Tempat Wisata

Goa Jomblang : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Goa Jomblang sebagai gua yang berupa vertikal karena permukaan tanah yang roboh. Robohnya tanah di tempat itu tidak membuat tanaman yang tumbuh di atasnya jadi remuk, tapi tanaman itu jadi turut kebawah dan tumbuh prima hingga membuat rimba dalam Goa Jomblang.

Rimba itu di namakan yakni rimba purba. Goa ini jadi icon di kawasan geopark gunung Sewu sesudah di tetapkan sebagai anggota Geopark network.

Dulu di tahun 2011 objek rekreasi ini pernah di gunakan shooting pada suatu acara games show dari Amerika. Hal tersebut karena keelokan sinar matahari yang masuk ke gua membuat beberapa pelancong berasa takjub. Sinar itu kerap di sebutkan dengan sinar dari surga.

Ada aktivitas yang dapat dilakukan di Goa Jomblang. Satu di antaranya yakni telusuri gua. Bila anda ingin cari pengalaman, anda bisa coba aktivitas itu saat anda berkunjung Goa ini.

Ada beberapaakses untuk masuk ke Goa ini yakni akses viv, akses A, B dan C. Untuk akses viv anda bisa telusuri gua dengan jalan kaki selanjutnya turun dari ketinggian sekitaran 20 mtr.. Dan untuk akses A (80 meter), B (60 mtr., dan C (40 mtr.).

Bila anda telusuri gua itu anda tak perlu berasa kuatir atau takut, karena pengurus telah sediakan pemandu yang pakar dengan perlengkapan SRT (Singgel Rope Tehnique) yang aman.

Saat anda sampai ke dasar gua anda bisa menyaksikan panorama dari tumbuhan-tumbuhan purba yang ada disitu. Tumbuhan ini tumbuh subur di sekitaran dinding Goa Jomblang.

Lantas anda bisa juga berpetualang telusuri lorong. Lorong ini menyambungkan di antara Goa Jomblang dan Goa Grubuk. Bila anda ingin ke Goa Grubuk anda harus jalan kaki.

Lorong itu di atur dengan batu yang panjangnya sekitaran 300 mtr. yang di hias dengan stalaktit, stalagmite dan Kristal yang bisa membuat beberapa pelancong tidak berasa jemu.

Daftar Isi :

Baca Juga :  Pantai Tangsi Situbondo : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lokasi

Lokasi Goa Jomblang telah cukuplah aman untuk di capai karena jalan ke arah Goa ini cukup pantas untuk di lalui, tapi ada beberapa jalan yang turun naik dan berkelok-kelok.

Dan Objek rekreasi Goa ini gampang untuk di ketemukan karena ada di deretan objek rekreasi alam yang berada di Gunung Kidul.

Maka bila Anda ingin berkunjung Goa ini di harap untuk waspada. Lokasi pas Goa ada di Desa Jetis Wetan, Kekasihejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Goa Jomblang

Jalur ke arah cukup dapat di jangkau dan pantas untuk di lalui, tapi akses ke arah Goa ini berliku dan turun naik. Bila anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke arah timur melalui jl panembahan senopati.

Lalu lempeng terus ke arah jl kusumanegara sampai perempatan belok ke arah selatan meleati jl gedong kuning. Sampai perempatan kembali belok ke arah timur melalui jl wonosati lempeng lagi hingga melalui jl national rte 3 dan jl jogja-wonosari.

Baca Juga :  Pantai Madrunda : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Selanjutnya sampai pertigaan ke arah selatan melalui jl kyai legi, lalu melalui jl krt judodiningrat, turuti jalan itu karena itu anda akan mendapati papan dengan tulisan Goa Jomblang.

Jarak yang di temuh dari pusat 0 km kota Jogja ke objek rekreasi alam Goa Jomblang lumayan jauh yakni sekitaran 48,9 km dan waktu pintas kendaraan normal beroda 2 dari pusat 0 km Kota Jogja ke Goa ini sekitaran 1 jam 37 menit.

Harga Ticket dan Parkir Goa Jomblang

Harga ticket masuk ke objek rekreasi Goa Jomblang sebetulnya belum di kenai bila anda mempunyai perlengkapan individu tetpi bila anda ingin masuk ke Goa di wajibkan minta izin lebih dulu ke Kepala Dusun di wilayah Goa Jomblang.

Tetapi bila anda ingin memakai jasa operator disiapkan disitu dengan bayar di antara Rp. 450.000 – Rp. 1.000.000 per-orang. Meskipun kelihatan mahal anda bisa memperoleh pengalaman yang hebat dalam Goa itu.

Dan untuk ticket parkir, pelancong yang bertandang harus bayar Rp. 3000 untuk kendaraan beroda 2 dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Baca Juga :  Pantai Caruban : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Sarana

Sarana yang berada di rekreasi Goa Jomblang telah lumayan memadai dan bisa membuat nyaman pelancong yang bertandang, sarana Goa ini salah satunya:

  • Ada kamar mandi/toilet
  • Tempat parkir
  • Ada resort
  • Ada masjid untuk yang muslim
  • Anda dapat memercayakan beberapa barang di dalam rumah
  • kepala Dusun
Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com menyediakan sewa bus jogja murah.