BukitTempat Wisata

Puncak Gunung Lanang : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Salah satunya puncak yang berada di Kulon Progo ialah puncak Gunung Lanang. Di Kulon Progo ini sendiri ada dua gunung yang serupa yakni Gunung Lanang yang ada dekat sama Pantai Glagah atau umum di katakan sebagai Astana Lingga dan Gunung Lanang yang hendak di ulas yang ada di bukit-bukit Menoreh.

Teritori Puncak Gunung ini dahulunya di jadikan tempat bertapa Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari. Goa yang di pakai untuk bertapa itu sampai saat ini masih di pakai oleh warga sekitaran untuk bersemedi.

Tempat persemedian Kyai Lanang di dekat puncak gunung & bersemedi Nyi Rantam Sari di bawah puncakitu. Kabarnya mitosnya bila ada yang bersemedi dalam salah satunya goa itu dengan bawa Gula Jawa atau Gula Merah apabila gula itu bisa berpijar bila terbakar dengan korek api, karena itu orang yang bersemedi itu kabarnya akan memperoleh kesaktian.

Dari puncaktempat ini, pengunjung bisa menyaksikan samar-samar deburan ombak Samudra Hindia yang ada di samping selatan. Agar bisa nikmati panorama tersebut, wisatawan memang harus naiki anak tangga.

Baca Juga :  Candi Prambanan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Untuk capai puncak di Gunung Lanang ini, pengunjung harus trackking menjejaki jalan setapak kurang lebih jauhnya 150 mtr.. Pengunjung harus juga waspada karena jalan setapak yang hendak di lalui cukup curam hingga memerlukan fokus yang extra.

Bila pengunjung tiba pada sore atau pagi hari, pengunjung bisa melihat cantiknya sunrise dan sunset dari puncakgunung. Di samping itu pengunjung bisa melihat Kota Wates di atas dan cantiknya beberapa gunung seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu secara jelas.

Di puncak Gunung ini sudah di siapkan tiga titik gardu pandang untuk photo mendokumentasikan peristiwa bersama rekan atau keluarga, dan tempat nikmati panorama alam yang cantik.

Daftar Isi :

Lokasi Puncak Gunung Lanang

Lokasi Puncak Gunung ini benar-benar gampang untuk di capai karena jalan atau aksesibilitas dari dan ke arah Puncak Gunung ini telah pantas dan bagus. Tetapi lokasi Puncak Gunung ini cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat dari Puncak Gunung ini persisnya ada di Desa Sibolong, Dusun Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Baca Juga :  Desa Wisata Pulesari : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Jalur Ke arah Puncak Gunung Lanang

Jalur ke arah Puncak Gunung ini lumayan gampang untuk di raih. Bila anda dari Jogja, ke arah barat Jl KH. Ahmad Dahlan ke arah Jalan Wates.

Sampai di perempatan ke utara ke Jalan Ringroad Barat, lempeng lagi hingga di perempatan ke barat ke arah Jalan Godean. Lempeng lagi hingga di perempatan ke barat ke Jalan Raya Ps. Kenteng, lempeng langsung ke Jalan Watu Murah.

Terus jalan sampai ke Jalan Raya Kaligesing. Apabila sudah ada di Jalan Raya Kaligesing, turuti jalan terus yang ada sampai anda akan sampai di Puncak Gunung Lanang.

Jarak dari Kota Jogja ke Puncak Gunung ini lebih kurang ialah 29,5 KM dan waktu pintas normal kendaraan motor dari Kota Jogja ke arah Puncak Gunung ini sekitaran 56 menit.

Harga Ticket Masuk Puncak Gunung Lanang

Harga ticket masuk Puncak Gunung ini termasuk sangatlah murah yakni cuman Rp 3.000,-/orang pengunjung dapat nikmati panorama yang cantik di puncak terebut.

Baca Juga :  Batu Alien Cangkringan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Dan untuk ongkos parkir di Puncak Gunung yakni Rp 2.000,- untuk kendaraan sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk kendaraan mobil.

Sarana

Sarana Puncak Gunung Lanang telah cukup komplet untuk beberapa pelancong yang ingin pergi ke arah tempat ini, salah satunya ialah:

  • Kamar mandi
  • Tempat parkir yang lega
  • Warung minum dan makan
  • Gazebo
  • Spot photo
Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com menyediakan sewa bus jogja murah.