PantaiTempat Wisata

Pantai Putri Serayi Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Kalimantan seperti tidak ada habisnya menyajikan bermacam keelokan alamnya. Salah satunya pantai yakni Pantai Putri Serayi atau umum di sebutkan Pantai Jawai. Pantai ini berada di Dusun Jawai Laut, Kecamatan Jawai Selatan, Kabupaten Sambas, Propinsi Kalimantan Barat.

Salah satunya pantai itu yakni Pantai Putri Serayi atau umum di sebutkan Pantai Jawai. Pantai ini berada di Dusun Jawai Laut, Kecamatan Jawai Selatan, Kabupaten Sambas, Propinsi Kalimantan Barat.

Pantai Putri Serayi tentunya kenal di kelompok masyarakat Kalimantan Barat dan warga Sambas pada terutamanya. Tempatnya yang berada di pesisir Laut China Selatan dengan keseluruhan selebar 56 hektar ini mempunyai bentangan pasir putihnya yang memanjang sampai 3 km jauhnya.

Kabarnya nama pantai ini di namakan Pantai Putri Serayi karena berdasar narasi rakyat di dusun itu. Pantai ini biasa ramai di datangi di saat berlibur, hari minggu dan beberapa hari besar yang lain seperti hari lebaran.

Pantai ini biasa di datangi oleh anak-anak sekolah untuk isi waktu berlibur sekolah mereka sesudah tempuh ujian sekolah dan pantai ini pas untuk aktivitas kemah.

Harga Ticket Masuk Pantai Serayi

Untuk masuk ke pantai Putri Serayi ini tidak di ambil ongkos pada beberapa hari biasa atau saat tidak ada acara. Umumnya anak-anak sekolah pada tiba ke pantai Putri Serayi ini untuk kemping.

Tetapi di saat ada acara, pantai Putri Serayi ini di sanggupi beberapa pengunjung. Umumnya untuk pengunjung di kenai ongkos sejumlah Rp 25.000.

Baca Juga :  Small World Baturaden Tiket & Atraksi

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Serayi

Bila Anda pergi dari Kota Pontianak memakai kendaraan motor, karena itu Anda akan memerlukan waktu lebih kurang 5 jam untuk dapat sampai di Pantai Putri Serayi.

Anda bisa lakukan perjalanan sampai melalui Kota Singkawang dan Pemangkat. Dari Pemangkat kamu bisa menyebrang memakai kapal motor. Dan dari Penjajap ini (Penyeberangan di Pemangkat) sampai ke Jawai Selatan Anda akan memerlukan waktu lebih kurang 30 menit lama waktunya.

Teruskanlah perjalanan Anda ke arah lokasi pantai yang memerlukan waktu kurang lebih 25 menit. Tetapi bila Anda memakai beroda 4 atau mobil, karena itu Anda akan memerlukan waktu pintas yang semakin lama dan jarak yang lebih jauh.

Dengan jalur Kota Pontianak di teruskan ke Kota Singkawang selanjutnya Pemangkat lalu ke Babat yang memerlukan waktu kurang lebih 5 jam.

Ini karena karena Anda di wajibkan seberang dari Babat ke arah Jawai dengan memakai kapal ferry. Penyeberangan itu cuman dapat di pakai yang memakai sepeda motor.

Dari pusat Kota Sambas sendiri ke arah pantai ini akan habiskan waktu menempuh sekitaran 1 jam 30 menit, ini karena keadaan jalan yang sedikit susah. Tetapi bisa jadi Anda akan tempuh saat yang bisa lebih cepat bila keadaan jalan sudah di perbarui.

Tetapi tenang saja, walau jalur ke arah pantai ini membutuhkan sedikit pengorbanan tetapi capek Anda akan terbayarkan setelah tiba di pantai ini. Anda akan merasakan panorama pantai yang paling menarik hingga rasa lelah Anda akan lenyap dengan sesaat.

Objek Rekreasi Pantai Serayi

Dan pada saat-saat tertentu seperti hari liburan besar yaitu lebaran ialah waktu favorite pelancong berkunjung tempat ini. Di saat peristiwa berlibur itu umumnya Pantai Putri Serayi akan di penuhi pelancong.

Baca Juga :  Pantai Duta Wisata : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Ini karena di saat lebaran pengurus pantai umumnya mendatangkan aktris luar kota untuk melipur beberapa pengungjung yang ada di pantai.

Tetapi ada pula pelancong yang pilih hari liburan yang lain untuk tiba ke sini bersama sanak keluarga atau rekan-rekan cuman untuk nikmati acara khusus yang mereka bikin.

Di Pantai Putri Serayi ini sebagai tempat perikanan untuk warga sekitaran pantai di tempat yang bermata pencarian sebagai nelayan.

1. Panorama Alam

Pantai Putri Serayi ini mempunyai pemandangan alam yang benar-benar cantik dengan bentangan pasir putihnya yang luas dan lembut. Di tambah lagi hiasan bukit dan batu-batuan hingga membuat daya tarik pantai makin memikat untuk di lihat.

Bukan hanya mempunyai panorama pantai yang elok saja, Pantai Putri Serayi mempunyai kebun kelapa yang teduh. Hingga panorama pinggir pantai dan bentangan laut yang luas akan menganakemaskan Anda saat ada di situ.

2. Menyaksikan Sunset

Janganlah lupa untuk melihat keelokan sunset di pantai ini, yang disebut peristiwa yang mustahil akan Anda terlewat saat berkunjung Pantai Putri Serayi.

Namun tetap siaga untuk Anda yang tiba ke arah tempat ini dengan bawa anak-anak. Upayakan selalu untuk memantaunya.

Ini karena ada lokasi yang mana benar-benar dalam kedalaman airnya walau ada di bibir pantai. Kedalaman pantai itu bahkan juga bisa di saksikan terang dengan mata Anda.

3. Batu Lapak & Batu Cangar

Ada yang memikat di Pantai Putri Serayi ini yakni kehadiran bebatuan unik di mana warga di tempat memberikan nama Batu Lapak (telapak kaki) dan Batu Cangar (batu yang menunjuk ke langit).

Baca Juga :  Agrowisata Bhumi Merapi : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Batu Lapak itu merupakan batu-batuan asli yang di atasnya ada sisa telapak kaki raksasa di mana pengunjung bisa dudut di dalam sisa telapak kaki itu.

Batu Lapak ini membubung sekitaran 7 mtr. dari permukaan darat dan sisa telapak manusia itu mempunyai ukuran nyaris 25 kali lipat ukuran kaki manusia normal.

Banyak batu-batuan yang ada di atasnya di mana selainnya telapak kaki ada sisa tangan yang di prediksi ialah tapak jejak manusia purba.

Yang ke-2 ialah Batu Cangar, yaitu batu yang membubung menunjuk ke langit. Anda dapat berdiri di atas batu ini untuk melihati lautan terlepas Pantai Putri Serayi dan beberapa pulau yang berada di dekatnya.

4. Memancing

Di pantai ini Anda dapat beraktivitas memancing di bibir pantai. Anda tak perlu bawa perlengkapan memancing dari rumah. Karena di sekitaran pantai ini telah ada persewaan beberapa alat pancing.

Dengan memancing akan menambahkan kegiatan Anda, sekalian menanti hadirnya waktu matahari tenggelam untuk nikmati sunset.

Fasilitas

  • Pemondokan disekitaran area pantai
  • Sarana permainan darat dan air
  • Masjid
  • Toilet atau kamar mandi
  • Permainan flying fox
  • Persewaan kendaraan ATV

Pantai ini sudah di perlengkapi dengan beberapa kantin di mana beberapa pengunjung bisa beli makanan dan minuman di situ.

Jadi Anda tak perlu cemas bila setiap saat rasakan haus dan lapar saat berkunjung Pantai Putri Serayi ini. Di sini ada penjual kelapa muda.

Kondisi ini akan menambahkan kesan berlibur Anda dengan duduk di pinggir pantai nikmati panorama laut sekalian menyesap es kelapa muda.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles