baca Juga :  Goa Sriti : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lalu sampai ke perempatan ke arah barat melalui jl moh yusuf, selanjutnya sampai perempatan ke kanan ke arah jl sendangsono lalu melalui jl mayor kusen. Selanjutnya belok ke barat melalui jl jend sudirman, turuti jalan itu karena itu anda akan mendapati tulisan Candi Pawon.

Jarak dari pusat perkotaan Yogyakarta ke Candi Pawon benar-benar jauh yakni sekitaran 37,7 km dan waktu pintas normal kendaraan motor dari pusat perkotaan Jogja ke arah Candi sekitaran 1 jam 7 menit.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Candi Pawon ini cukup murah. Beberapa pengunjung cuman akan di kenai ongkos sejumlah Rp. 10.000/orang untuk pelancong lokal dan Rp. 20.000/orang untuk pelancong asing.

Dan untuk harga ticket parkir pengunjung cuman akan dikenai ongkos Rp. 2000 untuk kendaraan sepeda motor sedangkan Rp. 5000 untuk kendaraan roda 4.

Sarana

Sarana yang berada di Candi Pawon sekarang ini masih belumlah cukup komplet tapi sarana di Candi ini bisa membuat beberapa pengunjung berasa nyaman, sarana salah satunya:

  • Tempat parkir
  • Toilet/kamar mandi
  • Beberapa warung minuman dan makanan
Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles